Tips Membeli Minuman Kemasan



Tips Membeli Minuman Kemasan
The image is Pixabay property

Kebutuhan air minum dari hari ke hari kian meningkat. Produsen-produsen air minum di seluruh dunia berlomba menciptakan produk baru untuk memuaskan para konsumennya. Minuman mineral yang di kemas dengan botol, kaleng, dan lain lain, ada yang memberi manfaat dan ada juga yang berdampak buruk bagi kesehatan. Banyak dari kita tidak memperhatikan masalah kesehatan dari dampak minuman kemasan yang beredar di pasaran. Walaupun di label aman di konsumsi, jangka kadaluarsa lebih lama, sebagai konsumen kita tetap memperhatikan apa yang akan kita konsumsi, supaya aman untuk kita.


Berbagai merek beredar bebas di pasaran di Indonesia, dan produsennya ada yang dalam negeri dan ada juga merk luar negeri. Berikut ini tips mengkonsumsi minuman berkemasan:

1. Carilah minuman kemasan yang tidak mengandung soda. Soda akan meningkatkan kerja lambung, dimana nantinya soda akan mengiritasi lambung dan bisa menyebabkan mual-mual dan muntah.

2. Beli sesuai kebutuhan anda. Karena ada beberapa jenis minuman berkemasan bukan memberi energy bagi tubuh (menyerap air) melainkan membuang banyak air dalam tubuh, dan kita pun makin kehausan.

3. Pertimbangan yang penting saat membeli air kemasan yaitu warna, rasa, bau, merupakan hal perlu di waspadai. Baiknya bila minuman kemasan memiliki rasa, warna, bau yang kuat hindarilah untuk mengkonsumsinya.

4.Chek di label kemasan, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat isi dari minuman tersebut.

5. Saat membeli minuman kemasan lebih baiknya anda menghindari pemberian kepada anak-anak di bawah umur, dan untuk ibu hamil juga penting memperhatikan minuman kemasan karena menunjang kesehatan janin, lebih baik minum air putih saja.

6. Air mineral (air putih) kemasan, memang cocok untuk di konsumsi segala usia. Walau demikian kita juga menghindari air mineral yang sudah memiliki rasa, bau, warna tidak bagus lagi dan tidak aman dikonsumsi, banyak minuman mineral beredar yang memang tidak layak di konsumsi.

7. Bila anda suka minum dengan air memiliki rasa lebih baik konsumsi minuman alami seperti air kelapa, air tebu, jus buah, es buah, sari buah dan lain-lain. Dan tetap menghindari air alami yang sudah berkemasan karena keasliannya tidak mungkin terjaga.

8. Sebagai konsumen kita bebas memilih minuman apa saja sesuai selera kita. Lebih bagusnya kita memperhatikan faktor-faktor penting untuk kesehatan kita sendiri.

Tips diatas merupakan hal yang sederhana saat mengkonsumsi minuman berkemasan. Bagi anda semua, minuman kemasan tidak dilarang di dunia, dan hanya mendapat larangan yang mengandung alcohol khususnya di Indonesia. Rajin minum air putih menyehatkan tubuh, minumlah air putih sehari 10 gelas.

Selanjutnya saya akan membahas Minuman Kaleng. Masih banyak sebagian orang tidak terlalu mempehatikan tentang minuman ringan kaleng. Untuk memiliki tubuh yang sehat sangat mahal harganya. Seperti di kota–kota besar kebanyakan perempuan metropolitan rela merogoh kocek yang lebih dalam karena ingin tampil maksimal.

Jika meninjau pakar ahli dunia mereka sangat menyarankan untuk sebisa mungkin selalu tidak minum minuman selain air putih mineral. Kita tidak selalu mengkomsumsi minuman ringan memang. Tapi perhatikanlah informasi-informasi yang tertera dalam kemasan kaleng. 

Ada baiknya jika mulut minuman kaleng dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air bersih. Karena beberapa kasus terjadi yaitu bagian atas kaleng atau mulut kaleng bisa terkontaminasi virus atau racun dari air kencing tikus. Penyimpanan kaleng di gudang dan selama perjalanan, tidak bisa menjamin mulut kaleng selalu bersih dan bebas kontaminasi. Beberapa orang dilaporkan meninggal dunia setelah mengkonsumsi minuman dalam kaleng yang bagian atas kaleng tersebut terdapat air kecing tikus.


Penulis: Mu Zibur
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://zi-bur.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment