Terumbu Karang Laut Sulawesi Yang Menawan Hati



Terumbu Karang Laut Sulawesi Yang Menawan Hati
The image is Pixabay property

Pulau Karang Takabonerate merupakan destinasi wisata di provinsi Sulawesi Selatan yang menawarkan keindahan terumbu karang bak prajurit berjajar di dalam laut Sulawesi. Dengan luas mencapai 220.000 ha, pemerintah pusat pun menjadikan pulau ini sebagai kawasan Taman Nasional pada tahun 2001. Keindahan ini bukan tanpa alasan, dikedalaman lautnya yang jernih, tumbuh ribuan terumbu karang atol dengan warna-warni bak pelangi. Dengan jumlah terumbu karang dan luas daerah yang besar, Pulau Karang Takabonerate pun menjadi daerah konservasi terumbu atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein (Kep. Marshal) dan Suvadiva (Kep. Moldova). Namun, di kelas Asia Tenggara, Takabonerate menjadi nomor pertama.


Ada 3 jenis terumbu karang yang tumbuh segar di Pulau Karang Takabonerate. Ketiga jenis karang itu ialah barrier reef atau karang penghalang, fringing reef atau karang tepi, dan atoll  atau karang cincin. Bahkan, keberagaman terumbu karang ini pun masih diperkaya dengan biota-biota laut yang juga hidup di sana, seperti padang lamun, alga, dan 300 lebih jenis ikan karang. Belum lagi hamparan pasir putih bersih, air laut jernih dan pohon-pohon kelapa yang melambai sepanjang pantai. Semua pesona alam tersebut pun seolah berkomposisi dalam satu kesatuan untuk membentuk satu kata, yakni keharmonisan.
Lokasi wisata yang masuk ke wilayah kab. Selayar ini memiliki 21 gugusan pulau dengan Pulau Tinabo sebagai tujuan utama. Namun, karena masih minimnya fasilitas kendaraan yang disediakan, kamu hanya bisa sampai ke pulau tersebut dengan menggunakan kapal atau pesawat.

Bagi anda yang memiliki kantong tebal, menggunakan jalur udara bisa menjadi alternatif cerdas karena selain menghemat waktu, anda juga bisa terhindar dari bahaya ombak besar yang datangnya sulit untuk diprediksi. Jasa angkutan udara ini tersedia dalam rute Makassar-Selayar dengan waktu tempuh selama 40 menit. Kendati demikian, bukan berarti perjalanan laut tidak menjamin keselamatan dan tidak menyenangkan. Sebaliknya, saat cuaca cerah, dijamin anda bakalan lebih puas dengan tawaran pemandangan sepanjang perjalanan.

Hanya saja, untuk bisa sampai ke lokasi Pulau Karang Takabonerate lewat laut, anda memang harus melalui sejumlah perjalanan jauh. Dimulai dari Makassar, anda akan menempuh jalan raya sepanjang 240 km ke Kab. Bulukumba untuk menyeberang lewat Pelabuhan Bira ke Pelabuhan Pamatata sepanjang 80 km yang memakan waktu dua jam perjalanan.

Namun, perjuangan belum sepenuhnya usai karena masih ada track sepanjang 60 km yang harus anda taklukan lewat jalur darat ke ibukota Kep. Selayar, yakni Benteng. Kembali menggunakan kapal laut, anda baru akan sampai di kawasan Takabonare.

Sayangnya, dari 21 pulau yang ada, baru Pulau Tinabo yang sudah menyediakan fasilitas penginapan karena di sana terdapat pos penjagaan Balai Taman Nasional Takabonare. Apalagi, dari pulau-pulau itu, baru 7 pulau yang sudah dihuni, sementara 14 sisa pulau lainnya masih perawan. Nah, jika anda ingin menjelajahi seluruh pulau yang ada, maka anda hanya bisa menggunakan kapal kayu atau perahu bermesin. Tapi, jika anda hanya ingin mencicipi panorama dalam lautnya, ada 22 titik diving yang bisa anda coba untuk berinteraksi dengan ikan hiu secara lebih dekat.

Berwisata ke Pulau Karang Takabonerate memang membutuhkan perjuangan berat melewati medan yang sangat jauh. Hal ini tidak mengejutkan memang jika mengingat akses ke pulau-pulau terpencil di Indonesia memang jauh dari kata memadai. Kendati demikian, semua rasa lelah akan terbayar dengan lunas begitu kamu sampai di lokasi ini.

Satu lagi kawasan wisata di Indonesia yang mampu memukau “mata” dunia. Kawasan wisata ini bernama Tomini Bay. Kawasan ini merupakan sebuah teluk yang membentang di Provinsi Gorontalo. Teluk ini memberikan pesona yang sangat indah bagi para pengunjung yang datang. Selain itu, teluk ini adalah yang salah satu yang terbesar di Indonesia.

Kawasan teluk tersebut kaya akan sumber daya alam yang sangat bervariasi. Sumber daya alam berupa beraneka ragam jenis ikan yang akan memanjakan mata para penyelam di teluk indah ini. Teluk Tomini Bay ini juga semakin indah dengan deretan pulau-pulau kecil di tengahnya. Barisan 56 pulau ini semakin memperindah panorama teluk tersebut.

Mengapa teluk Tomini Bay memiliki beraneka ragam jenis ikan? Hal ini karena berada di kawasan yang tepat di garis khatulistiwa. Sehingga, kawasan ini memiliki kadar garam, tekanan, serta kelembaban yang cocok untuk banyak jenis ikan dan terumbu karang. Dengan demikian jika Anda menyelam di teluk ini, Anda akan melihat indahnya ciptaan Tuhan yang sangat beraneka dan berwarna-warni menghiasi kawasan teluk di Gorontalo ini.

Apakah Anda mulai tertarik untuk mengunjungi Tomini Bay? Untuk mengunjungi teluk ini, cara yang paling efektif adalah melalui jalur udara. Selain tidak memakan banyak waktu perjalanan, energi Anda juga tidak akan terbuang sia-sia dalam perjalanan tersebut. Jika Anda melalui jalur udara, Anda akan landing di Bandara Jallaludin. Jika uang saku Anda tidak memungkinkan menggunakan jalur udara, Anda dapat melalui jalur laut. Anda tidak perlu khawatir jika jarak antara pelabuhan dan tempat wisata sangat jauh. Hal ini karena Provinsi Gorontalo telah menyediakan tiga pelabuhan yang dapat dipilih oleh para pengunjung, antara lain Pelabuhan Crossing, Pelabuhan Anggrek, dan Pelabuhan Kwandang.

Di Tomini Bay para pengunjung dapat memilih berbagai macam aktivitas yang tentu sangat menarik dan menantang. Selain menyelam atau snorkeling melihat panorama bawah laut yang sangat indah, para pengunjung juga dapat melakukan diving, memancing, menikmati indahnya Taman Laut Olele, menikmati indahnya alam di sekitar teluk dengan cara melakukan pelayaran dengan nelayan setempat, menikmati segarnya air pegunungan di dekat kawasan teluk, dan masih banyak lagi.

Setelah melakukan kegiatan seharian, Anda pasti akan merasa lelah, letih, dan lapar. Di sekitar Tomini Bay Anda dapat menemukan beberapa pertokoan serta warung makan yang menyediakan berbagai macam makanan yang dapat dinikmati oleh para pengunjung dengan harga yang kompetitif.

Saat malam tiba Anda dapat menginap di penginapan yang dibangun oleh masyarakat setempat atau di hotel di dekat lokasi. Tentu akan lebih hemat jika Anda memilih menginap di penginapan. Cukup mengeluarkan uang sekitar 100 ribu rupiah untuk per orang, Anda dapat bermalam dengan nyaman plus makan malam dan sarapan pagi. 

Keramahan masyarakat sekitar teluk ini juga akan menambah kenyamanan liburan Anda. Berlibur di Tomini Bay merupakan pilihan yang tepat. Keindahan alam yang sangat berbeda dan tidak akan pernah Anda dapatkan didaerah perkotaan menjadi nilai plus untuk tempat wisata yang satu ini. Setelah mengunjungi kawasan wisata ini Anda akan mendapatkan kepuasan batin yang mampu mengembalikan semangat dan pikiran positif Anda untuk kembali bekerja. Anda tidak akan pernah menyesal mengunjungi teluk yang satu ini. 

Semoga bermanfaat.


Penulis: Setyo Adi
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.wisataku.id


No comments:

Post a Comment