Batik, Cara Mencuci Dan Merawatnya



Batik, Cara Mencuci Dan Merawatnya
The image is Pixabay property

Saat ini baju batik mulai mendapatkan tempat di hati konsumen Indonesia. Batik memang sempat tidak diperhatikan oleh orang Indonesia sendiri namun dalam kurun waktu terakhir, batik menjadi salah satu jenis pakaian dengan market share terbesar di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari banyak toko online yang menyediakan berbagai macam baju batik wanita terbaru dan beberapa model baju batik terbaru untuk pria. 

Baju batik memang bisa berharga sangat mahal dan oleh karena itu Anda harus bisa menjaganya dengan baik. Baju batik akan sangat berkurang keindahanya jika kusam dan atau berbau apek. Oleh karena itu Anda harus selalu bisa menjaga baju batik Anda untuk selalu terlihat baru. Mencuci baju batik ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjaga baju batik Anda untuk selalu terlihat baru . Caranya tidak sulit dan semua orang pasti bisa melakukanya. Hal-hal tersebut antara lain adalah: 

1. Mencuci Secara Berkala 

Baju batik seringnya hanya digunakan dalam acara khusus, namun meskipun tidak sering digunakan, bukan berarti Anda boleh saja membiarkan baju batik Anda terdiam di dalam lemari pakaian selama berbulan-bulan tanpa dicuci. Saat mencuci baju batik, usahakan pisahkan baju tersebut dari baju lainya karena bahan baju batik biasanya sangat rentan dan kalau perlu Anda harus mencucinya dengan air hangat dan sabun khusus. 

2. Mengeringkan Baju 

Setelah dicuci, ada trik khusus yang harus Anda ketahui dalam mengeringkan baju batik. Usahakan saat mengeringkan baju batik, baju tersebut tidak terkena sinar matahari langsung, karena sinar matahari langsung bisa memudarkan warna baju batik yang merupakan salah satu elemen utama dari keindahan sebuah kain batik. 

3. Cara Menyetrika 

Ada cara khusus untuk menyetrika baju batik. Usahakan jangan menyetrika baju batik secara langsung. Semprot baju dengan air dan lalu lapisi dengan kain. Setelah itu baru setrika baju dengan pelan. Jangn menempelkan langsung setrika Anda pada baju karena hal itu bisa merusak motif batiknya. 

4. Memakaikan Parfum 

Meskipun tidak dipakai, usahakan selalu menyemprotkan parfum kedapa baju batik Anda. Selain menghindarkanya dari jamur, bau yang selalu wangi bisa tetap menjaga pakaian Anda terlihat seperti baru. 

5. Cara Penyimpanan 

Simpanlah baju batik Anda dengan hati-hati. Hindari tempat basah atau lembab. Kalau perlu, Anda bisa memasukan baju batik Anda ke dalam plastik terlebih dahulu sebelum disimpan. Dengan demikian baju batik Anda akan terjaga keindahanya dan selalu nampak baru. 

Tips-tips diatas adalah tips mudah yang bisa Anda lakukan sendiri. Meskipun mudah, efeknya sangat besar dalam menjaga baju batik Anda untuk selalu terlihat baru dan selalu bisa dipakai kapan saja. Selanjutnya saya akan membahas hal-hal yang harus diperhatikan saat mencuci pakaian dengan mesin cuci.

Gaya yang ditampilkan oleh orang-orang telah melewati beberapa proses yang tidak kalah penting. Salah satunya adalah proses mencuci pakaian. Mungkin banyak orang menyepelekanya dan menganggap bahwa mencuci adalah hal mudah, namun ada banyak sekali kasus dimana proses pencucian pakaian menjadi awal dari kerusakan baju yang Anda miliki. Banyak orang yang saat ini menggunakan mesin cuci dan hal itu kadang dianggap sebagai proses yang lebih mudah daripada mencuci dengan tangan. 

Memang benar hal ini lebih ringan dan lebih mudah, namun ada beberapa hal yang harus sangat diperhatikan dalam penggunaan mesin cuci supaya pakaian Anda tidak rusak. Mencuci dengan mesin cuci ternyata harus diperhatikan dan tidak boleh asal jika Anda tidak ingin pakaian kesayangan Anda rusak. Ada beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan dalam hal ini dan hal-hal tersebut antara lain adalah: 

1. Segera Cuci Pakaian Kotor 

Kadang banyak orang menunggu beberapa hari untuk mencuci pakaian mereka. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena semakin lama pakaian berada dalam kondisi kotor, makan akan semakin susah kotoranya dibersihkan. 

2. Kapasitas Mesin Cuci 

Hal lain yang sangat perlu diperhatikan saat akan mencuci menggunakan mesin adalah kapasitas mesin. Usahakan mesin tidak terlalu penuh dan sediakan ruang yang masih cukup lebar untuk pergerakana pakaian karena jika penuh, kinerjanya tidak akan maksimal dan hanya akan semakin cepat merusak pakaian Anda. Hal ini jarang diperhatikan namun sangatlah penting. 

3. Kurangi Penggunaan Mesin Pengering 

Mesin pengering adalah salah satu fitur utama dari mesin cuci namun usahakan kurangi penggunaan mesin ini karena sering kali pakaian mengalami kerusakan pada proses ini. Jika memang cucian tidak terlalu banyak, mengeringkan dengan cara diperas dan lalu di jemur adalah cara yang terbaik. 

4. Perawatan Mesin Cuci Secara Berkala 

Mesin cuci adalah alat untuk membersihkan, jadi alat ini akan tidak berguna jika alat ini tidak bersih. Oleh karena itu pastikan membersihkanya secara berkala. Jangn lupa cek panel-panel mesin dan sambungan-sambungan selang untuk menghindari kebocoran. 

Menggunakan mesin cuci memang lebih mudah dan tidak semelelahkan mencuci menggunakan tangan, namun banyak dipercaya bahwa mencuci menggunakan tangan adalah cara terbaik dalam membersihkan pakaian. Meskipun demikian, kita bisa saja mengurangi dampak kerusakan pakaian yang ditimbulkan mesin cuci menjadi seminimal mungkin dengan beberapa langkah mudah. Pastikan langkah-langkah diatas dilakukan dengan seksama dan konsisten. 

Dengan demikian maka Anda akan mampu mengurangi daya rusak mesin cuci pada pakaian Anda secara signifikan. Memang salah satu tujuan utama penggunaan mesin cuci adalah untuk mempersingkat waktu dan meringankan pekerjaan, namun hal itu akan sia-sia jika pakaian Anda malah jadi rusak nantinya.


Penulis: PriceArea
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://artikel.pricearea.com


1 comment:

  1. Thanks for sharing.. Mau tahu lebih banyak tentang teknik membatik yang dapat diterapkan untuk memperkaya motif pada kain batik?.. Anda bisa mendownlod E-Book dari Fitinline..

    ReplyDelete