Cara Memasak Mie Instan Agar Lebih Sehat



Cara Memasak Mie Instan Agar Lebih Sehat
The image is Pixabay property

Siapa sih yang tidak kenal dengan Mie? Pasti semua tahu dengan makanan ini. Karena memang, Mie instant sudah menjadi makanan sehari-hari warga Indonesia. Jika tidak ada lauk pauk yang terhidang, maka mie instant jadi jawaban yang cepat dan praktis. Banyak sekali variasi mie instant dan berbagai rasa super lezat yang ditawarkan dan tidak asing lagi jika mie instan menjadi makanan pokok dan selalu ada di dalam lemari dapur.

Tapi, makanan yang instant tidak baik dikonsumsi jika berlebih. Karena di dalam mie terdapat banyak kandungan natrium (garam) dan MSG yang membuat beberapa orang khawatir saat mengonsumsinya. Sebenarnya mie instant tidak berbahaya jika Anda tahu cara mengomsumsinya. Berikut cara agar mie instant yang disajikan lebih sehat dan memiliki nilai gizi yang baik.

1. Kurangi Bumbu Mie Instan

Salah satu kandungan mie instan yang sering ditakutkan adalah bumbunya. Di dalam bumbu mie terdapat garam dan MSG berada dalam komposisi awal bumbu mie instan. Padahal asupan garam dan MSG ada batasnya. Oleh sebab itu, kurangi bumbu mie instan pada saat Anda membuatnya, pakailah setengah saja atau tidak Anda pakai sama sekali dan gantilah bumbu itu dengan bumbu racikan Anda sendiri.

Misal, campuran bawang putih yang dihaluskan, sedikit merica, garam, gula, kecap, saus atau bumbu alami lainnya.
Rasanya memang tidak selezat jika Anda memakai seluruh bumbu, namun rasa dari bahan alami lebih sehat untuk tubuh kita.

2. Pastikan Mie Matang Sesuai Petunjuknya

Beberapa orang ada yang mengonsumsi mie instan dalam keadaan masih mentah dengan cara diremas dan diberi bumbu, padahal cara tersebut sangat tidak sehat dan tidak dianjurkan. Mie instan kering harus diolah terlebih dahulu agar matang dan memiliki tekstur yang lebih mudah dicerna tubuh. Jika tidak matang, maka proses pencernaan jadi lebih sulit.

Oleh karena itu, pastikan Anda memasak mie instan dengan cara penyajian yang tertera pada petunjuknya. Pakai jumlah air yang disarankan, ukur waktu memasaknya agar mie matang sempurna. Ada beberapa orang yang membuang air rebusan mie yang keruh dan diganti dengan air rebus lain. Belum ada penelitian yang mengenai hal ini, namun tidak ada salahnya Anda coba.

3. Tambahkan Mie dengan Sayur, Daging Atau Telur

Meskipun dikatakan memiliki nutrisi, mie instan sesungguhnya lebih banyak memberi asupan karbohidrat dan membuat cepat kenyang dengan gizi yang kurang berimbang. Jadi, Anda bisa menambahkan bahan makanan lain yang alami namun tetap enak jika dimakan bersama mie instant.

Bahan-bahan yang bisa Anda campur adalah sayur seperti sawi, tomat, wortel dan sebagainya. Untuk protein, Anda bisa mencampur telur, daging sapi cincang, udang atau daging ayam. Atau mungkin, Anda bisa menambahkan tahu di dalam mie instan. Sebisa mungkin hindari sosis atau produk beku sejenis, sebab bahan alami lebih baik.

4. Batasi Jumlah Konsumsinya

Semakin banyaknya kesadaran untuk hidup sehat, semakin banyak juga orang yang mulai mengurangi mie instant. Konsumsi mie instant sekali dalam sebulan. Atau maksimal sekali dalam seminggu. Sebab memasak sendiri makanan dari bahan alami memang lebih dianjurkan daripada masakan instan. Perhatikan juga kapan Anda mengonsumsi mie instant.

Tambahan, sebaiknya hindari mengonsumsi mie instant menjelang waktu tidur. Karena mie terbuat dari tepung, mie instan yang masuk ke tubuh akan diubah menjadi gula, sehingga tidak baik jika Anda mengonsumsinya menjelang tidur. Lagipula makan berat sebelum tidur hanya akan memberatkan organ pencernaan Anda yang seharusnya beristirahat ketika Anda tidur.

5. Mie Instan Jangan Ditambah Nasi

Kebiasaan makan orang Indonesia yang kurang sehat salah satunya yaitu mencampur mie instan dengan nasi. Memang, terkadang tak lega jika makan tanpa nasi. Tapi untuk mie instan, sebaiknya jangan campur mie dan nasi. Mie instan sudah memiliki banyak kalori dan karbohidrat, mencampurnya dengan nasi hanya akan membuat tubuh memiliki kadar gula yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, dibanding ditambah nasi, campurlah mie instan Anda dengan berbagai bahan yang sudah di tulis sebelumnya. Serta makanlah sesuai porsinya, sebab segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.


Penulis: Cangkibar
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.cangkibar.cf


No comments:

Post a Comment