Cara Memotret Dengan Kamera Handphone Seperti Profesional



Cara Memotret Dengan Kamera Handphone Seperti Profesional
The image is Pixabay property

Siapa bilang jika kamera handphone hanyalah sebagai perhiasan dari sebuah perangkat smartphone? Kecanggihan Teknologi Gadget Terbaru saat ini memungkinkan sebuah handphone atau smartphone bukanlah sebuah perangkat yang hanya bisa digunakan untuk komunikasi saja, melainkan untuk sesuatu yang jauh lebih kompleks. Salah satunya adalah kamera yang selalu ada pada sebuah perangkat smartphone.

Tips Memotret Dengan Kamera Handphone
Bagi sebagian orang yang ingin dibilang sebagai fotografer, pastinya akan mencibir keceradaan kamera handphone. Tapi bagi mereka yang senang bisa selalu mengabadikan momen-momen kesehariannya dalam sebuah foto dengan hasil terbaik, maka kamera handphone menjadi senjata utama. Lalu, jika sama-sama menghasilkan foto terbaik, apa bedanya dengan fotografer profesional dengan alat khusus?

Cara Memotret Dengan Kamera Smartphone

Semua kembali kepada penggunanya. Profesional sebenarnya bukan tergantung pada jenis alat yang dipakai, melainkan bagaimana cara mengoptimalkan fungsi alat yang ada untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tips dan cara memotret dengan kamera handphone untuk hasil foto terbaik bagi Anda semua yang memiliki hobby fotografi.

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara memotret dengan kamera handphone untuk hasil foto terbaik dan tak kalah dengan hasil foto dengan perangkat kamera khusus lainnya, seperti yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Pegang Handphone Dengan Mantab dan Tidak Goyah
Bagi Anda pengguna smartphone yang mana kameranya masih belum dilengkapi teknologi Optical Image Stabilization (OIS), penting bagi Anda untuk memegang smartphone dengan mantap dan tak goyah ketika mengambil gambar. Hal ini membuat foto yang diambil tidak blur dan mendapatkan fokus terbaik.

2. Gunakan Resolusi Tertinggi
Untuk mendapatkan kualitas terbaik dari kamera smartphone Anda, cukup pergi ke menu setting kamera dan pilih opsi resolusi tertinggi di kamera smartphone untuk hasil kualitas foto yang lebih jernih.

3. Setting Fokus dan Exposure Secara Manual
Untuk mendapatkan kualitas foto yang sesuai yang Anda inginkan, sebaiknya Anda mengatur secara manual titik fokus dan exposure dari objek yang akan dimabil fotonya. Mayoritas kamera smartphone pun juga telah dilengkapi dengan fitur ini.

4. Gunakan Fitur Mode Kamera
Kebanyakan produsen smartphone saat ini telah membekali kamera smartphone dengan fitur yang menyediakan banyak mode jepretan. Mode seperti night mode, panorama, atau beauty face dapat membantu Anda mendapatkan foto terbaik sesuai keinginan Anda.

5. Ambil Foto Yang Banyak Untuk Satu Objek
ntuk mendapatkan satu jepretan foto juara, Anda biasanya harus mengambil satu objek dengan beberapa kali jepretan dengan angel dan setting yang berbeda. Sehingga nantinya Anda bisa memilih foto mana yang menjadi yang terbaik dibandingkan yang lain.

6. Jangan Gunakan Digital Zoom
Jangan menggunakan fitur digital zoom ketika mengambil foto meski kamera Anda sudah dilengkapi fitur tersebut. Digital zoom sendiri akan mengurangi kualitas foto jika digunakan. Sebaiknya Anda melakukan cropping pada hasil jepretan foto untuk mendapatkan tampak objek yang lebih besar dibanding melakukan zooming saat mengambil foto.

7. Bersihkan Lensa Kamera
Membersihkan lensa kamera smartphone dari debu maupun bekas sidik jari juga ampuh membantu kamera smartphone dapat mengambil foto dengan kualitas terbaiknya. Namun ingat, gunakanlah kain dengan serat yang lembut sehingga tidak akan menggores permukaan kaca lensa.

8. Rumus Rule of Three
Meski menggunakan kamera bawaan smartphone, namun rumusan wajib untuk mengambil sebuah gambar fotografi ini juga ampuh membantu Anda mendapatkan foto dengan komposisi terbaik.

9. Menggunakan Aplikasi Kamera
Menggunakan aplikasi kamera tambahan yang sudah banyak beredar di webstore juga menjadi cara mudah dan efektif bagi Anda untuk mendapatkan foto yang diinginkan.

10. Lakukan Editing Foto
Melakukan editing foto untuk mendapatkan hasil yang lebih baik memang sah dilakukan. Namun jangan melakukan proses editing terlalu berlebihan karena hal ini nantinya justru merusak originalitas foto itu sendiri.

Demikianlah artikel mengenai tips dan cara memotret dengan kamera handphone untuk hasil foto terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


Penulis: Teuh Santi
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://idgadgeter.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment