Membuat Bedak Pemutih Wajah



Membuat Bedak Pemutih Wajah
The image is Pixabay property

Apakah anda pernah mencoba kosmetik tradisional untuk memutihkan wajah? Bila anda belum pernah memakai kosmetik tradisonal tidak ada ruginya anda beralih pada jenis kosmetik herbal. Pemutih  wajah alami memanfaatkan tumbuhan maupun buah-buahan serta bahan alami lainnya yang diracik secara sederhana. 

Jika dibandingkan dengan kosmetik mahal dan berkelas, bahan tradisional lebih aman digunakan. Pemutih wajah digunakan untuk membuat wajah lebih cerah dan halus, namun anda bisa memilih pemutih wajah alami agar terhindar dari  bahaya penggunaan bahan kimia pada kosmetik modern. Salah satu cara untuk memutihkan wajah secara alami adalah dengan mengunakan bedak dingin.

Bedak dingin merupakan pemutih wajah alami yang dibuat dari bahan beras secara tradisional. Bedak ini sejak dulu digunakan oleh wanita untuk kecantikan. Tapi, saat ini hanya sedikit sekali wanita yang mau menggunakan bedak dingin sebagai cara untuk memutihkan wajah. 

Produk kecantikan modern yang dijual untuk memutihkan wajah lebih dipilih karena praktis dan memberikan hasil yang cepat dan maksimal. Padahal jika anda pertimbangkan, kosmetik modern tidak semuanya mengandung bahan alami. Kebanyakan kosmetik modern untuk pemutih wajah mengandung merkuri dan hydroquinone. 

Bila kedua bahan ini masuk dalam kulit akan menimbulkan iritasi, penipisan kulit, bintik-bintik hitam dan kanker kulit. Karena pemutih modern bisa menimbulkan hal diatas, sebaiknya anda menggunakan pemutih wajah alami seperti bedak dingin. Bengkoang ataupun beras  yang digunakan untuk membuat bedak dingin bisa anda dapatkan dengan mudah dan harganya juga terjangkau.  Bahan bedak dingin tersebut bisa membuat kulit putih alami dan tanpa efek samping.

Berikut beberapa keuntungan menggunakan bedak dingin sebagai pemutih wajah alami:
  • Mencerahkan kulit secara alami dan lebih aman
  • Menghaluskan kulit wajah
  • Mengangkat sel kulit mati dan regenerasi kulit
  • Menghilangkan noda hita bekas jerawat, bekas luka, dan flek hitam karena sinar  matahari.
  • Menghilangkan kerutan pada wajah


Untuk membuat bedak dingin sebagai pemutih wajah alami, anda bisa menggunakan bengkoang dan beras yang dibuat secara tradisional. Berikut pembuatan bedak dingin dengan beras dan bengkoang:
  • Siapkan bahan berupa tepung beras dan bengkoan satu buah saja.
  • Tambahkan pewangi alami seperti bunga mawar 3 kuntum, bunga kenanga 4 kumtum ataupun bunga melati 8 kuntum.
  • Membuat sari pati bengkoang yaitu buatlah endapan bengkoang dengan memarut bengkoang dan menyaringnya. Ambillah air bengkoang tersebut lalu endapkan selama 30 menit hingga menghasilkan endapan yang lembut dan halus.
  • Membuat sari pati beras yaitu rendam beras secukupnya selama semalaman, setelah itu haluskan beras hingga menjadi tepung beras yang halus.
  • Untuk membuat bedak dingin campur sari pati beras dan bengkoan tersebut, kemudian campurkan bunga sebagai pengharum. Setelah semua tercampur merata anda bisa membuat bulatan kecil dengan campuran tersebut.
Gunakan bedak dingin setiap hari sebagai pemutih wajah alami agar hasil lebih maksimal. Untuk disimpan dalam waktu yang agak lama, anda bisa menyimpannya didalam wadah tertutup rapat atau plastik tertutup, kemudian disimpan dalam lemari pendingin atau kulkas.

Dalam membuat bedak dingin memang agak sedikit ribet dan tidak praktis, akan tetapi bedak ini lebih sehat untuk kulit anda karena bahan-bahan yang digunakan alami dan ada disekitar kita. Beras dan bengkoang mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi kulit. Juga tidak ada efek samping yang akan anda rasakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


Penulis: Peter Sinurat
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://infopemutihwajah.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment