Cara Menghadapi Bully



Cara Menghadapi Bully
The image is Pixabay property

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang orang yang suka ngebully. Bagi anda yang sering kena bully teman-teman. Di jaman yang sudah canggih ini masih ada saja orang yang berpikir bahwa dirinya jauh lebih baik dari orang lain dan dengan begitu ngerasa berhak untuk nge-bully. Primitif memang, tapi begitulah kenyataannya. Sebenarnya para tukang bully ini biasanya iri atau cemburu dengan kelebihan yang dimiliki orang lain. Mereka lalu mengekspresikan ketidaksukaan mereka itu dengan cara agresif.

Yang masih (atau pernah) sekolah pasti familiar dengan istilah ‘labrak’. Dilabrak. Melabrak. Labrak-labrakan. Labrak lari. Senior melabrak junior atau teman seangkatan yang lebih cantik, lebih pinter, atau lebih populer. Yang jadi korban umumnya tidak bisa berbuat banyak. Pertama, karena yang ngelabrak rombongan. Senior pula. Jika mau melawan, ada rasa takut. Kedua, karena malas menghadapinya, urusan bisa makin panjang. Tidak akan ada habisnya. Sudah jelas orang yang melabrak itu ngerasa insecure. Mereka akan terus cari-cari kesalahan kita. Jika tidak ada kesalahan yang berarti, hal-hal kecil pun akan dipermasalahkan.

Aneh bukan? Jadi percuma saja menghadapinya. Biarkan saja, nanti mereka akan capek sendiri. Banyak tukang bully yang hanya menggertak saja, mengancam untuk menakut-nakuti. Ada juga yang nge-bully secara verbal. Apalagi di jaman sekarang, bullying marak terjadi disosial media (cyber bullying). Sering sekali mendengar seorang anak kecil sampai remaja atau ABG yang menjadi korban bully, merasa depresi, dan akhirnya nekad bunuh diri.

Tapi, anda harus tahu juga batasannya. Jika tukang bully ini sudah keterlaluan, anda jangan diam saja. Tunjukan perlawanan anda, mungkin bisa dengan cara-cara seperti berikut ini. Jika anda sering di bully di area sekolah atau tempat umum, coba dengan berteriak keras pada orang yang akan ngebully kita. Berteriak seolah-olah orang yang akan ngebully kita itu tuli, hal ini biasanya dapat membuat orang yang mau ngebully kita cemas dan takut ketahuan orang lain saat nge-bully atau takut ketauan guru.

Biasanya seorang pembully hanya berani membully jika berkelompok hal ini di karenakan seorang pembully ingin menunjukan kepada teman-temannya bahwa dia itu hebat dan ingin dipandang. Maka yang harus anda lakukan adalah memperbanyak teman dan dalam artian teman yang lebih dihormati atau ditakuti oleh orang yang ngebully kita. Misalkan orang yang jago bela diri atau yang badannya lebih besar. Bertemanlah dan jadilah sahabat dengannya agar dia dapat melindungi anda di saat anda akan di bully.

Jika anda tipe orang yang tidak mudah bergaul atau mendapatkan teman maka sewalah seorang bodyguard untuk mengawal anda hal ini bertujuan supaya orang yang mau ngebully berfikir panjang untuk ngebully anda. Setiap orang pasti mempunyai rasa takut baik itu terhadap benda, hewan, atau pun orang. Hal ini perlu anda ketahui jika anda sering di bully. Cari tahu lah hal-hal yang ditakuti oleh orang yang sering membully anda. Anda bisa mulai cari tahu dari media social facebook, twitter, path dan orang yang dekat denganya.

Cara berikutnya butuh sedikit keberanian untuk anda yang suka di bully. Cara yang sebenarnya benar-benar ampuh dan di jamin mujarab, sekuat apa pun atau sejantan apapun jika pembully lelaki maka berpura-puralah anda menjadi waria (bencong) bukan penampilan namun sikap nya bersikaplah seperti waria seumumnya yang suka genit. Dan jika anda seorang perempuan yang suka di bully oleh teman anda yang perempuan juga maka yang anda harus lakukan jadilah tomboy atau sedikit jantan. Belajarlah bela diri atau  pacari seorang yang kuat dan jantan.

Cara yang terakhir bisa anda lakukan dengan cara mengadukan atau membuat malu pembully tersebut supaya kapok. Bisa dengan cara merekam dengan hp atau kamera, semua kelakuan nakal pembully dan melaporkanya ke pihak berwajib sebagai salah satu tidakan kekerasan, hal dijamin bisa membuat pembully jadi jera dan akan menghargai orang lain.

Sedikit yang saya ingin sampaikan dari pengalaman yang dialami oleh teman saya, waktu kecil dulu sering di-bully karena berambut merah, berkaca mata, dan punya gangguan pendengaran. Namun, dia menjadikan hal itu untuk selalu berpikir positif. Kata-katanya, "I think everyone goes through a bit of bullying at school. Of course you get picked on for certain things, but I think it ends up being a positive."

Demikian sedikit saran dan cara untuk anda yang sering di bully. Jadilah pribadi yang baik dan jadilah manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa.


Penulis: Luky Setiadi
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://lukysetiadi.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment