Fakta Menarik Seputar Air Kelapa



 Fakta Menarik Seputar Air Kelapa
The image is Pixabay property

Tahukah Anda bahwa air kelapa ternyata rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, mengandung lebih banyak kalium dibandingkan dengan pisang, dan sangat baik bagi penderita dehidrasi. Air kelapa sebenarnya mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Sekitar 30 ml air kelapa tanpa pemanis mengandung 5.45 kalori, 1.3 gram gula, 61 mg kalium, dan 5.45 mg natrium.

Berdasarkan sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa air kelapa memang lebih baik untuk menggantikan cairan yang hilang dibandingkan dengan minuman energi atau air putih, akan tetapi hanya bila Anda mengkonsumsi air kelapa dalam jumlah cukup banyak. Sebuah penelitian di tahun 2007 menemukan bahwa air kelapa yang diperkaya oleh natrium memiliki efek yang sama seperti halnya minuman energi yang sering digunakan untuk rehidrasi cairan tubuh setelah suatu aktivitas fisik.

Sebuah penelitian lainnya menemukan bahwa air kelapa juga membuat orang yang mengkonsumsinya tidak terlalu mual, merasa lebih kenyang, tidak mengganggu pencernaan, dan lebih mudah dikonsumsi dalam jumlah banyak untuk merehidrasi tubuh. Walaupun memang benar mengkonsumsi air kelapa dapat membantu merehidrasi tubuh setelah kehilangan banyak cairan, akan tetapi para peneliti masih tidak dapat memastikan apakah berbagai isu yang mengatakan bahwa air kelapa dapat membantu mengatasi berbagai jenis penyakit termasuk kanker adalah benar. Para peneliti mengatakan masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Para peneliti juga mengatakan bahwa sebagian besar orang yang berolahraga sebenarnya tidak membutuhkan konsumsi minuman energi atau air kelapa untuk mengembalikan cairan dan elektrolit yang hilang. Mengkonsumsi air putih saja biasanya sudah cukup. Akan tetapi, bila Anda melakukan aktivitas fisik berat atau lebih menyukai rasa air kelapa dibandingkan dengan rasa air putih, maka air kelapa dapat menjadi pilihan.

Air kelapa tak hanya segar dikonsumsi disaat cuaca sedang panas. Kesegaran air kelapa juga ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat dan khasiat air kelapa? Check  it out!

1. Memperbaiki sistem imun

Protein membentuk sistem imun dalam tubuh. Karena air kelapa mengandung protein rendah, maka kemampuan untuk membentuk antibodi juga rendah. Kandungan asam  yang terdapat pada air kelapa, zat antibakteri, antivirus, dan juga zat antijamur. Dalam kadar yang lebih kecil, air kelapa juga memiliki kandungan glutamin dan arginin yang dapat membantu melawan virus penyebab penyakit.

2. Sehat bugar

Air kelapa di akui oleh dunia sebagai salah satu minuman energi alami. Air kelapa mengandung cairan isotonik, yang kompososisinya serupa dengan komposisi elektrolit serta mampu mengurangi efek dehidrasi atau kekurangan cairan.

3. Manfaat setara susu

Air kelapa memiliki kandungan protein sebanyak 0,2 gram/100 gram, sedangkan susu sapi yakni sebanyak 3,2 gram/100 gram. Dalam air kelapa, kandungan asam amino arginin sebanyak 12,75 %, kemudian alanin sebanyak 2,41 % , sistein (1,17 %), dan juga serin (0,91 %) kandungannya lebih tinggi daripada susu sapi.

4. Mengurangi efek alkohol

Air kelapa juga memiliki khasiat mengurangi efek alkohol dalam tubuh. Cara kerjanya yakni mengencerkan kadar minuman keras, sampai efeknya sangat rendah terhadap tubuh.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat air kelapa. Bukan cuman sebagai minuman yang segar saja. Karena air kelapa terbukti memiliki berbagai manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Mari biasakan minum air kelapa, ketika dahaga menyerang.


Lihat artikel menarik lainnya dalam https://www.dokter.id


No comments:

Post a Comment