Jamur Tiram, Kandungan Gizi Dan Manfaatnya



The image is Pixabay property

Jamur merupakan salah satu makanan sehat yang disukai oleh banyak orang. Jamur tiram mengandung asam lemak jenuh dan polisakarida kitin, keduanya menimbulkan rasa enak. Jamur tiram termasuk makanan yang aman bagi tubuh. Makanan ini mengandung mineral mikroelemen yang bersifat logam, namun dalam kadar rendah. Meskipun harganya tidak mahal, namun makanan sehat ini memiliki gizi tinggi dan rasa yang lezat. 

Nutrisi Jamur Tiram 

Jamur tiram kaya akan protein, bahkan lebih tinggi dibandingkan tempe dan daging ayam. Asam amino yang dikandungnya sangat lengkap, seperti lisin, triptofan, valin, metionin, threonin, leusin, fenilalanin, isoleusin, dan histidin. Makanan sehat ini juga dilengkapi dengan mineral penting, seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi. Jamur tiram juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin C. 

Asam folat yang terdapat di dalamnya sangat tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Flofastin yang ada di dalamnya merupakan zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Zat Glucan yang terdapat di dalamnya berperan sebagai antioksidan, anti virus, anti tumor, antibakteri, meningkatkan kekebalan tubuh, serta dapat mematikan cacing. 

Jamur tiram mengandung pleuran, zat yang dapat memiliki anti inflamasi dan dapat memberikan kelembaban bagi kulit wajah. Makanan ini juga mengandung karbohidrat, sedikit kalori, tinggi dalam air dan serat. 

Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan 

1. Menjaga kesehatan Jantung 

Dengan konsumsi jamur sebanyak satu porsi, telah menyediakan 20-40 persen asupan tembaga harian. Mineral ini berfungsi untuk melindungi jantung. 

2. Menurunkan berat badan 

Jamur kaya akan protein, namun memiliki kalori dan kolesterol rendah. Kandungan air di dalamnya terbilang tinggi, lebih dari 80%. Makanan sehat ini juga kaya akan serat. Semua fakta nutrisi ini menjadikan jamur sebagai makanan yang baik untuk mengontrol berat badan. 

3. Menurunkan risiko hipertensi dan stroke 

Jumlah kalium yang terdapat di dalam jamur lebih tinggi dibandingkan pisang ataupun jus jeruk. Mineral penting ini mencegah kenaikan tekanan darah dan risiko stroke. 

4. Aman bagi penderita Diabetes 

Seseorang yang memiliki kadar gula darah tinggi, seharusnya melakukan diet rendah energy. Jamur merupakan makanan paling ideal untuk pasien diabetes. Selain rendah kolesterol dan karbohidrat, jamur tiram mengandung insulin alami dan enzim yang menghambat penyerapan gula. Jamur juga mengandung senyawa yang meningkatkan fungsi pancreas, organ hati dan kelenjar endokrinal lainnya. Jamur memiliki antibiotik alami yang memberikan perlindungan bagi penderita diabetes dari infeksi. Jamur dapat meningkatkan produksi sel-sel darah putih. 

5. Mengatasi flu dan demam 

Jamur shiitake telah lama digunakan untuk mengatasi demam dan flu di Jepang dan China. Lentinan yang terkandung di dalam jamur shiitake, dapat meingkatkan imunitas tubuh, serta membantu melawan infeksi. 

6. Melawan radikal bebas 

Jamur mengandung senyawa penting seperti niacin, riboflamin, dan selenium. Antioksidan ini bekerjasama dengan vitamin E, melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. 

7. Kurangi risiko kanker prostat 

Selenium yang terdapat di dalam jamur bermanfaat untuk mencegah kanker prostat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Baltimore menunjukkan bahwa konsumsi selenium sebanyak 2 kali lipat dari asupan harian, menurunkan risiko kanker prostat  sebesar 65 persen. 

8. Mencegah kanker payudara 

Jamur memiliki anti karsinogenik karena mengandung Beta-glucan dan Asam Linoleat di dalamnya. Asam Linoleat berperan untuk menekan efek estrogen, faktor pemicu kanker payyudara pada wanita setelah menopause. Sedangkan Beta-glucan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Ekstrak jamur kancing memiliki efek kemoterapi yang dapat menghambat sel tumor. Manfaat ini dapat diperoleh dengan konsumsi sekitar 100 gram jamur setiap hari. 

9. Baik untuk Ibu Hamil 

Jamur tiram putih baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Asupan nutrisi harian sangat diperlukan oleh ibu hamil dan janin. Asupan gizi akan menjadi berlipat, dengan mengkonsumsi jamur tiram.

Demikian manfaat jamur yang memiliki gizi sangat lengkap. Mulailah konsumsi jamur, makanan sehat yang kaya gizi dengan harga yang terjangkau oleh semua orang. Tidak semua jenis jamur aman dikonsumsi, sebagian mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan. Jangan konsumsi jamur, kecuali anda telah mengenal jenisnya.


Penulis: Admin
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://tradisioanal-obat.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment