Pesona Pantai Sukabumi, Dari Ujung Genteng Sampai Karang Hawu



The image is Pixabay property

Sukabumi merupakan kawasan yang terkenal dengan Pantai Pelabuhan Ratu-nya. Namun ternyata bukan hanya Pelabuhan Ratu yang bisa Anda datangi ketika ke Sukabumi melainkan ada spot wisata pantai lainnya, salah satunya ialah Pantai Ujung Genteng. Pantai ini memiliki kondisi alam yang masih bersih alami. Di beberapa bagiannya ada spot khusus yang bisa dijadikan sebagai lokasi ideal untuk sekadar berendam atau bermain air karena memang tidak terlalu dalam, terlebih ketika laut sedang dalam keadaan dangkal.


Di pantai ini ada dermaga yang sudah ada sejak masa penjajahan Belanda dan kini hanya tinggal puing-puingnya saja. Bila tertarik, Anda bisa mengabadikan momen-momen kebersamaan keluarga di dermaga tua ini. Kemudian jika Anda menuju ke arah timur Pantai Ujung Genteng maka akan terdapat tempat pelelangan ikan yang biasanya cukup ramai oleh aktifitas jual-beli ikan di pagi hari. Pelbagai jenis ikan hasil tangkapan nelayan dijual disini dengan harga yang tentunya relatif lebih murah dibandingkan dengan harga ikan yang sudah masuk ke pasar.

Pantai Ujung Genteng juga memiliki Pantai Pangumbahan tempat kalangan pengunjung menyaksikan penyu-penyu yang sedang bertelur di tepi pantai. Penyu-penyu tersebut biasanya bertelur di malam hari sehingga jika Anda ingin melihatnya secara langsung maka harus menginap untuk mengintip penyu-penyu yang akan segera bertelur. Penyu-penyu yang bertelur disekitar sini mayoritasnya ialah penyu hijau yang konon usianya bisa mencapai ratusan tahun dan bobotnya ratusan kilogram. 

Masih dari kawasan Sukabumi, tempat wisata lain yang bisa anda kunjungi yaitu Pantai Pelabuhan Ratu. Pastinya Anda sudah sering mendengar nama Pantai Pelabuhan Ratu yang identik dengan Nyi Roro Kidul, sang penguasa Laut Pantai Selatan. Dari tengah kota Sukabumi jaraknya sekitar 60 km ke arah selatan. Pengunjung yang datang kesini akan menyaksikan ombak dengan arus yang kuat sehingga tidak direkomendasikan untuk berenang. Tofografinya sendiri merupakan perpaduan antara tebing karang yang terjal, pantai yang landai dan curam, serta cagar alam yang luas.

Pelabuhan ratu dianggap memiliki daya tarik sekaligus daya magis tersendiri sehingga membuat presiden pertama RI Soekarno berinisiatif untuk mendirikan sebuah tempat peristirahatan khusus yang disebut dengan Tenjo Resmi. Soekarno pulalah yang menginisasi berdirinya hotel mewah di pesisir Pantai Selatan ini yang diberi nama Hotel Samudera Beach, yang merupakan hotel mewah pertama yang konon dananya diperoleh dari perampasan perang. Hotel mewah yang masih ada hingga sekarang tersebut merupakan salah satu dari sedikit bangunan mewah yang kala itu dibangun selain Bali Beach Hotel, Hotel Indonesia dan juga Sarinah.

Pelabuhan Ratu merupakan kawasan yang paling tepat untuk berselancar ria karena tak kurang dari 9 spot untuk berselancar ada disini seperti Karang Haji, Cimaja, Samudera Beach, Karang Sari, Batu Guram, Indicator, Sunset Beach dan lainnya. Masing-masing tempat berselancar tersebut memiliki karakteristik ombaknya masing-masing.

Pantai selanjutnya yang masih ada di Sukabumi yaitu Pantai Karang Hawu. Keberadaan karang di pantai ini yang menjorok ke laut serta berlubang membentuk seperti hawu (tungku) menjadikan obyek wisata pantai ini disebut dengan "Pantai Karang Hawu". Keindahan Pantai Karang Hawu ternyata sudah mampu menghadirkan banyak wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai ini, udara sejuk serta hamparan pasir luas yang lembut menjadikan tempat ini terasa begitu nyaman. Surfing adalaha salah satu aktivitas yang menantang yang bisa dilakukan oleh pengunjung di tempat ini, selain itu pengunjung juga dapat berenang atau memancing.

Dari Pantai karang hawu pengunjung dapat melihat keindahan Gunung Winarum dan Gunung Rahayu, keberadaan kedua gunung tersebut Tidak jauh dari bibir pantai, Jika pengunjung ingin mencoba mendaki gunung tersebut maka harus berjalan kaki menelusuri jalan setapak hingga ke puncak gunung. Akomodasi dan Fasilitas pendukung di tempat wisata pantai Karang Hawu sudah memadai terbukti dengan adanya hotel dan penginapan, tempat belanja serta jajan seperti mini market dan warung makan. Di pantai Karang Hawu juga terdapat tempat yang menyediakan peralatan surfing, serta banyak lagi fasilitas lainnya.

Akses Jalan menuju Pantai Karang Hawu dapat dilewati melalui rute yang sangat mudah baik oleh kendaraan Pribadi atau umum. Petunjuk arah jalan untuk menuju Pantai Karang Hawu adalah sebagai berikut:

Wisatawan dari luar sukabumi route pertama adalah menuju  Terminal Pelabuhan Ratu, dari Pelabuhan Ratu dilanjutkan ke Lokasi Pantai Karang Hawu menggunakan Bus dengan lama perjalanan sekitar 20 menit atau jarak tempuh sekitar 14 km. Untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menyesuaikan dengan rute di atas.


Penulis: Didah Sahidah
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.tempatwisatadijawabarat.com


No comments:

Post a Comment