Tanda-Tanda Anda Sedang Jenuh



Tanda-Tanda Anda Sedang Jenuh
The image is Pixabay property

Siapa yang mau mengalami kejenuhan? Pasti tidak ada yang menginginkan kedatangannya dalam semua lini kehidupan. Menjalani pekerjaan, hobi, bahkan hubungan dengan pasangan tidak akan lepas dari kata jenuh. Jika kejenuhan datang, yang harus kita lakukan adalah segera mengobatinya sebab jenuh itu laksana penyakit. Beberapa diantara kita tidak menyadari sedang mengalami kejenuhan, sehingga kita tetap menjalani hal tersebut meski setengah hati. Lama kelamaan, hasil yang kita dapatkan tidak maksimal dan bisa jadi malah kita sendiri merusaknya perlahan.


Tanda-Tanda Jenuh

Anda perlu tahu tanda-tanda jenuh, agar jika dia datang segera bisa sadar.

1. Mudah Lelah

Lelah itu bukan hanya karena bawaan jasmaniah saja, bisa jadi itu berasal dari psikologis kita. Misalnya, kita sudah menguap-nguap padahal load kerja kita baru 25% dari biasanya.

2. Kebuntuan Ide

Kalau anda blogger atau penulis, ide itu biasanya muncul begitu saja. Waspada jika tiba-tiba anda berhenti di paragraf pertama saat begitu berniat untuk menulis. Barangkali anda jenuh dengan semua itu.

3. Tidak Mudah Terprovokasi

Hal ini bagus, tapi ada kalanya tidak mudah terprovokasi ini adalah tanda kejenuhan. Misalnya jika biasanya anda rajin memantau timeline untuk tahu update terkini soal A, tiba-tiba anda merasa tidak nafsu sama sekali. Bahkan saat A muncul pun anda biasa saja, maka fix anda jenuh sama A.

4. Cepat Puas

Sudah naluri manusia untuk mengeluarkan usaha sebaik-baiknya agar mendapat hasil sebagus-bagusnya, apalagi untuk sesuatu yang kita suka. Jika kita mulai merasa cepat puas, mungkin gelora itu mulai redup. Blogger biasanya akan semangat seklai melihat info lomba, tapi jika menatapnya saja langsung close tab karena puas dengan kemenangan bulan lalu? Mungkin anda blogger yang jenuh dengan lomba.

5. Emosi Tidak stabil

Hal-hal sepele saja bisa membuat anda gelisah dan marah tak menentu. Emosi tidak stabil meski anda tidak sedang PMS (pre menstrual syndrome).

Ada berapa tanda yang anda rasakan? Coba segera sadari, siapa atau hal apa yang sedang anda jenuhi. Jenuh dengan hobi? Pekerjaan? Atau seseorang?

Yang Harus Anda Lakukan Saat Jenuh

Jenuh jangan dibiarkan, sebab jenuh itu merusak. Berikut ini adalah hal-hal yang biasa saya lakukan saat jenuh terutama dengan kegiatan blogging. Bisa kok diasosiasikan dengan hal lain, misal saat anda jenuh dengan ini atau itu.

1. Cari Aktivitas Lain

Saya tidak akan memaksakan diri ngeblog jika sedang jenuh. Nanti hasilnya malah typo dimana-mana, bahasa terasa kaku, dan tidak dari hati. Saya percaya, tulisan yang saya buat karena niat berbagi dari lubuk hati terdalam akan lebih disukai pembaca. Mending cari aktivitas lain seperti baca buku atau jalan-jalan.

2. Cari suasana Baru

Bisa saja anda tidak jenuh sepenuhnya pada objek tersebut, hanya saja perlu sedikit pencitraan baru. Misal, saya kadang mencari suasana baru ke cafe yang ada wifinya buat ngeblog. Suasana remang, musik pelan, syahdu.

3. Atur jadwal

Anda jenuh dengan sesuatu mungkin karena over dosis. Makan bakso tiap hari 1 mangkok kalau dilakukan seminggu ya pasti ada akan ada rada bidangnya. Pun ngeblog, kadang perlu jeda sejenak sambil mengumpulkan feel. Mungkin anda pernah dalam 1 hari ada 2 post karena tuntutan brand atau lomba, yang seperti itulah membuat lebih cepet bidangnya menulis blog. Ideal sih 3 hari sekali, ada waktu untuk share ke social media dan menawan komentar yang masuk.

4. Liburan

Saat sumber kejenuhanmu bukan hanya 1, hal saja, lebih baik anda liburan. Jenuh ngeblog, jenuh pekerjaan, jenuh sama A sama B, pergilah ke suatu tempat yang bisa membuat anda segar kembali. Liburan memang selalu sukses melepas segala kejenuhan, malah biasanya memunculkan ide-ide baru.

Itulah artikel mengenai tanda-tanda kejenuhan dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


Penulis: Innnayah
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.innnayah.com


No comments:

Post a Comment