Tanjung Lesung, Pesona Keemasan Wisata di Banten



Tanjung Lesung, Pesona Keemasan Wisata di Banten
The image is Pixabay property

Sunset yang memukau dari dermaga pantai Tanjung Lesung Banten. Paket wisata bareng keluarga dan teman di Tanjung Lesung bisa menjadi salah satu pilihan liburan anda. Bagi Anda dan para pemburu pantai, ombak, matahari dan awan, juga bagi penggiat photografi, datanglah kesini ke provinsi baru Banten, di Tanjung Lesung. Kawasan yang letaknya ditepi selat Sunda ini akan menjadi destinasi wisata yang menarik bagi siapa saja khususnya warga Jakarta. 

Kabupaten Pandeglang, Banten, memiliki kawasan alam yang kaya potensi untuk pengembangan daerah wisata, banyak pantai-pantainya yang menawan dengan beragam aktivitas luar ruangan yang bisa dilakukan, serta dukungan fasilitas penginapan yang memadai untuk berbagai kelas. Tanjung Lesung juga salah satu gerbang pintu masuk menuju Krakatau dan Taman Nasional Ujung Kulon.

Tanjung adalah daerah daratan yang menjorok ke lautan. Tanjung yang sangat luas disebut Semenanjung atau Jazirah. Tanjung yang sangat sempit disebut ujung. Karena garis pantai Indonesia tidak rata, indonesia memiliki banyak tanjung atau semenanjung. Tanjung adalah kebalikan dari teluk, dan biasanya keduanya dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama.

180 km dari Jakarta

Dengan waktu tempuh sekitar 3-5 jam dari Jakarta, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, bus atau angkutan umum untuk menuju Tanjung Lesung. Jika harus bersama rombongan besar, sebaiknya memilih bus ukuran medium (micro bus) untuk kenyamanan di jalan-jalan yang sempit atau harus masuk ke area yang lebih dalam dari jalan utama, ini berlaku jika anda merencanakan perjalanan lebih dari satu tujuan.

Dengan kendaraan pribadi, ada dua jalur utama yang bisa anda capai menuju Tanjung Lesung.Yang pertama dapat ditempuh lewat jalur Jakarta - Tol Merak (keluar Pintu Tol Serang Timur) - Pandeglang - Labuan - Panimbang - Tanjung Lesung. Rute yang kedua adalah jalur Carita - Anyer, anda dapat keluar melalui Pintu Tol Cilegon, Anyer - Carita - Labuan - Tanjung Lesung.

Menggunakan angkutan umum, menuju Tanjung Lesung bisa dari terminal Kampung Rambutan, Kalideres dan Tanjung Priuk. Alternatif lainnya adalah menunggu di Slipi Jaya di Sebrang Rumah sakit Harapan kita. Dari sana kita naik Bus menuju Merak tapi turun di terminal Pakupatan Serang. Atau Cari Bis bernama Asli warna hijau tua menuju Labuan.

Dari terminal Labuan melanjutkan perjalanan dengan Elf Jurusan Labuan – Sumur Batu, kemudian turun di Citereup. Dari citereup kita naik ojek hingga ke kawasan tanjung lesung. Rute kedua dari tol Jakarta - Merak ke kota Cilegon dengan mengambil rute Anyer – Carita hingga ke Panimbang - Labuan dengan jarak tempuh sekitar 200 km atau dengan durasi sekitar 4,5 jam perjalan.

Aktivitas dan Wisata Pantai di Tanjung Lesung

Jika Tanjung Lesung dan sekitarnya menjadi tujuan utama wisata keluarga atau rombongan anda, pilih waktu yang cukup untuk menginap beberapa hari disini, dan anda bisa kunjungi lebih dari satu pantai dan melakukan banyak aktivitas alam yang menarik, sebagai pertimbangan silahkan cermati beberapa destinasi keren berikut ini.

Kawasan Tanjung Lesung Resort

30 menit dari Pantai Carita, anda memasuki kawasan luas Tanjung Lesung yang dikelola swasta sebagai tempat wisata dengan fasilitas yang lengkap. Anda tidak akan pernah kecewa saat mengunjungi pantai ini, karena di kawasan ini anda akan disuguhkan oleh pasir putih dan bawah laut yang masih alami. 

Kegiatan wisata yang bisa anda lakukan di kawasan ini adalah berbagai macam suguhan olahraga dan hiburan airwatersport yang disediakan seperti banana boat, glassbottom, jetski, sea kayaking, openwater diving, dan juga kegiatan snorkelling. Sore hari anda bisa menikmati panorama sunset dan membidiknya dengan kamera dan mendapatkan foto-foto senja yang berkualitas.

Pantai Bodur

Berburu panorama detik-detik tenggelamnya matahari dari bumi, disinilah lokasi yang mantap, pantai Bodur. Pantai Bodur memiliki pasir putih yang lembut dan juga air laut yang berwarna hijau kebiru biruan, menjadi daya tarik tersendiri karena disini sebagai sunset point yang terindah yang dimiliki Tanjung Lesung.

Kampung Wisata Cipanon 

Datang ke Tanjung Lesung, anda tidak saja hanya bisa berwisata bahari, menambah wawasan tentang lingkungan sebagai upaya menjaga kelestariannya pun bisa anda dapatkan disini, di Kampung Wisata Cipanon. Di tempat wisata Tanjung Lesung ini juga terdapat sekelompok swadaya masyarakat yang menjaga kekayaaan hayati di daerah dasar laut, seperti kegiatan melestarikan terumbu karang yang ada di wilayah Tanjung Lesung. 

Aktivitas masyarakat ini bukan hanya demi menciptakan objek wisata yang indah dan terawat, namun juga bisa membantu perekonomian warga di sekitarnya yang bertumpu pada sumber daya kawasan ini.

Pulau Liwungan 

Pulau Liwungan adalah destinasi yang menarik jika anda akan merencanakan wisata bulan madu bersama pasangan, area privat terjaga baik karena perawatannya. Pulau Liwungan bukan hanya menyediakan keindahan panorama alam di darat yang menawan, namun juga panorama bawah lautnya tak kalah indah.

Obyek Wisata lainnya 

Gunung Krakatau yang terkenal keseluruh penjuru dunia karena letusannya pada 1883 kini menjadi tujuan wisata yang menantang dan menarik, khususnya bagi para pencinta vulcano. Dari Tanjung Lesung anda bisa merencanakan berwisata ke Gunung Krakatau satu hari penuh. Berangkat pagi 08.30 dengan speedboat dan kembali pada sore harinya pukul 17.00

Taman Nasional Ujung Kulon terkenal karena konservasi Badaknya tidak ada duanya di Indonesia. Tidak hanya itu, beberapa pulau di sekitar Ujung Kulon sangat layak di kunjungi karena masih alami terjaga oleh pengelolan Taman Nasional. Menuju Ujung Kulon, anda bisa langsung menyewa perahu boat dan menempuhnya kurang lebih 2 (dua) jam perjalanan.


Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.tourdejava.net


No comments:

Post a Comment