Toxoplasma, Kenali Dan Waspada



Toxoplasma, Kenali Dan Waspada
The image is Pixabay property

Toxoplasma adalah spesies parasit yang sering juga di sebut protozoa yang dapat menginfeksi semua hewan berdarah panas dan manusia. Penyakit yang di sebabkan Toxoplasma di sebut Toxoplasmosis. Pada manusia, penyakit Toxoplasmosis dapat menyerang wanita atau pria dan yang patut di waspadai oleh ibu-ibu yang sedang hamil karena dapat menimbulkan keguguran kandungan dan untuk ibu-ibu yang belum hamil penyakit ini sering disebut sebagai penyebab kemandulan.

Seperti yang kita ketahui parasit ini sering kita dengar berasal dari kucing yang pada kenyataannya tidaklah sepenuhnya benar. Toxoplasma dapat menginfeksi semua hewan berdarah panas yang dekat dengan manusia seperti sapi, kuda, tikus, domba, anjing, ayam, burung, babi dan lainnya. Pada kucing, Toxoplasma menyelesaikan keseluruhan siklus hidupnya di usus halus kucing, dan akan dikeluarkan bersamaan dengan feces atau kotorannya.

Cara Penularan Toxoplasma Pada Manusia

Cara penularan toxoplasma adalah sebagai berikut, hewan yang terinfeksi toxoplasma hanya menyebarkan ookista dalam jangka waktu tertentu, yaitu sekitar 10 hari sejak terinfeksi. Setelah 10 hari jumlah ookista yang disebarkan biasanya sangat sedikit dan mempunyai resiko penularan yang sangat kecil. Manusia atau hewan dapat tertular bila menelan kista atau ookista toxoplasma. Kista atau ookista ini bersifat seperti telur. Telur yang tertelan tersebut akan menetas dan berkembang di dalam tubuh hewan atau manusia. Kista tersebut dapat hidup dalam otot (daging) manusia dan berbagai hewan lainnya

Penularan Toxoplasma ke manusia memalui beberapa cara seperti :
  • Memakan sayuran yang tidak di cuci bersih, sedangkan sayuran tersebut tercemar oleh parasit Toxo
  • Memakan daging sapi, kambing, babi, ayam, babi atau anjing yang mengandung parasit toxo yang tidak dimasak dengan sempurna (matang)
  • Infeksi melalui placenta bayi dalam kandungan. Seorang ibu hamil yang terinfeksi toxoplasma bisa menularkan parasit ini pada janin yang dikandungnya, penularan ini disebut penularan secara congenital.
  • Melalui transfusi darah, transplantasi organ dari seorang donor yang kebetulan menderita oxoplasmosis.

Penyakit Yang Di Timbulkan Oleh Toxoplasma Pada Manusia

Pada Wanita, Infeksi Toxoplasma yang terjadi terus menerus dapat mengifeksi saluran telur wanita yang dapat mengakibatkan kemandulan karena saluran telur menyempit atau tertutup, hal ini menyebabkan sel telur yang dihasilkan oleh indung telur (ovarium) tidak dapat mencapai rahim dan dibuahi oleh sperma.

Pada Pria, infeksi Toxoplasma akut dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening dan menyebabkan peradangan pada saluran sperma. Kemandulan dapat terjadi jika saluran sperma menyempit atau tertutup karena peradangan yang berlebihan.

Pada Janin, Kista toxoplasma bisa berada di otak janin menyebabkan cacat dan berbagai macam gangguan syaraf seperti gangguan syaraf mata (buta, dll). Akibat lainnya adalah janin dengan ukuran kepala yang besar dan berisi cairan (hidrocephalus).

Cara menghindari tertular Toxoplasma, yaitu: 
  • Sediakan Pasir untuk buang air kucing di rumah, dan selalu bersihkan dan ganti pasir setiap hari.
  • Hindari kucing kita berburu tikus, burung, kecoa, lalat dll agar kucing kita tidak terinfeksi dari hewan yang dimakannya.
  • Beri makan kucing dengan makanan yang bersih dan jika memberi daging segar sebaiknya dimasak terlebih dahulu.
  • Jika kita mengolah bahan masakan, cucilah sampai bersih dan cucilah tangan kita dengan sabun agar terhindar dari telur yang menempel di tangan.
  • Cucilah tangan dengan sabun sebelum makan.
  • Hindari makan daging yang masih mentah atau setengah matang, sebaiknya masak daging hingga matang.
  • Masaklah sayuran hingga matang dan cuci terlebih dahulu sayuran atau buah-buahan hingga bersih jika kita ingin memakannya.
  • Untuk ibu yang ingin hamil sebaiknya melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui ada tidaknya infeksi Toxoplasma.
  • Untuk Ibu hamil sebaiknya lakukan pengecekan lab pada trisemester awal kehamilan untuk mendeteksi dini toxoplasmosis.

Diatas adalah beberapa penjelasan tentang Toxoplasma, jangah takut untuk memelihara kucing jika kita dapat menjaga kebersihan lingkungan karena kucing bukanlah satu-satunya hewan yang dapat menularkan Toxoplasma. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.kucingras.com


No comments:

Post a Comment