Wisata Sinka Island Park Singkawang, Indah dan Mempesona



The image is Pixabay property

Hamparan pasir dan deru ombak di pantai Sinka Island Park membuat para pengunjung makin asik menikmati liburannya, Sinka Island Park terletak disebelah selatan kota Singkawang 8 km sebelum memasuki kota Singkawang. Sinka Island merupakan objek wisata yang menawarkan fasilitas hiburan modern yang masih alami, kawasan wisata tepi pantai ini menyajikan pemandangan pantai dan hiburan berbagai hiburan ada disana, untuk keluarga yang ditopang dengan berbagai fasilitasnya seperti delman maupun kuda bagi pengunjung untuk disewa untuk mengelilingi taman rekreasi ini. 

Selain itu pengelola menyediakan  kolam renang dan kantin, Keunikan taman rekreasi ini terletak di pinggir pantai dan menampilkan hewan-hewan langka lokal maupun luar daerah, taman rekreasi ini juga memiliki jembatan yang dibangun menuju pulau Simping.

Pulau Simping tercatat di PBB sebagai pulau terkecil didunia yang hanya dimiliki oleh Indonesia, tepatnya di Sinka Island Park Kota Singkawang Kalimantan Barat. Salah satu fasilitas unggulan adalah Sinka Zoo terletak di sebelah kawasan  Sinka Island Park, tepatnya sebelah selatan dengan jarak 500 meter setelah memasuki Sinka Island Park. Keunikan kebun binatang ini terletak diberbagai penjuru mengelilingi gunung dan nampak keindahan laut dari atas gunung tersebut yang menampilkan hewan-hewan langka lokal maupun luar daerah, taman rekreasi ini juga memiliki mobil pembawa wisata untuk mengelilingi gunung.

Rincian Biaya

Dari Bandara Supadio Pontianak menuju Taman Pasir Panjang Indah kurang lebih 3 Jam dengan Biaya Taxi 100.000 – 150.000 per orang, Tiket Masuk dikawasan Taman Pasir Panjang 10.000/org (normal) dan 20.000/org (hari libur/lebaran/tahun baru).

Selanjutnya melirik tempat wisata alam Tanjung Bajau Kota Singkawang. Untuk dapat menimkati dua perpaduan keindahan antara laut dan pegunungan hanya dapat dirasakan di Tanjung Bajau, karena tujuan wisata tanjung bajau menjanjikan panorama pantai yang indah dari atas bukit, sungguh sangat mempesona. Tanjung bajau merupakan lokasi tanjung dengan berbatuan dan pasir sepanjang pantai yang menghubungkan lokasi-lokasi wisata lainnya yaitu pasir panjang dan sinka island park, di sini juga disediakan beberapa permainan untuk anak dan orang dewasa yang tentunya mendambah kesan tersendiri untuk liburan anda.

Tidak hanya pantai berpasir dan berbatu yang bisa anda nikmati namun dari Tanjung bajau anda bisa mendaki puncak rindu alam yang merupakan taman asli dari jenis-jenis pepohonan yang ada dikalimantan barat, sepanjang perjalanan menuju ke puncak rindu alam anda dapat melihat keindahan hutan yang berdampingan dengan laut dan terdapat beberapa gazebo untuk istirahat serta mengambil gambar berlatar belakang keindahan alam tersebut.

Tiket Masuk ke Tempat Wisata Tanjung Bajau terbilang bersahabat karena hanya dengan Rp. 30.000 anda sudah bisa menikmati keindahan tanjung bajau, namun anda tidak perlu membayar biaya masuk jika anda akan menginap di Bajau Bay Hotel karena tiket anda bisa di klaim dihotel ini. Bajau Bay Hotel terbilang murah karena untuk kamar standar harga yang diberikan hanya Rp.750.000 permalam dan untuk kamar kelas vip kisaran harga Rp.1.500.000. Bajau Bay Hotel dilengkapi dengan fasilitas air panas, sarapan pagi dan kolam renang keluarga, khusus kelas vip anda dapat menikmati keindahan laut dari jendela kamar.

Jika anda dari Pontianak bisa naik travel/taxi tujuan Pontianak – Singkawang dengan harga Rp.110.000 (inova untuk 5 penumpang) dan Rp.120.000 (Jazz, Yaris, Grand Livina untuk 3 penumpang), namun jika anda yang datang dari luar Kalimantan Barat, sebaiknya anda naik Taxi Bandara menuju ke Travel/Taxi luar kota untuk menghemat biaya, dan sekarang sudah ada Travel Bandara – Singkawang dengan armada DAMRI dengan harga tiket 80 ribu rupiah. 

Tempat kuliner juga tidak jauh dari sini hanya 30 menit anda sudah bisa sampai ke pusat kota singkawang yang menjadi tujuan wisata kuliner anda. Jika malam hari anda dapat berkunjung ke pusat perbelanjaan Pasar Hongkong yang menyediakan berbagai jenis makanan yang buka dari jam 6 sore hingga jam 5 subuh. Namun jika anda berkunjung siang hari atau sore hari anda dapat menikmati kuliner diberbagai tempat seperti, Restoran Bukit Mas di Jl A. Yani, See Food Selera Nusantara di Jl. Yos Sudarso Kuala, Bakso 68 dan masih banyak lagi tempat-tempat kuliner yang bisa anda kunjungi. Jika dimalam hari anda bisa merasakan hidangan malam dipusat Kota Singkawang dengan nama Pasar Hongkong.


Penulis: Bangfad
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.pontianak.web.id/


No comments:

Post a Comment