Eloknya Air Terjun Blang Kolam, Nangroe Aceh Darussalam



Eloknya Air Terjun Blang Kolam, Nangroe Aceh Darussalam
The image is Pixabay property

Salah satu destinasi wisata di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam yang patut dikunjungi adalah Air Terjun Blang Kolam. Air Terjun Blang Kolam terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara. Ada beberapa jalur yang dapat ditempuh unutk mencapai lokasi air terjun tersebut yaitu melalui Cunda kota Lhokseumawe, Kandang Aceh Utara atau kawasan Muara Satu kota Lhokseumawe. Selain dapat menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum seperti labi-labi (jenis kendaraan tradisonal) dan becak motor.

Sebelum mengunjungi Air Terjun Blang Kolam ini sebaiknya Anda mempersiapkan fisik dan mental secara baik. Pasalnya, untuk sampai di air terjun Anda harus berjalan melewati jalur setapak berupa tangga yang berkelok-kelok menanjak dan menurun sekitar 700 m. Anda harus melalui 660 buah anak tangga yang telah dibuat pada tahun 70-an ini. Memang cukup melelahkan, namun Anda harus tetap semangat karena kelelahan akan terbayar ketika sampai pada lokasi air terjun. 

Air Tejun Blang Kolam memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Air terjun yang indah ini, tampak asri karena lokasinya yang masih dibawah rimbunnya pepohonan dan memiliki suasana hutan yang alami. Apalagi kesederhanaan alamnya yang dilengkapi dengan gemuruh air dan kicauan burung liar. Sungguh suasana yang menyejukkan dan menentramkan jiwa. Belum lagi ketika perjalanan menuju air terjun ini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan dan suasana perdesaan yang menyejukkan mata. 

Air Terjun Blang Kolam merupakan destinasi wisata yang cocok untuk tempat berlibur bersama keluarga. Selain menikmati pemandangan alamnya bersama keluarga, Anda juga bisa bermain air dan berendam di bawah air terjun ini. Bahkan, jika Anda memiliki jiwa petualang yang tinggi, di lokasi ini juga bisa dijadikan sebagai areal berkemah. Namun, tentu ada syarat yang harus dipenuhi jika ingin berkemah yaitu, tidak boleh membawa perempuan (khusus berkemah, jika hanya untuk wisata biasa tidak masalah), tidak oleh menebang pepohonan sekitar tanpa izin, dan untuk selalu menjaga sikap.

Keindahan Air Terjun Blang Kolam ini harus sedikit ternoda karena terkesan kuran diurus dengan baik. Selain jalur akses sekitar 3 kilometer yang sudah rusak berat, kondisi sejumlah bangunan di lokasi itu juga sangat memprihatinkan. Bahkan, anak tangga beton menuju lembah, kini banyak yang sudah retak dan dipenuhi lumut. Demikian juga dengan kebersihan lingkungan yang tidak terjaga. Oleh karena itu, telah menjadi tugas kita dan pemerintah daerah untuk menjaga dan merawat kebersihan dan keindahan alam Air Terjun Blang Kolam ini.

Tips saat mengunjungi tempat wisata ini : 
  • Berhati-hatilah saat menuruni tangga, karena tangga tersebut sudah berumur. Banyak anak tangga yang sudah berlumut, sehingga licin dan ada anak tangga yang telah rusak.
  • Cek kondisi cuaca saat akan berkunjung kesini, karena akan sangat menganggu liburan jika tiba-tiba turun hujan.
  • Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran selama wisata.
  • Bawalah barang-barang seperlunya. Jika terlalu banyak, akan memberatkan bawaan anda ketika menuruni tangga. Tetapi, jika ada yang kurang, juga terpaksa repot naik ke atas untuk mengambilnya lagi.
  • Pada hari libur, biasanya pengunjung yang datang sangat ramai. Jadi, ada baiknya datang di hari-hari biasa jika ingin bisa bebas berwisata di air terjun ini.
  • Jangan lupa membawa pakaian ganti jika ingin berendam dan bermain air.
  •  jangan lupa juga membawa kamera untuk mengabadikan momen bersama keluarga.


Penulis: Gandos Wasesa
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://nevisit.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment