Handphone, Cara Membersihkan Dan Merawat Layar Sentuh



Handphone, Cara Membersihkan Dan Merawat Layar Sentuh
The image is Pixabay property

Cara membersihkan layar yang benar bisa membuat layar sentuh perangkat smartphone Anda lebih awet dan selalu terlihat mulus. Dan berikut ini adalah tips dan cara membersihkan layar handphone touchscreen, agar layar tetap terjaga kebersihannya dan tidak merusak kualitas dan fungsi layar handphone touchscreen.

1. Gunakan kain microfiber

Kebanyakan orang menggunakan kapas, tisu atau kain lembut untuk membersihkan layar sentuh perangkatnya, cara membersihkan layar handphone touchscreen yang baik adalah dengan menggunakan kain microfiber yang biasanya digunakan untuk membersihkan lensa kacamata. Kain ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan layar sentuh karena ukuran seratnya yang kecil dan halus. Selain itu, microfiber juga murah dan awet digunakan.

2. Menggunakan cairan pembersih

Teteskan sedikit saja cairan pembersih pada layar yang banyak beredar di pasaran saat ini. Cairan tersebut bisa digunakan untuk membersihkan layar yang terlalu kering. Cara penggunaannya, teteskan cairan ke kain yang digunakan untuk membersihkan. Jangan langsung meneteskan cairan ke layar karena hanya akan meninggalkan bekas air yang susah dibersihkan.

3. Usap layar secara melingkar

Jangan membersihkan layar dengan cara menggosokkan kain secara vertikal atau horizontal. Bersihkan dengan cara melingkar karena lebih efektif untuk menghapus bekas sidik jari tanpa meninggalkan bekas.

4. Matikan layar saat dibersihkan

Biasanya bekas sidik jari akan terlihat jelas ketika layar sentuh tidak aktif. Oleh karenanya, matikan saja atau jangan hidupkan layar ketika membersihkannya.

5. Biarkan mengering

Jika layar dibersihkan dengan cairan pembersih, jangan lap cairan tersebut sampai kering. Asal tidak terlalu tebal, biarkan saja sisa cairan yang ada mengering sendiri.

Saat ini, banyak smartphone premium biasanya sudah dilengkapi dengan teknologi layar yang canggih seperti Gorilla Glass untuk melindungi layar touchscreen agar tetap mulus dan tidak gores. Namun bagi kebanyakan smartphone atau handphone layar sentuh (touchscreen) di kelas entry level biasanya masih menggunakan layar touchscreen biasa, yang terkadang bisa gores dan cepat rusak bila tidak di rawat dengan baik.

Sebagai bagian vital dari sebuah smartphone, tentunya layar touchscreen juga perlu mendapat perhatian penting penggunanya agar tetap selalu terjaga. Oleh karena itu, penting bagi setiap pengguna handphone touchscreen untuk mengetahui beberapa cara merawat layar handphone touchscreen supaya tetap mulus dan tidak tergores, seperti saya jelaskan berikut ini:

1. Memasang pelindung layar

Pelindung layar atau screen guard adalah hal penting yang harus dipasang pada ponsel layar sentuh saat pertama kali dibeli. Meskipun layar Anda sudah terlindung Gorilla Glass, tetap saja pengamanan tambahan ini masih diperlukan. Karena banyak pengguna ponsel, termasuk merk high-end, mengalami masalah karena menyepelekan hal tersebut dengan anggapan ponselnya aman berkat Gorilla Glass. Padahal, teknologi sekuat Gorilla Glass sampai saat ini masih bisa rusak akibat debu.

2. Jangan menyentuh menggunakan kuku

Banyak dari kita menyentuh layar smartphone dengan kuku. Padahal, hal ini harusnya mulai dihindari. Bagian tajam dari kuku kita bisa saja meninggalkan bekas di layar. Jika kuku tersebut terlalu tajam, maka layar pun bisa retak atau tergores. Perlu diingat, layar sentuh didesain untuk jari, bukan kuku.

3. Sentuh bukan tekan

Sensor layar sentuh saat ini, termasuk ponsel murah sekalipun, sudah sangat modern. Sehingga, meskipun kita tidak terlalu kuat menekannya, sensor sudah bisa menjalankan perintah yang dimaksud. Cukup sentuh saja layar saat bernavigasi di layar sentuh. Tak perlu menekannya terlalu keras seperti saat menekan tombol keyboard. Ingat, sesuai namanya "layar sentuh" dan bukan "layar tekan"

4. Hindari matahari langsung

Terlalu lama terekspos cahaya matahari bisa merusak lapisan gel tipis yang terdapat di layar sentuh. Padahal, gel ini penting untuk menjadi perantara antara layar dengan ponsel. Oleh karenanya, hindari penggunaan di bawah terik matahari. Selain itu, jangan taruh ponsel di dasbor mobil karena efeknya juga sama.

5. Bersikap layar dengan cara yang benar

Salah satu tips dan cara merawat layar handphone touchscreen supaya tetap mulus dan tidak tergores adalah dengan membersihkan layar secara teratur dengan cara yang benar. Selalu gunakan bahan halus dan kering untuk membersihkan layar handphone touchscreen Anda. 

Demikianlah artikel tentang beberapa tips dan cara marawat layar handphone touchscreen supaya tetap mulus dan tidak tergores.


Penulis: Teuh Santi
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://idgadgeter.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment