Handphone: Memilih Smartphone Sesuai Kebutuhan



Handphone: Memilih Smartphone Sesuai Kebutuhan
The image is Pixabay property

Dengan semakin banyaknya merek, tipe, dan harga yang bervariasi membuat orang kebingungan untuk memilih smartphone seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jika anda adalah orang yang kaya harta mungkin bukanlah suatu masalah jika terjadi kesalahan saat membeli smartphone karena tinggal dijual dan beli lagi. Namun hal itu berbeda dengan orang yang memiliki sedikit uang untuk membeli smartphone, anda akan lebih berhati hati saat memilih smartphone yang sesuai agar tidak menyesal di kemudian hari karena memilih smartphone yang salah.  Oleh karena itu, saya akan memberikan tips memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan anda.

1. Sesuaikan spesifikasi smartphone sesuai dengan kebutuhan

Anda harus memilih spesifikasi smartphone sesuai dengan kebutuhan dan daya beli. Misalnya jika anda orang yang hobi selfie atau fotografi maka pilihlah smartphone yang memiliki spesifikasi kamera tinggi, perhatikanlah fitur kamera seperti auto fokus, led flash, resolusi hasil kamera (MP), deteksi senyum, panorama dll. Dan contoh lainnya jika anda adalah seorang pencinta game mobile maka pilihlah smartphone yang memiliki CPU, RAM, GPU, Memori internal yang bagus.

Jika anda seorang gamer memilih smartphone dengan spesifikasi cpu 1GHz dengan ram 512mb dan GPU adreno 200 maka hal itu akan sangat tidak tepat sekali, bahkan dengan spesifikasi seperti itu jika untuk main game HD akan mental / force close, sebaiknya jika anda seorang gamer pilihlah smartphone yang memiliki ram di atas 1Gb dan cpu quad core agar dapat memainkan game HD dengan lancar dan tanpa lag. Namun jika anda menggunakan smartphone hanya untuk chating dan internet saja maka pilihan smartphone dengan spesifikasi low end saja, karena sudah cukup mumpuni.

2. Pilihlah fitur konektivitas smartphone yang sesuai dengan kebutuhan

Setiap smartphone memiliki spesifikasi bluetooth, wifi, jaringan, usb otg, tv out. Jika anda adalah seorang yang suka internet maka pilihlah kecepatan jaringan yang tinggi misalnya HSPA atau 4G. Jika anda memilih dibawahnya maka akan sangat lambat dan mungkin anda akan jengkel dengan kecepatan internet yang lambat. Atau anda seorang yang suka nonton film, maka smartphone dengan dukungan TV out sangat cocok karena anda bisa nonton video yang diputar di smartphone melalui TV dengan tambahan kabel.

3. Sesuai harga dan merek smartphone yang akan anda beli

Jika anda hanya mempunyai uang yang sedikit. Maka sebaiknya memilih smartphone dengan spesifikasi low end saja. Karena dalam 6 bulan kedepan akan ada rilis smartphone dengan spesifikasi tinggi namun memiliki harga yang lebih murah, daripada anda membelinya sekarang. Jadi kesimpulanya pilihlah ponsel yang terbaru agar smartphone anda memiliki aplikasi yang melimpah.

4. Pilihlah kapasitas baterai smartphone yang sesuai kebutuhan

Jika anda adalah seorang yang suka berpergian maka pilihlah smartphone dengan daya baterai (mah) yang  tinggi agar anda tidak sering kehabisan baterai di tengah jalan.

5. Pilihlah sistem operasi smartphone sesuai kebutuhan

Jika anda adalah orang yang suka game maka sebaiknya pilih sistem operasi ponsel yang memiliki game yang melimpah misalnya android os  atau ios, itu karena sistem operasi mobile tersebut memiliki game yang melimpah berbeda dengan blackberry os atau sistem operasi lainnya yang belum terkenal.

6. Cek ke aslian smartphone yang akan anda beli

Hati-hati dengan smartphone dengan spesifikasi tinggi dengan harga murah kemungkinan smartphone tersebut palsu atau rusak. Namun bukan berarti smartphone dengan harga mahal itu asli karena bisa saja anda tertipu oleh pedagang. Untuk lebih jelasnya carilah cara untuk membedakan smartphone asli dan palsu melalui internet. 

7. Pilihlah smartphone yang memiliki komunitas yang banyak

Jika anda memiliki masalah dengan smartphone anda maka anda bisa bertanya kepada komunitas di facebook, twitter, dll seputar masalah yang anda alami. Selain itu jika smartphone yang anda memiliki memiliki banyak komunitas maka anda akan memiliki tips dan trik seputar smartphone.

Itulah tips cerdas memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


Penulis: Maz Rio
Lihat artikel menarik lainnya dalam https://terbaik19.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment