Jaket Parasut Dan Jersey, Cara Merawat dan Mencucinya



Jaket Parasut Dan Jersey, Cara Merawat dan Mencucinya
The image is Pixabay property

Cara merawat dan mencuci jaket parasut ini untuk membantu anda sehingppga warna jaket tetap bagus dan tidak kusut. Jaket parasut adalah salah satu jenis jaket yang lapisan terluarnya terbuat dari bahan parasut, yaitu bahan yang mirip dengan bahan yang biasa dipakai untuk membuat perasut untuk terjun payung. 

Ciri utamanya adalah bahwa kain ini agak tipis sehingga ringan saat dipakai, meskipun ringan tetapi kehandalannya jangan dianggap remeh, karena bahan parasut mampu membuat badan menjadi lebih hangat dalam kondisi cuaca yang dingin, oleh sebab itulah banyak orang yang menyukai jenis jaket ini.

Bagi anda yang menyukai jenis jaket parasut, Saya akan memberikan sebuah tips sederhana mengenai bagaimana merawat dan mencuci jaket parasut.

Tips mencuci:
  • Masukkan jaket ke dalam ember lalu diaduk-aduk sebentar agar seluruh bagian jaket terkena air dan deterjen meresap ke dalam sela-sela serat kain, lalu diamkan selama 15 menit.
  • Angkatlah jaket dari rendaman kemudian dibersihkan dengan cara dikucek, apabila terdapat noda atau kotor gunakanlah sikat yang berbulu halus untuk membersihkannya.
  • Setelah jaket terlihat bersih, proses selanjutnya adalah membilas, 
  • Lakukanlah pembilasan dengan menggunakan air bersih, caranya dengan memasukkan jaket ke dalam ember yang berisi air bersih lalu diangkat-angkat dan diperas beberapa kali sampai tidak ada lagi buih yang melekat pada jaket.
  • Selanjutnya jaket dapat dijemur di terik matahari.

Tips Menyetrika:

Sebaiknya jaket parasut jangan disetrika karena panas setrika akan membuat lapisan parasutnya mengkerut akibat tidak tahan menahan panas setrika (kecuali untuk jaket parasut yang anti bara), apabila sudah begitu maka jaket akan cepat robek, apabila anda tetap ingin menyetrikanya lakukanlah dengan cara membalikkan jaket, yaitu bagian dalam berada di luar dengan syarat suhu setrika tidak terlampau panas.

Tips Penyimpanan:

Jenis jaket ini fleksibel,  bisa disimpan dengan cara digantung ataupun dilipat. Setelah dilipat simpanlah di dalam lemari pakaian yang bebas jamur, karena jamur lemari akan membuat bau yang tidak sedap, selain itu lama-lama kan merusak jaket.

Hal-hal yang perlu dihindari:
  • Janganlah terlalu lama merendam jaket dalam air yang mengandung deterjen karena akan merusak serat parasut
  • Pada proses penjemuran cepatlah angkat bila jaket sudah kering, karena bila menjemur terlalu lama akan membuat warna jaket cepat pudar.
  • untuk jaket parasut yang berbahan tipis hindari menyetrika jaket parasut secara langsung atau dengan suhu yang terlampau panas.
  • Jangan terlalu lama menyimpan jaket parasut yang telah dipakai karena akan mengundang jamur kain, bila jaket sudah terkena jamur maka nodanya akan sulit untuk dihilangkan.

Bagi sebagian orang mempunyai Jersey merupakan suatu kebanggaan dan oleh karena itu perlakuannya pun berbeda dari barang yang lainnya. Sedangkan, harga sebuah Jersey beraneka ragam sesuai dengan kualitas jersey tersebut, terlepas dari itu semua, perawatan untuk jersey kesayangan adalah suatu hal yang mesti dilakukan agar jersey kita tetap awet dan tahan lama. 

Cara mencuci jersey Grade Ori & Player Issue:
  • Siapkanlah sebuah ember lalu diisi air dingin kira-kira setengahnya lalu taburkan deterjen kira-kira setengah genggaman lalu diaduk hingga rata sampai seluruh deterjen larut bersama air.
  • Masukkan Jersey ke dalam ember yang telah berisi air yang dicampur deterjen tadi lalu diamkan selama dua sampai tiga menit.
  • Untuk menghilangkan kotoran ataupun keringat yang menempel, angkatlah jersey dari air lalu direndam lagi, lakukanlah hal tersebut secara berulang-ulang dua atau tiga kali.
  • Setelah Jersey diangkat dan dicelupkan secara berulang-ulang lakukanlah pembilasan dengan cara memasukkan jersey ke dalam ember yang berisi air bersih, lalu angkat dan celupkan berulang-ulang sampai deterjen dan buih deterjen hilang.
  • Hal terakhir setelah proses membilas adalah menjemur dengan menggunakan gantungan (Hanger) di tempat yang tidak secara langsung terkena sinar matahari.

Cara atau tips  menyetrika Jersey:
  • Gunakanlah suhu setrika yang rendah(tidak terlampau panas)
  • Untuk untuk Patch yg mulai lepas setrikalah Jersey dengan cara dibalik, yaitu dengan menyetrika bagian patch dari dalam, bukan dari luar, dengan tingkat panas yg sedang, jangan terlalu panas.
  • Untuk menghindari font terkelupas, lecet, cepat berbulu, maka lapislah jersey dengan kain diatasnya, supaya jersey tidak kontak langsung dengan sterikanya.

Cara menyimpan Jersey:

Ketika dipakai atau disimpan, hindari dari gesekan-gesekan terutama dengan permukaan yang kasar, karena hal tersebut dapat menyebabkan benang-benang jersey tertarik (timbul bulu). Biasanya timbul ketika terjatuh saat Futsal atau di lapangan.
Simpanlah dengan cara digantung untuk menghindari sablon yg terkelupas, atau retak.

Beberapa hal yang perlu dihindari:
  • Hindari memeras jersey saat dicuci dengan cara diplintir karena dapat menyebabkan terselupasnya sablonan, hal ini berlaku untuk semua jenuis termasuk Jersey yang Original dari toko-toko resmi.
  • Hindari merendam jersey terlalu lama dalam rendaman berisi air yang diberi deterjen, waktu yang disarankan tidak lebih dari 5menit.
  • Jangan mencuci jersey dengan mesin cuci karena akan merusak sablonan dan serat kain.
  • Jangan mengeringkan menggunakan mesin pengering (spin).
  • Hindari menjemur menggunakan tali tapi gunakanlah gantungan (hanger).


Penulis: Ngerawat Rumah
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://ngerawatrumah.blogspot.com


1 comment:

  1. Thanks for sharing.. Butuh bahan kain jaket berkualitas dengan harga murah?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete