Penyebab Kulit Tangan Mengelupas



Penyebab Kulit Tangan Mengelupas
The image is Pixabay property

Pernahkah Anda mengalami kulit ujung jari mengelupas dengan sendirinya? Masalah ujung jari yang mengelupas ini merupakan masalah umum kulit yang dihadapi oleh banyak orang. Sebagai kulit pada sekitar ujung jari yang lembut dan sensitif, untuk menghindari kulit tersebut mengelupas haruslah menggunakan perawatan yang tepat.

Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan kulit di sekitar jari mengelupas. Sekarang adalah waktu terbaik untuk belajar mencari tahu penyebab sehingga tindakan pencegahan dapat diambil. Berikut ini beberapa penyebab utama yang mungkin menjadi biang kulit di ujung jari Anda mengelupas:
  • Eksim adalah suatu kondisi kulit dimana mudah sekali menyebabkan kulit mengelupas. Daerah sensitif seperti jari dapat dengan mudah terkelupas karena gangguan kulit tertentu.
  • Sunburn adalah alasan lain yang dapat menyebabkan kulit mengelupas. Paparan sinar matahari yang intens akan menyebabkan lapisan luar mengelupas untuk menggantinya dengan kulit yang baru.
  • Psoriasis adalah kelainan kulit yang menyebabkan proses pergantian atau pembaharuan kulit.
  • Suhu dingin yang ekstrem dapat mengurangi kadar air pada kulit dan membuat kulit mengerut dan mengupas.
  • Penggunaan bahan kimia dapat menyebabkan kulit mengelupas terutama di sekitar ujung jari.
  • Mencuci tangan sesering mungkin akan mengarah pada kulit berjumbai dan mudah terkelupas.
  • Penyebab lainnya adalah alergi, kekurangan vitamin B, diabetes dan lain-lain.

Gejala Dari Kulit Jari Yang Mudah Mengelupas

Gejala terkelupasnya kulit jari mungkin umum diderita sebagian besar orang. Akan tetapi, bagi mereka yang menderita gangguan kulit seperti psoriasis atau eksim akan menemukan kondisi seperti ini secara terus-menerus:
  • Ketika seseorang penderita tersebut sering mencuci tangan menggunakan sabun yang keras atau salep obat, kulit di sekitar ujung jari akan menjadi kering
  • Ketika kulit di sekitar ujung jari merasa kering dan hangus, kulit akan mulai mengelupas
  • Kulit akan terasa sensitif
  • Kulit menjadi merah, berbintik, dan gatal

Namun Anda tidak perlu khawatir. Beberapa perawatan alami yang bisa Anda lakukan dirumah tidak hanya ditujukan untuk merawat kulit wajah saja, akan tetapi bisa digunakan untuk mencegah timbulnya kondisi kulit jari yang mudah mengelupas. Berikut ini beberapa cara dan tips untuk mencegah terkelupasnya kulit di jari-jari Anda.

1. Air Hangat

Saat kulit di ujung jari atau bagian lainnya mengelupas, gunakan saja air hangat. Air hangat memiliki sifat tertentu yang terbukti bermanfaat ketika seseorang menghadapi masalah kulit. Salah satu tujuan merendam tangan di air hangat karena hal tersebut akan menyebabkan air diserap oleh kulit yang mungkin telah menjadi kering. Air hangat bisa menjadi pelembab alami jika ditambahkan madu atau minyak zaitun.

2. Pelembab Secara Rutin

Jika Anda memiliki kulit jari yang mengelupas disebabkan karena kulit kering dan bersisik, yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan pelembab setiap selesai mencuci tangan.

3. Mentimun

Anda bisa menggunakan mentimun pada daerah yang terkelupas karena mentimun memiliki terkenal memiliki anti peradangan dan penyembuhan untuk kulit. Caranya yaitu iris mentimun, kemudian dioleskan pada daerah yang mengelupas. Hal ini akan bekerja pada sel-sel kulit yang rusak sehingga iritasi akan berkurang.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun diketahui mengandung omega 3 dan asam lemak esensial lain yang bermanfaat bagi kulit serta seluruh sistem dalam tubuh. Anda bisa menambahkan minyak zaitun ke dalam air yang digunakan untuk mencuci tangan atau Anda bisa menggunakannya langsung setelah selesai mencuci tangan. Cara ini dapat membantu untuk memastikan bahwa kulit Anda tetap lembab.

5. Jauhi Beberapa Minuman

Jika ingin kulit Anda tetap bersinar dan lembab sehingga tidak terkelupas, maka jauhilah minuman seperti alkohol, soft drink, dan minuman yang tinggi kafein.

Setelah mengenali penyebab dan cara mencegahnya, selalu jaga kesehatan Anda dengan pola makan yang sehat dan selektif memilih produk perawatan alami yang berlisensi resmi dan teruji secara dermatologi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


Penulis: Skin.co.id
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://skin.co.id


No comments:

Post a Comment