Keuntungan Menggunakan Handphone Jadul Dibanding Smartphone



Keuntungan Menggunakan Handphone Jadul Dibanding Smartphone
The image is Pexels property

Untuk urusan popularitas, handphone (saya sebut sebagai HP jadul) sangat kalah jauh dengan saudaranya, smartphone. Smartphone sedang lagi naik daunnya sekarang. Tampilan trendi, menarik perhatian dan bisa dijadikan sebagai penanda status sosial, membuat smartphone begitu digandrungi oleh banyak orang, terutama anak muda.

Toko-toko pun sudah sangat jarang sekali memasang handphone sebagai barang jualan mereka dan hampir semua digantikan oleh smartphone. Tapi tidak selamanya handphone akan dikalahkan oleh Smartphone. Handphone mempunyai beberapa keunggulan yang pastinya dirindukan oleh para pengguna yang sudah berpaling darinya.

1. Daya tahan baterai

Berhubung fungsinya yang hanya digunakan untuk menelpon dan sms-an saja, daya tahan baterai akan menjadi lebih lama. Bahkan dulu handphone sekali charge bisa bertahan selama 3 hari pemakaian. Awet sekali baterainya.

Tapi jika menggunakan smartphone, baterai mungkin paling lama bertahan selama sehari dan harus dicharge lagi dan lagi. Itu karena smartphone sangat mengandalkan koneksi internet yang menguras baterai dan juga digunakan untuk menjalankan banyak aplikasi.

2. Tidak terlalu kecanduan

Apa yang bisa kita dapatkan dengan memainkan HP lama-lama? Game-nya sangat sederhana dan jenisnya sedikit, tidak bisa chatting dengan teman dengan menggunakan berbagai emoji, internetan susah. Jadi kita mungkin akan menyentuh handphone hanya untuk mengecek apakah ada sms dan panggilan masuk saja. Setelah itu handphone ditaruh lagi dan menunggu pesan selanjutnya untuk masuk.

#Beda dengan smartphone

Pengguna smartphone berbeda, ada atau tidak pesan atau panggilan masuk, mereka tetap aktif menggunakannya. Baik itu untuk browsing, bersosial media, bermain game dan bahkan bisa digunakan untuk bekerja. Pasti sering kan anda melihat banyak orang duduk manis dengan smartphone ditangannya. Bahkan jika ada sekumpulan anak muda nongkrong disuatu tempat, mereka akan asyik dengan smartphone masing-masing. Sudah ngumpul bareng, malah asyik pada smartphone masing-masing.

3. Ukurannya kecil dan mudah digenggam

Ukuran handphone memang kecil-kecil dan sangatlah mudah digenggam dengan satu tangan. Bahkan bagi yang sudah terbiasa, mengetik sms-pun bisa tanpa melihat tombol-tombol hurufnya. Handphone sangatlah mudah untuk dimasukkan ke dalam kantong jika dibandingkan dengan ukuran smartphone yang ada sekarang.

Smartphone ukurannya sangat besar-besar dan kebanyakan orang memang menyukai ukuran besar. Karena mereka bisa menonton film dengan lebih lega dan juga bermain game.

4. Tak dipusingkan dengan download aplikasi

Pengguna handphone tidak perlu pusing-pusing menentukan aplikasi apa saja yang akan di install. Karena handphone memang tidak bisa diinstal aplikasi begitu saja selayaknya smartphone.

5. Performa yang terus stabil

Karena tidak perlu diinstal aplikasi tambahan lagi, maka ini sangat berimbas kepada performanya. Handphone tetap stabil performanya baik itu untuk kecepatan membaca pesan, mengakses menu dan lainnya.

Sedangkan smartphone jika banyak diinstall dengan aplikasi, performanya akan turun dengan drastis. Membuka pesan bisa jadi sangat lama dan menyebalkan. Hal seperti ini tentu tidak akan ditemukan pada handphone, karena tidak ada aplikasi tambahan yang bisa membuat kinerjanya semakin berat.

6. Pulsanya cukup untuk telpon dan sms

Berhubung belum adanya jangkauan internet ataupun karena kurang nyaman dalam menggunakannya ketika browsing, handphone tidak perlu dibelikan paket internet. Cukup menggunakan pulsa untuk menelpon dan sms saja. Memang akan menjadi lebih irit jika hanya menggunakan pulsa untuk dua kegiatan ini.

#Beda dengan smartphone

Jika smartphone, selain pulsa telpon dan sms, anda harus mengeluarkan uang untuk membeli paket internet kan? Apalagi sekarang paket internetnya masih lumayan harganya. Berapa paket internet yang anda habiskan dalam sebulan? 50 ribu, seratus ribu? Menggunakan handphone ternyata bisa menghemat pengeluaran uang untuk membeli pulsa kan? 

Kesimpulan 

Memang kenyataan sangat berkata lain, walaupun memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan smartphone, handphone masih kalah pamor juga. Orang-orang, termasuk saya, ternyata lebih menggemari smartphone sebagai andalan berkomunikasi. 

Tapi handphone masih digunakan oleh beberapa orang, terutama mereka yang berjualan pulsa. Mereka masih betah menggunakan handphone dibanding dengan smartphone.


Lihat artikel menarik lainnya dalam http://puteka85.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment