Mencari Lava Di Gunung Kelud Kediri



Mencari Lava Di Gunung Kelud Kediri
The image is Pixabay property

Gunung Kelud memang mempunyai segudang keindahan yang bisa anda nikmati. Terletak sekitar 30 Km dari pusat Kota Kediri menuju arah timur, objek wisata Gunung Kelud ini memang menjadi salah satu destinasi objek wisata gunung berapi yang sangat indah di jawa timur, selain objek wisata Gunung Bromo atapun objek wisata Gunung Semeru.

Pada artikel kali ini saya akan membagikan pengalaman kepada anda tentang keindahan wisata Gunung Kelud. Perjalanan ke tempat wisata Gunung Kelud dari kota kediri, memang bisa dibilang lumayan jauh. Dan kunjungan saya kali ini adalah kunjungan yang ke sekian kalinya ke gunung yang terakhir meletus pada tahun 2007 kemarin. Perjalanan kami mulai dari Kota Kediri pada siang hari sekitar pukul 13.00, tujuan kami berangkat siang hari adalah karena kami ingin menikmati pemandangan indah yang disajikan di jalan menuju kawah gunung kelud.

Dari arah kediri kami berkendara ke timur, dan sekitar 1 jam kurang kami telah sampai di Kecamatan Wates. Bila anda ingin membawa perbekalan untuk di bawa ke Gunung Kelud, kami sarankan anda mempersiapkannya di daerah Wates ini. Dari Wates kami terus melanjuykan perjalanan, karena kami sudah tidak sabar ingin cepat sampai tujuan dan segera menikmati keindahan Gunung Kelud. Bila anda baru pertama datang ke Gunung Kelud anda tidak perlu cemas atau khawatir akan tersesat karena banyak penunjuk jalan yang siap memandu anda menuju Gunung Kelud. 

Rute perjalanan dari Kota kediri menuju Gunung Kelud adalah sebagai berikut:

KEDIRI - PESANTREN - WATES - NGANCAR - DESA SUGIHWARAS - GUNUNG KELUD

Tiket Masuk Gunung Kelud

Sekitar 35 menit kami berkendara dari Kecamatan Wates tadi kami sampai di pintu gerbang masuk Wisata Gunung kelud. Kami berhenti sebentar untuk membayar tiket masuk. Harga tiket masuknya adalah Rp 5000, tetapi jika anda berkunjung pada hari Sabtu-Minggu atau hari libur harga tiket naik menjadi Rp 10.000. Dari gerbang masuk kami melanjutkan perjalanan kembali. Mulai dari gerbang masuk jalanan semakin menanjak dan berkelok-kelok dan bahkan pada beberapa ruas jalan yang menanjak tajam dan ada yang jalannya sempit.

Mysterious Road Gunung Kelud

Di tengah perjalanan anda akan disuguhi pemandangan indah khas pegunungan, jika anda datang ke sini pada pagi atau siang hari maka anda dapat melihat dengan jelas. Sebelum sampai di Gunung kelud anda akan melewati Mysterius Road. Pasti jika anda belum pernah ke sini akan bertanya-tanya apa itu Mysterius Road. Di Tempat Mysterius Road anda akan menjumpai ruas jalan yang terlihat menanjak namun jika kendaraan dihentikan pada posisi netral kendaraan ini akan berjalan naik. Atau lebih gampang untuk pembuktiannya silahkan anda taruh botol air mineral sengan posisi tertidur dan taruh butol air mineral tersebut di posisi jalan paling rendah di lokasi Mysterious Road tersebut. Maka secara perlahan botol air mineral akan menggelundung naik.

Lokasi Wisata Gunung Kelud

Akhirnya setelah melewati jalan yang berliku dan menanjak kami sampai juga di tempat parkir Wisata Gunung Kelud. Di sini kami disambut dengan warung-warung makan yang berjejer rapi. Menu yang di sediakan mulai dari nasi pecel, nasi goreng, mie, soto, bakso, lontong kikil dan berbagai camilan dll. Dari area parkir kami berjalan kaki menuju ke arah anak Gunung Kelud. Untuk sampai ke lokasi anak Gunung Kelud anda akan melewati terowongan yang panjangnya sekitar 150 m. Di dalam terowongan sudah di pasang lampu agar para wisatawan bisa dengan leluasa berjalan kaki.

Setelah melewati terowongan dan berjalan sekitar 10 menit akhirnya kami sampai di anak gunung kelud. Sungguh pemandangan yang luar biasa indah dan sangat eksotis.

Sumber Air Panas Gunung Kelud

Setelah anda puas menikmati pemandangan kubah lava Gunung Kelud sempatkanlah juga untuk merasakan sumber air panas yang terletak dibawah Gunung Kelud. Lokasinya sendiri berada di sebelah kanan sebelum anda memasuki terowongan menuju Gunung Kelud. Yang perlu anda siapkan disini adalah fisik yang harus prima karena untuk menuju sumber air panas Gunung Kelud anda harus menuruni tanggga yang lumayan menguras tenaga. 

Tapi tenang saja begitu anda sampai di sumber air panas Gunung Kelud, semua rasa lelah anda akan terbayar karena anda dapat merasakan hangatnya air yang bersumber dari kawah Gunung Kelud tersebut.

Erupsi Gunung Kelud

Wisata gunung kelud sementara ditutup karena erupsi. Kita belum tahu kejutan apa lagi yang akan ditawarkan oleh Gunung Kelud ini setelah erupsi, semoga akan semakin indah dan semakin banyak menarik wisatawan. Setelah erupsi ada penemuan Patung Mahesa Suro sang penunggu Gunung Kelud. Anda harus berkunjung kesana untuk melihatnya sendiri. 


Penulis: Verdise Perdana
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://koswisata.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment