Cara Mencegah Dan Mengatasi Mabuk Perjalanan



Cara Mencegah Dan Mengatasi Mabuk Perjalanan
The image is Pixabay property

Apakah teman­-teman juga mabuk darat saat perjalanan menggunakan mobil atau kendaraan lainnya??? Saya juga juga seorang pemabuk maksudnya mabuk darat. Sangat tidak menyenangkan rasanya dan tidak bisa menikmati perjalanan. Karena masalah tersebut, badan jadi lemas dan tidak ingin lagi rasanya naik mobil karena takut mabuk darat. Tapi sekarang Alhamdullillah sudah agak bisa mengatasi masalah mabuk darat tersebut. Baiklah teman-­teman akan saya bagikan sedikit tips dari saya cara mengatasi mabuk darat.

Gejala mabuk perjalanan darat

  • Keringat dingin
  • Kepala jadi pusing
  • Tubuh menjadi lemas
  • Timbul rasa mual
  • Leher terasa tegang
  • Mulai galau
  • Susah tidur

Cara mencegah dan mengatasi mabuk darat saat perjalanan

Makan
Sebelum memulai perjalanan disarankan untuk makan terlebih dahulu agar tidak mudah masuk angin tapi ingat makan jangan juga terlalu kenyang karena bisa memicu mual saat dalam perjalanan karena terlalu kenyang.

Minum Obat
Langkah ke dua yaitu minum obat anti mabuk 30 menit sebelum perjalanan, agar kita bisa mudah tertidur saat dalam perjalanan karena dengan tertidur bisa membantu mengatasi mabuk dalam perjalanan.

Cari posisi
Posisi juga sangat mempengaruhi, cari posisi tempat duduk yang nyaman menurut anda, Tapi saya saran kan untuk memilih posisi yang di tengah dan di sebelah jendela. Posisi di tengah sangat bagus dari pada di depan apalagi di kursi paling belakang karena di tengah tidak terlalu terasa jika mobil sedang menikung atau berbelok sehingga rasa mual pun akan minim untuk timbul.

Pejamkan mata
Pandangan juga akan membuat kita mudah merasa pusing dan mual, entah itu lihat jalan di depan, di samping parah lagi kalau liat belakang. Jadi saran saya jangan terlalu melihat jalan, hal lain yang bisa dilakukan yaitu main Hp atau baca buku. Pejamkan saja mata anda agar gejala mabuk tidak muncul, lebih bagus lagi jika anda tidur selama perjalanan.

Udara
Udara juga sangat mempengaruhi dan yang paling cepat menimbulkan rasa mual. Udara di dalam sudah menyegat, di tambah AC mobil hidup, dan ada orang merokok didalam mobil. Semua hal itu akan cepat membuat anda mabuk. Saran saya buka sedikit kaca jendela mobil agar udara di dalam bisa netral tapi jangan di buka habis terlalu kena angin pun tidak bagus karena cepat membuat masuk angin. kalau bisa dimatikan saja AC mobilnya.

Tanamkan Prinsip
Tanamkan prinsip orang lain bisa tidak mabuk, kenapa kita tidak bisa. Orang lain aja tidak mabuk berarti kita juga bisa untuk tidak mabuk perjalanan. Kita juga sama manusia dan juga sama makan nasi berarti bisa sama juga untuk tidak mabuk.

Kesimpulannya sebelum melakukan perjalanan darat yang jauh usahakan untuk makan tapi jangan telalu kenyang, minum obat anti mabuk 30 menit sebelum perjalanan, pejamkan saja mata kalau tidak ada sesuatu yang penting atau tidur pada saat perjalanan dan udara didalam mobil usahakan netral saja tidak ada bau yang menyengat agar tidak muncul gejala mabuk. Dari pengalaman saya, cara ini berhasil, malu juga rasa nya mabuk selama perjalanan.

Mungkin itu saja sedikit tips dari saya tentang cara mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan darat, akhir kata saya ucapkan terimakasih.


Penulis: Sabilal Fahri
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://sabilalfahri.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment