Cara Merawat Dress dan Kemeja Flanel Kesayangan



Cara Merawat Dress dan Kemeja Flanel Kesayangan
The image is Pixabay property

Setiap orang, tidak memandang pria atau wanita, orang dewasa atau yang masih remaja, pasti mempunyai baju kesayangan yang dirawat dengan teliti. Bahkan banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi untuk mendapatkan baju kesayangan tersebut. Karena biasanya, harga yang harus dikeluarkan tentu berbanding lurus dengan mutu atau kulitas dari barang yang bersangkutan.

Untuk wanita, salah satu baju kesayangan yang biasanya dimiliki adalah dress. Jadi jangan heran jika wanita sering sekali berbelanja dress, baik itu di mall atau juga secara online. Apalagi koleksi baru dress juga turut mendukung kegemaran wanita untuk dapat berbelanja dan mengenakan dress dengan aneka model. Walaupun ajaibnya, meski sudah punya dress satu lemari penuh, tetapi tetap saja membeli dress baru.

Ketika jumlah dress sudah terlalu banyak, dan pastinya akan terus bertambah, maka anda harus mulai memperhatikan perawatan dan juga penyimpanan yang baik. Tujuannya agar dress yang tidak cepat rusak dan bisa dipakai lagi di lain waktu. Untuk itu, anda bisa mencoba beberapa tips merawat dress berikut ini:

#1 Memiliki Lemari Khusus untuk Dress

Lemari khusus untuk menyimpan pakaian biasa dikenal dengan sebutan wardrobe. Lemari ini biasanya berukuran besar dengan sekat-sekat yang banyak untuk mengklasifikasikan jenis-jenis baju di dalamnya. Tak ada salahnya memiliki lemari ini bila budget Anda memungkinkan. Sehingga dress kesayangan bisa disimpan secara rapi di tempat khusus tanpa terganggu oleh jenis baju lainnya.

#2 Menyimpan Dress dengan Cara Digantung

Cara menyimpan dress yang baik adalah dengan menggantungnya. Karena dress yang disimpan dengan keadaan terlipat dalam waktu lama bisa menimbulkan bekas berupa garis-garis yang sulit hilang. Jadi, siapkan kapasitas lemari yang besar untuk meletakkan dress dengan gantungan baju di dalamnya.

#3 Jika Ada Dress yang Sudah Lama Tidak Digunakan

Dress yang sudah lama tidak digunakan harus dikeluarkan sejenak dari lemari. Kemudian, angin-anginkan dress tersebut di tempat sejuk agar tekstur dress tidak rusak karena kelembapan udara di dalam lemari. Hal ini harus dilakukan secara teratur agar setiap dress kesayangan tidak rusak karena terlalu lama disimpan di lemari.

#4 Agar Dress Tidak Dirusak Oleh Ngengat dan Binatang Kecil Lainnya

Binatang kecil berupa ngengat dan kutu yang berkembang biak di lemari berpotensi merusak dress.Untuk menghalau binatang tersebut, gunakan produk kamper khusus untuk lemari pakaian. Jangan menggunakan kamper dengan aroma yang menyengat karena hal tersebut bisa meninggalkan aroma tak sedap pada dress kesayangan.

Selain dikhususkan untuk dress, tentu saja keempat tips merawat pakaian tersebut juga bisa dipraktikkan pada jenis busana lainnya. Jika dirawat dengan cermat, busana kesayangan tentu akan tahan lama dan tampak seperti baru ketika digunakan. 

Selanjutnya saya akan share cara merawat kemeja flanel. Tau tentang kemeja flanel?Saya sendiri kurang paham pengertian dari kemeja flanel itu sendiri. Namun dari sejarahanya, kemeja flanel (flannel shirt) adalah kemeja yang dibuat sekitar abad ke-17 dengan bahan wol yang dikasarkan pada tahap finishing. 

Awalnya, kemeja flanel ini digunakan di daerah dingin. Namun seiring perkembangan jaman pula, kemeja flanel mulai dibuat dari campuran serat kapas, serta sutera ataupuns serat sintetis. Untuk yang awam seperti saya, kemeja flanel sangat identik dengan motifnya yang kotak-kotak. Padahal, ada pula kemeja flanel yang motifnya polos.

Seperti pakaian lainnya, kemeja flanel membutuhkan sedikit tips perawatan khusus agar dapat awet dan terjaga. Perawatan yang kurang tepat, dapat membuat kemeja flanel anda menjadi kusam, atau bahkan berbulu-bulu. Maka dari itu, ada cara merawat kemeja flanel untuk mencegah rusaknya kemeja flanel kesayangan anda.

Cara Mencuci Kemeja Flanel
  • Rendam kemeja flanel dengan menggunakan air dingin (cold water), dan jangan terlalu lama
  • Seperti pakaian lainnya, rendam dan cuci kemeja flanel anda dengan pakaian lain yang warnanya sejenis
  • Jika mungkin, cuci dengan menggunakan tangan saja. Namun jika menggunakan mesin, maka set mesin cuci anda ke putaran yang lambat (soft)
  • Gunakan deterjen yang sifatnya lembut, dan jangan pernah menggunakan deterjen yang mengandung pemutih (bleach)
  • Jika dibutuhkan, maka anda dapat menggunakan pelembut pakaian

Cara Menjemur atau Mengeringkan Kemeja Flanel
  • Kemeja flanel dapat dijemur langsung dibawah sinar matahari, namun untuk berjaga-jaga, jangan lupa balik kemeja flanel anda. Jadi, bagian dalam yang berada di luar.
  • Jika anda menggunakan mesin pengering, gunakan settingan low heat
  • Menyetrika dan Menyimpan Kemeja Flanel
  • Menyetrika kemeja flanel yang sudah kering dapat anda lakukan dengan cara seperti menjemur, yaitu dengan membalik bagian dalam berada di luar. Setrika bagian dalam anda dengan mengikuti alur dari kain kemeja.
  • Jika sudah disetrika, anda dapat menyimpan kemeja flanel pada lemari pakaian dengan cara dilipat atau digantung.

Itulah beberapa cara merawat kemeja flanel agar kemeja kesayangan anda dapat awet serta warna tetap cerah dan tidak pudar. Selain tips diatas, tak ada salahnya memperhatikan care instruction yang biasa terdapat pada label pakaian. Hal ini dikarenakan beberapa jenis bahan membutuhkan perhatian khusus dalam perawatannya.

Semoga bermanfaat.


Penulis: IKurniawan
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.ikurniawan.com


No comments:

Post a Comment