Cara Mengatasi Jerawat Batu



Cara Mengatasi Jerawat Batu
The image is Pixabay property

Jerawat merupakan masalah kulit yang hampir terjadi pada semua orang. Besar kecil atupun tua dan muda semua pasti pernah berurusan sama masalah dengan jerawat batu. Jerawat itu sendiri merupakan peradangan yang terjadi karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran. Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang cukup menganggu karena jerawat ini yang biasanya berukuran besar sehingga membuat wajah tidak sedap untuk di pandang.

Penyebab Jerawat Batu

1. Kurang Menjaga Kebersihan (Higienis)

Kurangnya memperhatikan aspek kebersihan bisa jadi penyebab munculnya jerawat. Mungkin pada awalnya hanya muncul jerawat kecil-kecil namun jika dibiarkan bisa semakin banyak dan membesar. Apalagi jika kita sering memencetnya menggunakan kuku atau alat lain yang tidak higienis maka akan menyebabkan jerawat batu dan bisa berakibat fatal.

2. Faktor Keturunan (Gen)

Faktor keturunan juga dapat menjadi penyebab jerawat batu ini. Jika orang tua anda memiliki kelenjar minyak yang berlebih atau bisa disebut kelenjar minya over aktif, maka bisa jadi itu juga diturukan ke anda.

3. Kulit Wajah yang Sensitif Pada Radang

Ada jenis-jenis kulit tertentu yang lebih peka terhadap peradangan. Sehingga dapat menjadi sangat fatal sekali meskipun terkena sedikit peradangan. Salah satu contohnya pada kulit wajah yang sedang menderita jerawat ketika terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit, jika kulit tersebut sensitif terhadap peradangan maka dapat mengakibatkan jerawat batu.

4. Tidak Normalnya Pertumbuhan Sel Kulit

Sel kulit yang normal ketika terjadi sel-sel kulit mati maka dengan cepat kulit akan beregenerasi kembali. Akan tetapi jika pada kulit dengan pertumbuhan yang tak normal, sel-sel kulit mati akan lebih lambat beregenerasi sehingga akan menumpuk dan terjadilah peradangan yang mengakibatkan munculnya jerawat batu.

Cara Cepat Mengatasi Jerawat Batu

Jerawat batu atau yang memiliki nama latin Cystic Acne adalah salah satu jenis jerawat yang memiliki ukuran besar, memiliki ukuran besar karena terjadi peradangan yang sangat hebat disekitar jerawat sehingga membuat ukuran jerawat tersebut tampak lebih besar dari jerawat pada umumnya. Selain itu jerawat ini merupakan jenis jerawat yang menyakitkan dan dapat tumbuh dimana saja. Jika anda menderita jerawat seperti ciri-ciri diatas maka bisa dipastikan anda sedang terkena jerawat batu, nah sebelum kita membahas cara cepat mengatasi jerawat batu ada baiknya kita tahu penyebab-penyebab jerawat batu, yaitu:

Telur

Makanan yang kaya akan protein ini juga dapat anda manfaatkan sebagai pengobatan jerawat batu. Caranya, pisahkan putih telur dengan kuningnya. Lalu ambil putihnya dan campurkan dengan madu. Dan oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat. Kemudian biarkan kurang lebih 5 menit lalu cuci dengan air bersih.

Baking Soda

Pencegahan serta penyembuhan jerawat dari baking soda, sudah banyak dipratekkan dan ternyata menghasilkan penyembuhan sempurna. Dan caranya, ambil setengah sendok teh baking soda dan air lalu campur hingga seperti pasta yang tebal. Lalu oleskan ramuan ini pada bagian wajah yang terkena jerawat. Dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Tomat

Buah yang berwarna merah ini, mempunyai kandungan kalsium, zat besi, belerang, vitamin A, C, dan B1 sangat baik untuk digunakan mengatasi jerawat batu. Caranya, potong tomat menjadi beberapa bagian. Lalu gosokkan pada wajah yang terkena jerawat batu. Lakukanlah cara ini dengan rutin sampai jerawat batunya hilang.

Daun Pepaya

Selain buahnya segar dan manis, pepaya juga dapat kita manfaatkan daunnya sebagai cara cepat mengatasi jerawat batu. Caranya, ambil 2 lembar daun pepaya yang sudah tua lalu jemur hingga kering. Kemudian jika sudah kering maka haluskan dan tambahkan 1 sendok makan air hangat dan aduk hingga merata. Dan trakhir oleskan pada wajah terkena jerawat dan biarkan selama 30 menit, bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka lakukanlah 3 kali seminggu.

Kentang

Minyak yang sumbat pada pori-pori bisa di atasi dengan kentang, karena kentang memiliki kandungan alkali di dalamnya. Pertama anda iris kentang yang mentah, lalu gosoklah pada bagian wajah anda yang terkena jerawat. Dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

Pencegahan agar Jerawat Batu tidak Timbul kembali
  1. Hindari makanan yang berkolesterol tinggi, berlemak, mengandung alkohol, cabe atau yang pedas-pedas, gorengan.
  2. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.
  3. Selalu menjaga kebersihan wajah dengan melakukan cuci muka yang rutin dan juga menjelang tidur.
  4. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan kosmetik.
  5. Perbanyak minum air putih serta cobalah untuk meminum teh herbal dipagi hari.
  6. Memakai masker dari buah-buahan alami yang memiliki khasiat cara mencegah jerawat dan buah-buah lain seperti wortel, tomat, jeruk nipis, bengkoang dan lain-lain.


Demikian cara cepat mengatasi jerawat batu yang mungkin bisa anda coba, akan tetapi keran jerawat batu ini merupakan salah satu jenis jerawat yang cukup membandel maka solusinya adalah dengan konsultasi langsung ke dokter. Sehingga bisa mendapatlan penaganan terbaik demi kesembuhan jerawat batu anda.


Penulis: Cara Mengatasi Jerawat
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.caramengatasijerawat.org


No comments:

Post a Comment