Cara Mengusir Kolesterol Jahat Dalam Pembuluh Darah



Cara Mengusir Kolesterol Jahat Dalam Pembuluh Darah
The image is Pixabay property 

Gaya hidup memang harus diperhatikan, mulai dari hal yang kecil sampai dengan hal yang besar. Saat gaya hidup sudah tidak seimbang misalnya pola makan yang tidak sehat kemudian jarang sekali melakukan olahraga, stres dan beberapa aktifitas dan kegiatan rutin yang dilakukan di depan monitor sambil duduk.

Hampir semua pegawai kantoran pasti menghabiskan waktunya untuk melakukan pekerjaan didepan komputer, hal ini bisa kurang baik dalam gaya hidup kita dan bisa memicu penumpukan kolesterol jahat di lapisan dalam pembuluh darah karena gaya hidup tidak seimbang.

Menurut dr. Martha Ardiaria Msi. Med. sebagai Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, beliau mengatakan bahwa gaya hidup yang tidak sehat yaitu tidak menjaga pola makan, kurang olahraga dan stres. Saya sendiri sangat jarang sekali memperhatikan pola makan apa lagi olahraga ditambah stres.

Cara Mengusir Kolesterol Jahat Dalam Pembuluh Darah

Evaluasi terhadap diri sendiri akhirnya saya lakukan untuk perubahaan agar hidup sehat, dibawah ini saya akan bagikan beberapa tips agar serangan kolesterol jahat bisa dicegah dan segera ditangani  dan tentunya pola hidup sehat. Tips dibawah ini saya praktekan dari yang disampaikan oleh dr. Martha Ardiaria Msi. Med. 

1. Atur pola makan sehat dan seimbang

Untuk mengatur pola makan yang sehat dan seimbang caranya yaitu dengan rutin konsumsi sayuran dan buah buah segar yang banyak mengandung serat, selain itu juga perbanyak konsumsi kacang kedelai dan hasil olahannya misalnya seperti tempe, serta sereal sebagai sumber serat.

Kemudian, membatasi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis ,atau pemanis buatan, membatasi makanan yang mengandung kolesterol tinggi misalnya seperti goreng-gorengan (bakwan,tempe goreng,tahu goreng), produk makanan olahan, dan lain-lain. Saya dulunya sering makan gorengan tapi sekarang sudah jarang. Sekarang saya memperbanyak makan buah dan sayur, perbanyak makan kacang-kacangan, perbanyak makan ikan ber-omega 3, perbanyak makan telur dan lain lain.

2. Berhenti merokok

Buat anda yang suka merokok, cobalah perhatikan kesehatan anda. Berhenti merokok merupakan salah satu cara mencegah kolesterol dan tentunya memulai gaya hidup yang sehat.

3. Lakukan olahraga yang teratur 

Untuk melakukan olahraga sebenarnya tidak perlu olahraga yang berat, misalnya anda cukup jalan kaki secara konstan (tanpa henti) selama 30 menit atau 20 menit yang bisa dilakukan  3-4 kali dalam seminggu.

4. Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi

Bagi anda yang sudah memiliki kolesterol tinggi maka sebaiknya hindari makanan makanan seperti kuning telur, hati ayam, hati sapi, jeroan, otak sapi, daging, cokelat, mentega, margarine, udang, cumi atau sotong, kepiting, keju, minyak kelapa, minyak sawit, dan lain-lain.

Untuk Bahan makanan yang dianjurkan dikonsumsi di antaranya seperti brokoli, pepaya, pisang, jeruk, wortel, labu siam, belimbing manis, belimbing wuluh, apel, anggur, nanas, tomat, jamur putih kering, jamur kuping hitam, jamur hioko, rumput laut, minyak ikan, ikan segar, tempe, tahu, kembang tahu, dan lain-lain.

5. Jika perlu minum Suplemen  1x per hari yang mengandung Krill Oil

Untuk suplemen saya menggunakan produk yang mengandung Krill Oil  yang sudah saya konsumsi 3 mingguan. Suplemen ini kapsul yang bisa di konsumsi tiap hari dan suplemen ini tidak membuat kita ketagihan atau kecanduan, jika memang ingin berhenti meminum maka bisa langsung berhenti tanpa efek apapun  :

Suplemen diatas mengandung sumber omega-3 alami yang berasal dari laut Antartika yang bagus untuk di konsumsi setiap harinya. Suplemen ini dapat membantu melancarkan peredaran darah kita kemudian bisa juga mengurangi sumbatan yang ada dalam pembuluh darah.

Sebagai tambahan, dibawah ini saya kutip pedoman kadar kolesterol dari buku Yang berjudul Ramuan Herbal Penurun Kolesterol yang ditulis oleh Prof. H. M Hembing Wijayakusuma 

Kolesterol
– Sehat/normal : kadar kolesterol < 200 mg/dl
– Mengkhawatir/ batas tinggi : kadar kolesterol 200-239 mg/dl
– Buruk/tinggi : kadar kolesterol ≥ 240 mg/dl

Kolestterol LDL (kolesterol jahat)
– Optimal : < 100 mg/dl
– Diatas optimal : 100-129 mg/dl
– Mengkhawatirkan /batas tinggi : 130-159 mg/dl
– Buruk/tinggi : 160-189 mg/dl
– Sangat buruk/sangat tinggi : ≥ 190 mg/dl

Kolesterol HDL (kolesterol baik)
– Buruk/rendah : < 40 mg/dl
– Mengkhawatirkan : 41- 59 mg/dl
– Diharapkan/ tinggi : ≥ 60 mg/dl

Untuk mendapatkan suplemen ini cukup mudah karena merupakan salah satu produk yang Anda bisa dapatkan diapotik terdekat. Cukup mudah bukan untuk perubahan pola hidup sehat diatas. Semoga bermanfaat.


Penulis: Sutopo Sasuke
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.sutopo.com


No comments:

Post a Comment