Cuma Butuh Waktu 5 Menit Perpanjang STNK Motor



Cuma Butuh Waktu 5 Menit Perpanjang STNK Motor
The image is Pixabay property

Setiap tahun bagi yang memiliki kendaraan bermotor wajib memperpanjang Surat Tanda Nomor kendaraan atau STNK di samsat terdekat. Untuk membayar pajak tahunan kendaraan motor bisa melalui samsat online, samsat keliling dan bisa lewat drive thru.


Jika terburu-buru, perpanjang STNK lewat Drive Thru bisa menjadi pilihan karena waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 5 menit selepas antrian dan pembayaran pajak untuk mendapatkan STNK dengan masa berlaku yang baru.

Pengertian Samsat Drive Thru adalah layanan Pengesahan STNK, Pembayaran PKB dan SWDKLLJ yang tempat pelaksanaannya di luar Gedung Kantor Bersama SAMSAT dan memungkinkan Wajib Pajak melakukan transaksi tanpa harus turun dari kendaraan bermotor yang dikendarainya.

Cepat mudah dan praktis menjadi motto pelayanan STNK motor Drive Thru, harus diketahui bahwa layanan ini tidak berlaku untuk bayar pajak kendaraan 5 tahunan yang mengharuskan cek fisik terlebih dahulu, yang berbeda dengan perpanjang tahunan.

Syarat perpanjang STNK motor lewat Drive Thru

Anda bisa mendatangi area parkir samsat dengan membawa persyaratan:
  • KTP asli dan foto copy
  • STNK asli dan foto copy
  • BPKB asli
  • Kendaraan roda dua yang akan diperpanjang pajaknya

Persyaratan diatas hampir sama untuk setiap samsat yang melayani fasilitas drive thru karena ada juga yang membolehkan hanya dengan membawa STNK asli dan KTP asli, BPKB tanpa harus di foto copy .

Mekanisme perpanjang STNK roda dua Drive Thru:
  1. Silahkan masuk kedalam area drive thru
  2. Antri sebelum loket drive thru dibuka dengan mempersiapkan semua persyaratan.
  3. Setelah memasukan berkas, petugas akan memeriksa apakah semua syarat drive thru sudah benar, proses pengarsipan, entry data komputer, dilanjutkan ke bagian korekter dari pihak Polri dan Dispenda, jika sudah pemohon tinggal bayar dikasir.
  4. Setelah bayar pajak yang sudah ditetapkan semua proses selesai dengan diakhiri mendapat bukti bahwa si pemilik motor telah membayar kewajiban pajak tahunan.


Mudah bukan perpanjang STNK motor lewat Drive Thru yang prosesnya seperti pelayanan restoran cepat saji, jadi tidak ada alasan lagi untuk malas memperpanjang STNK karena alasan antri dan lama dan satu lagi hindari jasa calo.

Selanjutnya saya akan share cara cek pajak kendaraan tahunan Via SMS dengan mudah. Bagi anda yang ingin membayar pajak tahunan motor/mobil namun lupa berapa jumlah yang harus dibayar untuk memperpanjang STNK tersebut, sekarang tidak perlu kwatir karena ada layanan cek pajak  kendaraan tahunan via sms.

Untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan tahunan pihak kepolisan beserta Dispenda menghadirkan berbagai layanan seperti SAMSAT online, keliling, drive thru. Bahkan untuk mengecek biaya pajak kendaraan bermotor bisa melalui pesan singkat.

Cek pajak kendaraan via SMS hanya untuk mengetahui jumlah biaya perpanjangan  STNK tahunan dan tidak bisa untuk mengetahui biaya bayar pajak STNK 5 tahunan. Layanan ini menurut sangat membantu untuk mempersiapkan uang ketika pergi ke Samsat.

Selain tidak bisa mengetahui jumlah uang untuk bayar pajak kendaraan 5 tahunan, cara cek pajak kendaraan via sms tidak berlaku bagi pajak mati karena harus diurus langsung ke kantor Samsat. Lalu bagaimana  cara mengecek pajak kendaraan lewat SMS Silahkan simak caranya dibawah ini.

Cara cek pajak kendaraan  Via SMS

Caranya cukup mudah anda tinggal ikuti petunjuk SMS, misalnya cek pajak kendaraan wilayah Jawa Barat. Untuk itu silahkan ketik info <spasi>d/1234/abc<spasi>hitam kemudian kirim sms tersebut ke nomor 08112119211. Contoh F/4728/BP hitam kirim ke 08112119211, selengkapnya baca situs dispenda.jabarprov.go.id

Cuma Butuh Waktu 5 Menit Perpanjang STNK Motor
The image is http://emiscara.com property

Tidak kurang dari 1 menit sms balasan yang berisikan nomor kendaraan, merk/type, tahun pembuatan, jumlah pajak tahunan yang harus dibayar serta masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Namun jika anda mencoba mengetik nomor kendaraan yang akan membayar pajak kendaraan 5 tahunan, maka akan mendapat balasan “STNK 5 tahun masa berlaku habis, pembayaran harus dilakukan di Samsat induk”.

Cuma Butuh Waktu 5 Menit Perpanjang STNK Motor
The image is http://emiscara.com property

Berikut ini merupakan format untuk SMS dari dispenda.jabarprov.go.id: 

Petunjuk SMS : info <spasi>d/1234/abc<spasi>hitam
Keterangan : 
  • d = Kode Plat Kendaraan (B/D/E/F/T/Z) Wilayah Provinsi Jawa Barat
  • 1234 = Nomor Polisi
  • abc = Kode Seri Plat Kendaraan
  • hitam = Warna Plat Kendaraan (HITAM/KUNING/MERAH)

Itulah informasi singkat tentang cara cek pajak kendaraan tahunan via sms yang mudah sekali. Selain melalui sms, dibeberapa provinsi untuk cek pajak kendaraan bisa juga dilakukan secara online seperti di DKI Jakarta, Riau, Jatim,  Jawa Tengah. Semoga bermanfaat dan selalu bayarlah pajak kendaraan anda tepat waktu.


Penulis: Emiscara
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://emiscara.com


No comments:

Post a Comment