Goa Gong, Goa terindah di Asia Tenggara



Goa Gong, Goa terindah di Asia tenggara
The image is Pixabay property

Pacitan, kota kelahiran Presiden ke-6 Indonesia (Susilo Bambang Yudhoyono) ini memiliki alam yang begitu indah, yang telah diakui dunia sebagai goa terindah di asia tenggara. Letaknya yang berada dikawasan pegunungan membuat tempat ini berhawa dingin sejuk. Pada umumnya diwilayah pegunungan akan terdapat sebuah goa, begitupun dengan kota pacitan juga memiliki goa yang indah, tapi Pacitan memiliki Goa yang unik yaitu Goa Gong.


Namanya cukup aneh bukan tapi itulah nama sebuah Goa indah yang berada di kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur atau lebih tepatnya berada didesa Bomo, dikecamatan punung. Keunikan Goa gong ini apabila anda memukulnya akan terdengar bunyi mirip suara alat musik tradisional yaitu gong. Bunyi Gong dari Goa inilah yang sekiranya menjadi daya tarik bagi para pelancong dari segala penjuru mata angin untuk datang mengunjungi tempat ini untuk berwisata.

Nama Goa Gong ini sendiri merupakan sebutan dari warga sekitar dan para wisatawan untuk menamai sebuah Goa yang didalamnya terdapat stalakpit dan stalakmit yang berasal dari tetesan air yang bereaksi dengan kapur yang apabila dipukul akan menimbulkan bunyi seperti bunyi gong. 

Goa gong memiliki panjang kedalaman sejauh sekitar 300m. Asal mula ditemukannya Goa ini adalah dahulunya ditemukan oleh warga sekitar saat sedang mencari sumber air. Mungkin orang yang tak sengaja menemukan Goa Gong ini tak akan pernah mengira akan menemukan Goa indah bak surga tersembunyi di saat sedang mencari sumber air.

Keunikan lain dari Goa Gong adalah adanya beberapa warga yang menyanyi sambil memainkan alat musik dengan memanfaatkan stalakpit dan stalakmit di Goa Gong ini sebagai penghasil suara Gong, namun anda tak perlu takut jika tindakan ini akan merusak keindahan Goa Gong, karena orang orang tersebut telah terlatih dan berpengalaman sehingga dapat memperkirakan kerasnya pukulan ke stalakpit dan stalakmit agar tidak terjadi kerusakan.

Dan sekarang Goa Gong jauh lebih indah dari pada saat pertama kali ditemukan dikarenakan dalam Goa Gong telah dipasang lampu berwarna warni sehingga menambah keindahan Stalakpit dan stalakmit yang terdapat didalamnya, lampu-lampu ini sekaligus mengusir kesan gelap yang biasanya terdapat di goa-goa lain meskipun tak begitu terang namun cukup untuk menerangi jalan anda saat berjalan menyusuri Goa sepanjang 300 meter ini.

Jika anda sedang ingin berwisata atau sedang berada di sekitar kabupaten Pacitan maka sebaiknya mengunjungi Goa yang indah nan unik ini. Adapun biaya yang harus anda keluarkan sebagai Biaya masuk ke Goa Gong ini hanyalah Rp 3.000 saja.

Letak Goa Gong ini memiliki jarak 140 km sebelah selatan kota solo atau juga berjarak sebelah barat daya sejauh 30 km dari pacitan. Rute wisata ini melalui beberapa desa di kecamatan Donorojo dan Punung, yaitu Desa sendang di Kecamatan Donorojo juga Desa kalak Desa Bomo, Desa Piton.

Perbaikan pada jalan yang digunakan sebagai jalur menuju obyek wisata di Goa Gong dan Pantai Klayar akhirnya sudah selesai tergarap. Tentu dengan selesainya pelebaran jalan ini akan membuat akses jalan menuju ke kedua obyek wisata tersebut semakin mudah. Selain itu juga terdapat perbaikkan pada jalan setapak yang dijadikan jalur perjalanan menuju Goa Gong di Pacitan sehingga para pengunjung tidak akan mengalami kesulitan didalam perjalanan yang akan melewati perbukitan.

Itulah keindahan Goa Gong yang dapat saya tuliskan, anda tidak akan bisa membayangkan keindahannya jika tidak melihatnya sendiri. Semoga bermanfaat.


Penulis: Destinasipada
Lihat artikel menarik lainnya dalam https://destinasipada.blogspot.co.id/


No comments:

Post a Comment