Jenis Password Yang Mudah 'Dibobol'



Jenis Password Yang Mudah 'Dibobol'
The image is Pixabay property

Password merupakan salah satu hal yang harus kita lindungi dan menjaga kerahasiaannya. Menggunakan password memang gampang-gampang susah. Sebab jika kita keliru memilih kata kunci, maka akibatnya bisa fatal karena akun anda mudah dibajak oleh penjahat cyber. 


Idealnya, password seharusnya tidak mudah ditebak oleh orang lain. Namun banyak orang yang seringkali memilih membuat password yang mudah diingat, seperti nama, tanggal lahir, nomor telepon, atau kata-kata lain yang mudah ditebak.

Password yang paling populer dipakai orang adalah "123456", "123456789", bahkan kata "password". Password ini tidak aman karena sangat mudah ditebak. Lalu bagaimana seharusnya password itu dibuat?
  • Minimal terdiri dari 6-8 karakter
  • Terdiri dari gabungan huruf, angka, dan simbol  

Berikut adalah beberapa hal yang jadi kesalahan dalam membuat password:

1. Password 'default'

Ada beberapa akun yang secara 'default' memiliki username dan password yang sama. Biasanya username 'admin' dengan password 'admin,' atau username 'admin' dengan password 'password.' Sayangnya, seseorang yang terlalu malas mengganti dan membiarkannya seperti itu, adalah peluang besar para hacker untuk membobol akun mereka.

2. Password yang sudah jelas

Meski password ini sangat mudah untuk diketik, tipe password seperti ini sangat mudah untuk ditebak pula. Biasanya urutan angka seperti '123456' atau urutan huruf di keyboard seperti 'qwertyuiop' adalah pilihan mudah untuk membuat password yang mudah diingat.

Namun jangan lakukan ini, karena password tak seharusnya diketik dengan mudah. Jika Anda adalah seorang pelupa, catat password setiap membuat yang baru.

3. Password pendek dan singkat

Salah satu aspek penting dalam membuat password yang tidak terbobol adalah membuatnya panjang. Makin panjang, terlebih dengan variasi huruf, angka, dan simbol, makin sulit terbobol.

Jadi logikanya, tak ada password yang lebih buruk dari password yang pendek. Jika password Anda saat ini masih 4 karakter, ubahlah jadi karakter yang sebanyak-banyaknya. Gunakan kreativitas Anda sesekali untuk mengelabui hacker agar tak bisa membobol akun Anda.

4. Tanpa angka dan simbol

Password yang panjang memang lebih baik daripada password yang pendek namun mengandung angka dan simbol. Namun untuk menambah faktor keamanan, buatlah password Anda panjang dan diwarnai angka dan simbol.

Mungkin 'aywiresufzklthfrs' adalah password yang bagus. Namun password 'ayw4r2s8f8kl43f2s' jauh lebih bagus. Namun akan lebih bagus lagi jika Anda menggunakan password seperti 'a!w4_2s8#8kl43f2%.'

5. Tanpa huruf ke angka

Jika Anda ingin menggunakan password yang mengandung angka, jangan terapkan cara sederhana dengan mengganti huruf dengan angka. Contohnya seperti 'office' jadi '0ff1c3.' Hal ini memang sedikit lebih kuat dari aslinya, namun ada kalanya password seperti ini juga mudah dibobol.

Hal ini dikarenakan para hacker sudah faham dengan perilaku ini. Sehingga jika mereka ingin membobol akun Anda, cara ini akan coba mereka lakukan. Misalnya jika nama Anda Daniel, tentu password D4n13L sangat mudah tertebak.

6. Berpola

Tak akan ada yang menyangkal bahwa menulis password dengan menggunakan pola adalah hal yang paling umum dilakukan. Baik untuk password email, kunci layar smartphone, maupun 6 digit PIN ATM. Hal ini memang sangat menggoda karena kemudahan, dan kuatnya password yang dihasilkan.

Namun jangan gunakan pola yang terlalu mudah. Gunakan pola yang memang rumit. Anda akan termudahkan meski angka atau hurufnya tak perlu Anda ingat. Pola unik yang Anda buat tentu tak harus mempertimbangkan indahnya kombinasi angka, namun 'memori otot' lah yang bertugas mengingatnya.

7. Dibuat dari informasi personal

Jangan sekalipun gunakan informasi personal untuk sebuah password. Terlebih lagi nama dan tanggal lahir Anda. Password yang terbaik justru tak berkaitan sama sekali dengan Anda.

Selain itu, jangan gunakan hobi Anda juga. Misal nama pemain bola kesukaan Anda, atau nama aktris yang Anda sukai di sebuah film. Hal ini secara psikologis akan dianalisa oleh hacker dan jadi salah satu opsi untuk membobol akun Anda.


Penulis: Baca Tabloid
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.bacatabloid.com



No comments:

Post a Comment