Kawah Putih Ciwidey, Pesona Wisata Alam di Bandung



Kawah Putih Ciwidey, Pesona Wisata Alam di Bandung
The image is Wisataku.id property

Jika anda ingin mencari tujuan wisata yang unik dan indah di Bandung, maka anda bisa mampir ke Kawah Putih Ciwidey. Sebagai kawasan wisata yang paling terkenal di kota kembang, objek wisata alam ini tentu sudah banyak menarik kunjungan baik dari turis manca negara maupun lokal. Pesona keindahan yang ditawarkan memang tak bisa ditandingi dengan paket liburan ke tempat lain.


Warna putih yang menjadi ciri khas lokasi ini merupakan hasil dari pencampuran zat-zat belerang. Uniknya lagi, warna putih ini dapat berubah warna sesuai dengan keadaan suhu, cuaca, dan unsur belerang yang terkandung, menarik bukan? Sesuai dengan namanya, Kawah Putih Ciwidey berada di Ciwidey, tepatnya di km 25 dari Bandung. 

Jika anda menggunakan jasa kendaraan umum, misalnya bus, maka tempat pertama yang mesti anda tuju ialah terminal Leuwi Panjang, Bandung. Dari terminal tersebut, anda kemudian menuju ke terminal Ciwidey naik kendaraan mini bus L300 jurusan Bandung-Ciwidey. Setelah sampai di terminal kedua ini, anda perlu naik angkot lagi jurusan Ciwidey-Situ Patenggang yang memiliki ciri warna kuning mencolok.

Namun, jika anda belum merasa yakin, maka anda bisa bertanya kepada petugas terminal atau supir-supir yang sedang menunggu penumpang. Kalau sudah menemukan angkot tersebut, maka mintalah agar diturunkan di Gerbang Kawah Putih. Dari sini, anda tidak perlu repot mencari kendaraan umum lagi karena pengelola Kawah Putih telah menyediakan mobil angkutan.

Membahas sedikit mengenai sejarah ditemukannya Kawah Putih Ciwidey, pesona alam ini justru pertama kali ditemukan oleh warga negara asing berkebangsaan Jerman bernama dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Ia mulanya tertarik dengan keadaan di sana yang sangat sunyi. Bahkan, saking sunyinya, sampai tidak pernah terlihat adanya burung yang melintas di atas kawasan kawah ini.

Pada mulanya, ia sempat menanyakan hal ini kepada penduduk setempat. Namun, sebagai orang yang terpelajar, ia tidak percaya dengan kepercayaan masyarakat setempat yang berkata bahwa kawasan tersebut angker. Semakin penasaran, akhirnya ia pun memberanikan diri untuk naik ke puncak dan akhirnya menemukan keindahan alam yang terpendam ini.

Kawah Putih Ciwidey berada di ketinggian 2.400 mdpl. Dengan ketinggian lokasi seperti itu, maka anda harus mengenakan baju dan jaket tebal karena suhu udara disana pun terbilang sangat dingin dengan kisaran suhu 8-22 derajat Celcius. Walau demikian, bukan berarti anda akan terbebas dari sengatan matahari. 

Sebab itu, saran dari mereka yang sudah mengunjungi lokasi, gunakanlah sunblock agar kulit anda tidak terbakar. Perlu diperhatikan juga, bau belerang yang sangat menyengat hidung, juga dapat menyiksa hidung anda. Maka dari itu, gunakanlah masker untuk melindungi indera penciuman anda. Karena alasan ini juga, anda tidak boleh terlalu lama berada di lokasi kawah karena bisa mengakibatkan gangguan pernafasan.

Perlu anda ketahui juga, tempat wisata di Bandung satu ini juga kerap kali dijadikan sebagai salah satu destinasi untuk foto prewedding bagi beberapa pasangan. Panorama yang indah di Kawah Putih Ciwidey ini memang menarik bagi calon pengantin untuk melakukan foto prewed di sini.

Dari informasi yang penulis dapatkan, harga tiket masuk Kawah Putih Ciwidey dibanderol dengan harga yang sama baik di hari libur maupun hari biasa, yakni Rp. 15.000,00 per kepala. Sementara untuk tarif parkir kendaraan motor dan mobil ialah Rp. 5.000,00 dan Rp. 6.000,00, sementara untuk bus ditarif Rp. 25.000,00. Namun, jika anda tidak ingin berjalan jauh dari kendaraan, maka anda bisa memarkir kendaraan di atas dekat kawah dengan tarif Rp. 35.000,00 untuk motor dan dan Rp. 150,000,00 untuk mobil. Harga yang cukup murah pastinya, bagi anda yang ingin menikmati keagungan Tuhan dan mengabadikannya lewat kebersamaan dan jepretan foto.


Penulis:  Setyo Adi 
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.wisataku.id


No comments:

Post a Comment