Lebih Mudah Traveling Dengan Paspor Online



Lebih Mudah Traveling Dengan Paspor Online
The image is Pixabay property

Bagi anda yang suka bepergian keluar negeri entah untuk menyelesaikan urusan bisnis atau hanya jalan-jalan saja, pasti mengenal buku berwarna hijau yang satu ini. Buku tersebut merupakan buku paspor. Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegang nya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Jika anda ingin bepergian ke negara lain maka anda akan memerlukan buku ini. Jika anda tidak memiliki buku ini maka anda tidak dapat melakukan bepergian ke luar negeri. Di jaman yang sudah canggih saat ini, pembuatan sebuah paspor dipermudah dengan adanya pembuatan paspor dengan cara online.

Tidak seperti jaman dulu yang kita harus datang untuk melakukan pengisian data diri secara manual, sekarang dapat digantikan dengan cara pembuatan paspor secara online. Kita dipermudah dan dapat mempersingkat waktu dalam pembuatan sebuah paspor. Persyaratan dalam pembuatan sebuah paspor, anda dapat membacanya di alamat link berikut ini


Untuk pembuatan paspor secara online anda hanya perlu melakukan scaning dokumen-dokumen yang diperlukan. Berikut dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mendaftar dan membuat sebuah paspor secara online
  • Copy KTP
  • Copy kartu keluarga
  • Salah satu copy dari akte lahir/ ijazah/ surat nikah.

Jika semua dokumen yang diperlukan sudah kita scaning maka kita selanjutnya dapat melakukan akses ke alamat berikut ini untuk melakukan pendaftaran paspor secara online:


Setelah kita mengklik link di atas maka tahap selanjutnya anda dapat mengklik "Pra permohonan personal" seperti pada gambar berikut ini.

The image is Nbcdns.com property

Nah jika anda sudah mengklik "Pra Permohonan Personal" maka tahap selanjutnya anda tinggal melakukan pengisian data data yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran paspor secara online ini pada form yang sudah di sediakan.

Isilah data-data yang diperlukan sesuai dengan data-data yang terdapat pada data diri anda. Anda tidak mau kan liburan anda berakhir bencana hanya karena di paspor anda terdapat data diri yang salah mengenai diri anda.

Jika hal ini terjadi bisa jadi anda yang akan mengalami kerepotan jika anda harus juga untuk melakukan perubahan data diri anda.

The image is Nbcdns.com property

Pada halaman ini anda diminta juga untuk melakukan pengisian kantor imigrasi untuk pembuatan paspor. Isilah kantor imigrasi yang dengan dengan wilayah anda tinggal. Jadi anda dapat dengan mudah untuk datang dalam pembuatan paspor secara online .

The image is Nbcdns.com property

Isilah form-form yang sudah disediakan pada alamat website tersebut sesuai dengan data diri anda. Jika sudah maka anda akan mendapatkan email balasan yang berisikan sejumlah data dan biaya administrasi yang mesti anda bayarkan ke bank BNI.

Printlah dokumen yang disertakan pada email tersebut dan serahkan ke teller yang ada pada bank BNI beserta sejumlah uang sesuai yang tertera pada dokumen yang kamu print tadi ke teller bank BNI terdekat dengan tempat tinggal anda.

Jika anda sudah membayarkan sejumlah uang ke bank BNI maka anda akan mendapatkan struk. Pada struk tersebut ada nomor yang harus anda verifikasi ulang pada email yang terima terima.

Datang Ke kantor imigrasi terdekat

Nah tahap selanjutnya kita tinggal datang ke kantor imigrasi untuk melakukan proses foto dan juga wawancara, kita datang harus sesuai dengan tanggal yang sudah kita tetapkan jangan sampai kelewatan.

Jika lewat dari tanggal yang sudah ditetapkan kita harus melakukan proses dari awal lagi. Dan uang yang sudah kita bayarkan akan hangus dan tidak dapat dikembalikan.

Untuk jam kedatangan disesuaikan dengan jam kedatangan yang memang sudah anda masukkan pada saat pendaftaran secara online. Namun saya sarankan anda untuk datang 1 atau 2 jam lebih cepat.

Pada saat kedatangan ke kantor imigrasi jangan lupa untuk membawa bukti dokumen yang asli ya seperti copy KTP, copy kartu keluarga, dan salah satu copy dari akte lahir/ ijazah/ surat nikah.

Jangan lupa juga untuk memkai baju kemeja berkerah dan juga mempergunakan sepatu pada saat melakukan photo untuk paspor. Jangan sampai anda diminta untuk pulang dan mengganti baju dengan baju yang rapi. Untuk kemeja gunakan kemeja selain kemeja putih atau berwarna.

Setelah proses wawancara dan foto

Setelah proses wawancara dan juga foto, kita akan diminta untuk datang lagi 3 hari kemudian. Bawahlah dokumen yang diminta untuk melakukan pengambilan paspor.

Jika semua proses telah selesai maka anda telah memiliki paspor yang dapat dipergunakan untuk melakukan perjalanan keluar negeri.

Cara perpanjang paspor secara online

Cara ini dapat juga kita pergunakan untuk melakukan perpanjangan paspor. Dengan cara ini juga dapat mempermudah kita jika paspor yang kita miliki sudah habis masa berlakunya dan cara buatnya sama dengan cara membuat paspor yang baru.

Itulah cara membuat paspor online agar pembuatan paspor lebih mudah dan dapat menghemat waktu. Semoga bermanfaat.


Penulis: Nbcdns
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.nbcdns.com


No comments:

Post a Comment