Wisata Eksotik Di Sumatera Utara



Wisata Eksotik Di Sumatera Utara
The image is idtoba.com property

HORAS!!! Memang benar Sumatera Utara terkenal dengan Tempat wisata bernama Danau Toba. Tapi tahukah anda, bahwasannya di Sumatera utara ini sangat banyak daerah wisata yang tidak kalah menarik dibanding Danau Toba. Ada beberapa destinasi wisata yang wajib kamu nikmati ketika kamu sudah singgah di Sumatera Utara. Kali ini kita membahas keistimewaaan Salju Panas Dolok Tinggi Raja.

Salju panas Dolok Tinggi Raja

Sekilas, tempat ini hampir sama dengan Pamukkale yang berada di Turki, tapi ternyata adalah obyek wisata bernama Salju Panas Dolok Tinggi Raja, Simalungun. Lokasinya berada di desa Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara.

Obyek wisata ini merupakan kawasan bukit kapur, yang hampir menyerupai danau yang terbungkus tanah yang gunik, yaitu tanah putih yang bentuknya hampir mirip dengan butiran salju. Di tengah-tengah tempat Salju Panas Dolok Tinggi Raja, terhampar danau air panas yang berwarna hijau kebiru-biruan. Memang tempat wisata ini masih belum terekspos dengan sempurna, karena obyek wisata ini berada di daerah tengah-tengah hutan kawasan yang tidak terjangkau dengan baik, apalagi akomodasi untuk menuju ke daerah ini sangat susah dan tidak begitu mulus. 

Salju Panas Dolok Tinggi Raja ini mengandung sumber air panas yang mencapai suhu 90 derajat celcius, hingga para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini bisa sekalian merebus telur sampai matang. Aliran panas yang muncul diantara bebatuan kapur menjadikan bebatuan tempat wista ini menjadi putih bersih seperti salju, makanya sebagian orang menyebutnya dengan obyek wisata ini adalah salju panas.

Ada pula aliran air terjun dan aliran sungai yang sejuk yang berasal dari bukit diatasnya. Hingga setelah wisatawan menikmati kemewahan tempat air panas diatasnya lalu langsung berendam di bawahnya. Konon kabarnya Air panas ini mengandung zat zat yang baik untuk kesehatan kulit. 

Kecamatan Silau Kahean, Desa Dolok Tinggi Raja. Jarak tempuh hingga di ujung pelosok Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Terdapat 3 rute yang bisa anda lalui agar sampai menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja ini, yaitu:
  1. Medan-Lubuk Pakam-Galang-Bangun Purba-Dolok Tinggi Raja
  2. Masihul-Nagori Dolok-Dolok Tinggi Raja
  3. Medan-Lubuk Pakam-Galang-Dolok Raja Tinggi

Setiap jalur tadi memiliki jarak tempuh yang sama dilalui dengan 3 hingga 4 jam dari kota medan, atau jarak tempuh sama antara 80 hingga 90 km.

Penakaran Buaya Asam Kumbang

Anda ingin sesekali mengunjungi obyek wista yang berbeda dan cukup menegangkan yang ada di Sumatera Utara, maka anda wajib berkunjung ke Penakaran Buaya Asam Kumbang. Tempat rekreasi yang menampung lebih dari 2.500 ekor buaya ini, sudah dibuka sejak tahun 1959 (57 tahun silam).

Pendiri taman ini adalah Lo Tham Muk, kondisi tempatnya masih cukup sederhana namun sangat banyak para pengunjung dan petualang wisata di berbagai penjuru datang ke tempat ini apalagi di hari libur.

Selain harga tiketnya murah, letak lokasi mudah terjangkau dan transportasi gampang melewati tempat ini (tidak sulit). Jam kunjung mulai pukul 09.00 – 18.00. Dan memberi makan ke arah buayanya mulai jam 5 sore. Tentu Inilah saat-saat menyenangkan untuk para pengunjung yang dinantikan. Harga tiket masuk tidak sampai Rp 10.000 (ketika tulisan ini dibuat harganya cuma Rp 6000/orang). Di tempat ini juga terpajang aksesoris bernuansa atau bermotif buaya. Di sekitar dinding tergerai pula beberapa photo/kliping liputan beberapa media yang membahas penakaran buaya ini. Oh ya di tempat penakaran buaya ini, ada pula predator yang menjadi favorit para pengunjung yang menjadi pusat obyek bernama “buaya buntung” alias seekor buaya yang tidak berekor.

Apabila anda ingin menyaksikan sang predator ini menggeliat, maka anda bisa membeli seekor ayam atau itik yang dijual disekitarnya dengan harga Rp 35.000. Tentu saja aksi anda memberi makan buaya ini selalu dipantau oleh tim pengawas. Saya yakin anda penasaran dan ingin melihat langsung bagaimana sih seorang kakek ( lo Tham Muk) dan pegawainya merawat buaya hingga ribuan ekor disana, bukan?!!.

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Sibolangit memiliki suasana penyegar pikiran tersendiri yang tidak kalah menarik dibanding tempat wisata lain yang tersedia di Sumatera Utara. Air Terjun Telaga Dwi Warna merupakan pemandangan air terjun yang menyuguhkan 2 warna berbeda pada airnya. Satu air terjunnya berwarna biru tapi bersuhu sejuk, satu lagi air terjun hangat berwarna putih. Memang sesuai dengan namanya, air terjun setinggi 100 meter ini menciptakan warna putih keabuan dan biru muda yang berasal dari belerang dan kandungan fospor yang terstimulus oleh air terjun tersebut. 

Tempat ini sangat cocok untuk para traveller dan petualang wisata yang hobi ke pelosok-pelosok curam. Karena untuk menempuh ke telaga ini membutuhkan perjalanan 3 jam menggunakan kaki melewati hutan, bukit dan jalan curam. Maka itu kendaraan tidak terjangkau untuk datang ke daerah ini (kecuali helikopter). Ada baiknya jika anda seorang pemula, anda menyewa Tour Guide/ranger atau pemandu wisata agar langkah anda tidak berantakan alias tersesat total.


Penulis: Formula zbrain
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.idtoba.com

No comments:

Post a Comment