Bangkit Dari Kegagalan Bisnis



The image is Pixabay property

Apakah anda seorang pebisnis? Bisnis saat ini merupakan pekerjaan yang dilakukan tidak hanya jangka pendek namun juga jangka panjang. Hal ini terlihat dari pola perjalanan bisnis yang tidak hanya menjual produknya hari ini dan mendapatkan untuk seketika, namun bisnis lebih kepada hubungan yang kontinyu.


Hal inilah yang menyebabkan kenapa dalam berbisnis kita akan mengenal banyak hal seperti merintis bisnis, bertahan dan kemampuan memberikan nilai kepada yang melanjutkan. Dipastikan persaingan bisnis akan semakin bertambah hari demi hari, hal ini tidak tertuju pada para pebisnis offline saja namun juga online.

Banyak yang mengira jika berbisnis online merupakan bisnis tanpa modal yang tidak akan ada saingan sehingga tidak mungkin akan gagal. Namun semua itu tidak semudah apa yang dibanyangkan. Justru saingan akan selalu ada selama kita masih menjadi seorang pebisnis. Meski mungkin, anda bisa memulainya tanpa modal, namun bukan berarti bisnis ini mudah untuk dilakukan. Anda akan membutuhkan trik marketing khusus untuk bisa mengembangkan bisnis, apalagi sekarang persaingan bisnis makin ketat.

Sebab itulah, tidak menutup kemungkinan suatu saat anda akan mendapati bisnis yang anda jalankan gagal karena beberapa hal. Disaat inilah anda harus senantiasa siap dalam menghadapinya juga, dan mempersiapkan trik marketing baru untuk mulai bangkit lagi. Hindari sikap meratap, karena semuanya tidak akan membuahkan hasil apa-apa.

Apa yang sebaiknya kita lakukan ketika sebuah bisnis yang kita jalani mengalami kegagalan? Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

#1. Jujur Pada Diri Sendiri
Hal pertama yang harus anda lakukan ketika bisnis yang dijalankan gagal adalah mulai jujur pada diri sendiri. Introspeksilah apa kesalahan anda, karena kegagalan bisa saja disebabkan oleh kesalahan anda sendiri. Catatlah kesalahan-kesalahan yang menyebabkan bisnis gagal dan berupayalah untuk mencari solusi, jangan mengulangi lagi ke depannya.

#2. Bekerja Keras
Apapun masalah anda yang penting tetap semangat serta tidak mudah menyerah, bahkan anda harus bekerja keras dua bahkan tiga kali lipat. Bisnis online gagal bukan berarti anda harus menyerah begitu saja, tetapi dengan kegagalan inilah yang seharusnya menguatkan. Waktu yang anda alami ketika gagal kemungkinan berada pada fase start anda berbisnis. Jadi bekerja keraslah untuk sampai pada fase stabil kembali.

#3. Memaafkan dan Memperbaiki Diri
Selain jujur pada diri sendiri dan bekerja keras, jangan lupa untuk bisa memaafkan dan memperbaiki diri anda sendiri. Mungkin banyak dari anda yang mengalami bisnis gagal dan menyalahkan diri sendiri atas kegagalan tersebut. Meskipun anda terus menyalahkan diri, kesuksesan tak akan kembali tanpa adanya usaha. Oleh karena itu mulailah memaafkan dan memperbaiki diri untuk kedepannya. Anda tidak punya banyak waktu untuk terus meratap. Bisnis gagal mungkin merupakan batu loncatan agar anda dapat lebih dewasa dan belajar dari kesalahan agar tidak terulang kembali.

#4. Mencoba Bisnis Baru
Bisnis gagal bisa disebabkan karena bisnis anda kurang efisien dalam menghitung keuntungan yang anda peroleh. Jika itu penyebabnya, anda harus mencoba memulai bisnis yang lain dan mempertimbangkan keuntungan dan biaya produksi secara efisien.

Bisnis yang gagal bukanlah sebuah permasalah yang harus disesali berhari-hari karena dengan menyesal bisnis anda tidak akan kembali lagi. Bangkitlah dari bisnis gagal tersebut dan mulai bisnis yang baru yang memiliki prospek yang bagus ke depannya. Semoga bermanfaat.


Penulis: Mgs Rama Dony
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.infamous.web.id


No comments:

Post a Comment