Gambar Pemandangan Pantai Fatkauyon di Kepulauan Sula



Gambar Pemandangan Pantai Fatkauyon di Kepulauan Sula
The image is Pixabay property

Pantai Fatkauyon, pantai indah di desa Fatkauyon, kabupaten Kepulauan Sula ini mulai dikenal dan dikunjungi banyak orang, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Pantai indah dahulunya belum begitu terkenal disebabkan akses jalan yang belum memadai. Namun saat sekarang ini, dengan akses jalan yang telah memadai tak heran pantai Fatkauyon menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat ramai dikunjungi oleh banyak orang baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.


Saking mulai tersohornya keindahan pantai indah ini sehingga mengundang keinginan para wisatawan asing untuk berkunjung kesana. Selain pantainya yang indah, titik-titik diving atau menyelamnya juga sangat mempesona, dengan keindahan taman bawah laut yang masih orisinil dan subur sehingga memberikan para penyelam kesan yang sangat menawan. Memanjakan diri dengan keindahan bawah laut pantai Fatkauyon membuat semakin menarik dan mempesonanya pantai ini.

Untuk dapat sampai di pantai Fatkauyon pun terbilang cukup mudah, dengan akses jalan yang telah memadai, kita dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan beroda empat atau kendaraan beroda dua dari pusat kota Sanana menuju pantai Fatkauyon dengan waktu tempu kurang lebih 60 menit. Ayo berkunjung ke pantai Fatkauyon dan menjelajahi seuluruh keindahan alam Indonesia.

Masih berada di Kepulauan Sula, selanjutnya saya akan menyampaikan tentang sebuah pesona pulau di Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara yaitu Pulau Sambiki. Mohon maaf entah apa nama sebenarnya Pulau ini yang disahkan sebagai nama yang sah, namun yang saya ketahui semenjak kecil sampai sekarang nama pulau ini biasanya di sebut Pulau Sambiki oleh orang-orang sekitar pulau. 

Kenapa tentang nama ini sengaja dibahas..? karena nama Pulau Sambiki juga sama dengan nama sebuah pulau di Desa Sambiki tepatnya di Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara juga. Namun Pulau Sambiki yang saya share saat ini adalah pulau Sambiki yang berada di Kabupaten Kepulauan Sula. Sekali lagi saya sampaikan bahwa nama Sambiki ini adalah nama yang biasanya disebut orang-orang sekitar, namun nama pulau yang sebenarnya atau berdasarkan legitimasi belum saya ketahui.

Pulau Sambiki di Kabupaten Kepulauan Sula adalah sebuah pulau yang terletak pada koordinat  01°56'31.32" Lintang Utara (LU) dan 125°47'3.88" Bujur Timur (BT) dengan Desa Baruakol berada pada Barat Laut (BL) dan Desa Paslal berada pada Timur Laut (TL).

Pulau Sambiki dahulunya difungsikan oleh masyarakat sebagai tempat persinggahan untuk memakan bahan perbekalan yang dibawa oleh para nelayan dan orang-orang yang melakukan perjalanan laut menggunakan perahu motor atau sebutan masyarakat setempat Perahu Bodi yaitu dari desa-desa yang berada di Pulau Mangole menuju ke desa-desa yang berada di Pulau Sulabesi atau yang lebih sering disebut masyarakat setempat dengan nama Pulau Sula, begitu juga sebaliknya dari Pulau Sulabesi ke Pulau Mangoli.

Tapi pada saat ini orang-orang sudah mulai melakukan rekreasi atau perjalan ke Pulau Sambiki dalam rangka menikmati keindahan pulau yang selama ini belum terekspos dengan baik, sehingga bentuk tulisan ini juga sebagai salah satu usaha mempublikasikan ke mata dunia tentang Pesona Pulau Sambiki ini. Perjalanan menuju ke Pulau Sambiki cukup singkat hanya sekitar 1-2 Jam dengan menggunakan perahu motor atau Speed Boat.

Pesona dari Pulau Sambiki yang menonjol terlihat ketika mendekati Pulau ini adalah pasir putih yang indah. Selain itu keadaan laut di sekitar pulau Sambiki juga tidak kalah menariknya karena memilik terumbu karang yang masih sangat-sangat orisinil dan ditambah lagi, bagi orang-orang yang hobi melakukan Diving, tempat ini sangat cocok sebab garis pantai dan batas kedalaman laut cukup dekat sehingga keindahan laut dapat langsung terlihat jelas. Ketika kita berada dipantai sambil menikmati keindahan pulau-pulau, akan terlihat perahu motor yang melewati pulau dan juga para nelayan yang sibuk melakukan aktifitas memancing di sekitar Pulau Sambiki.


Penulis: Atobasahona
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.atobasahona.com


No comments:

Post a Comment