Cara Memutihkan Kulit Yang Terbakar



Cara Memutihkan Kulit Yang Terbakar
The image is Pixabay property

Bagi kita yang memiliki hobi berenang di kolam renang outdoor atau yang banyak melakukan aktifitas di luar ruangan, tentu akan cukup sering mengalami masalah kulit yang terbakar. Paparan sinar matahari yang sangat panas memang akan membuat kulit kita lebih mudah terbakar. Hal ini jelas akan berpengaruh besar pada kesehatan dan kecantikan kulit kita. Lantas, adakah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kulit yang terbakar ini?


Pakar kesehatan kulit menyebutkan jika hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan fokus pada proses pendinginan dan perawatan pada kulit. Meskipun terlihat sepele, cobalah untuk memenuhi asupan air putih dengan cukup setiap hari yang memang akan berpengaruh besar pada keseahtan kulit. Selain itu, kompreslah bagian kulit yang terasa terbakar dengan air dingin selama 10 hingga 15 menit setiap harinya.

Setelah kulit menjadi lebih dingin, cobalah untuk mengaplikasikan pelembab pada area kulit yang telah terbakar oleh sinar matahari. Kulit yang terbakar oleh paparan sinar matahari biasanya akan terasa sakit dengan sensasi perih yang bertahan cukup lama. Dengan adanya pelembab, rasa nyeri ini biasanya akan segera menurun dengan signifkan. Pelembab alami layaknya yang terbuat dari bahan lidah buaya juga sangat direkomendasikan untuk diaplikasikan pada kulit yang terbakar.

Kulit yang terbakar oleh sinar matahari ternyata sedang mengalami iritasi yang cukup parah sehingga cukup sensitif dengan adanya bahan kimia. Hal ini berarti, ada baiknya kita menghindari pemakaian sabun terlebih dahulu jika kondisi kulit masih terasa nyeri karena terbakar. Jika mampu, pilihlan sabun dengan bahan kimia yang lebih lembut atau terbuat dari bahan alami. Selain itu, cobalah untuk tidak menggosok kulit dengan keras pada bagian kulit yang terbakar ini. Setelah tidak terasa perih maka oleskan lotion pelembab yang mengandung pemutih secara teratur.

Selanjutnya saya akan membahas mengenai gejala kanker kulit yang sering diabaikan. Sudah menjadi rahasia umum jika kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di dunia. Selain karena sangat mematikan, kanker juga bisa membuat penderitanya sangat tersiksa karena ada banyaknya kerusakan pada tubuhnya. Karena alasan inilah banyak orang yang berusaha sebisa mungkin mencegah munculnya penyakit ini atau setidaknya mendeteksi penyakit ini sejak dini. Beruntung pakar kesehatan menyebutkan jika ada kemungkinan tanda-tanda pada kulit ini bisa menjadi tanda adanya penyakit kanker yang mengerikan ini.

Gejala kanker pertama yang bisa muncul pada kulit adalah adanya perubahan yang terjadi pada kuku. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika warna kuku bisa menjadi indikasi adanya penyakit kanker, khususnya jika ada perubahan ukuran tanpa sebab pada kuku yang mungkin saja mengindikasikan penyakit kanker paru-paru. Selain itu, jika kulit kita terkena bercak kehitaman atau kecoklatan, maka kita pun beresiko terkena kanker kulit. Jika kulit tubuh cenderung lebih putih namun disertai dengan kuku yang pucat, bisa jadi kita justru terkena kanker hati.

Kulit yang tiba-tiba muncul benjolan juga bisa menjadi tanda adanya kanker mengingat ada kemungkinan adanya kerusakan pada sistem limpatik yang memicu munculnya benjolan ini. Selain itu, kulit juga sangat beresiko terkena pendarahan atau lebam-lebam tanpa diketahui sebelumnya. Pakar kesehatan menyebutkan jika kondisi ini bisa jadi adalah tanda adanya leukimia yang disebabkan oleh produksi sel darah merah dan darah putih yang mengalami gangguan. Selain itu, ada juga kemungkinan wajah mengalami pembengkakan saat tidur. Hal ini ternyata adalah tanda adanya resiko terkena kanker paru-paru.

Pertanda pada kulit lainnya yang merupakan gejala kanker kulit adalah adanya perubahan layaknya pembengkakan dan rasa sakit pada payudara. Selain itu, bisa jadi sariawan akan mengalami luka yang arah akibat besarnya luka hingga berdarah-darah.

Sekian artikel mengenai kulit. Semoga bermanfaat.


Lihat artikel menarik lainnya dalam http://doktersehat.com


No comments:

Post a Comment