Cara Cepat Menghilangkan Batuk



Cara Cepat Menghilangkan Batuk
The image is Pixabay property

Batuk bukanlah suatu penyakit, batuk merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh manusia. Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk membersihkan faktor-faktor penyakit di saluran pernapasan.


Batuk terjadi karena adanya rangsangan dari suatu benda yang masuk ke saluran pernapasan. Kemudian rangsangan tersebut akan diteruskan ke otak melalui syaraf, lalu otak akan memberi sinyal ke otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang terdapat di saluran pernapasan.

Penyebab batuk

Penyebab utama terjadinya batuk adalah infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Namun, selain infeksi, ada beberapa penyebab batuk lainnya, diantaranya:
  • Alergi
  • Asma atau Tuberculosis
  • Bronkitis kronis
  • Benda asing yang masuk ke saluran pernapasan
  • Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)
  • Tersedak akibat minum susu
  • Akibat menghirup asap rokok
  • Masalah emosi dan psikologi

Jenis-jenis batuk

1. Batuk kering
Batuk kering adalah batuk yang tidak disertai dengan lendir atau dahak. Ada beberapa efek yang dirasakan akibat batuk kering, seperti terasa ada yang mengganjal di tenggorokan, gatal atau sensasi menggelitik di tenggorokan sehingga merangsang batuk untuk menyingkirkannya.

2. Batuk berdahak
Batuk berdahak terjadi karena paru-paru mengalami infeksi, sehingga menghasilkan dahak lebih banyak dari kadar normalnya dan mengakibatkan adanya dahak pada tenggorokan yang keluar saat batuk.

Cara mencegah batuk
  1. Minum air putih yang cukup
  2. Gunakan masker ketika akan bepergian
  3. Hindari minum minuman yang dingin
  4. Usahakan tidak memakan makanan yang manis dan mengandung minyak seperti gorengan
  5. Hindari asap rokok
  6. Untuk mencegah penularan virus batuk atau flu ada baiknya anda melakukan hal-hal berikut:

  • Cuci tangan minimal selama 20 detik
  • Selalu bersihkan barang-barang yang anda gunakan
  • Jangan menutup hidung atau mulut dengan tangan yang tidak bersih.

Cara mengobati batuk

Untuk mengobati batuk kering, anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami berikut:

1. Jeruk nipis + madu
Siapkan 1 buah jeruk nipis, kemudian peras dan ambil airnya. Tambahkan 2 sendok madu dan aduk hingga merata, minumlah setiap pagi dan sore hari (2 kali sehari)

2. Daun kemangi
Untuk mengobati batuk kering bisa juga menggunakan daun kemangi, caranya adalah siapkan dua gelas air putih, kemudian rebus 2-3 helai daun kemangi. Tunggu air rebusan hingga dingin, setelah dingin minum ramuan tersebut untuk mengobati batuk kering.

3. Kunyit
Kunyit memiliki fungsi sebagai antibiotik yang berguna untuk menyembuhkan peradangan pada saluran pernapasan. Untuk mengobati batuk kering menggunakan kunyit, anda hanya perlu mencampur satu sendok kunyit yang telah dihaluskan dengan satu sendok makan madu, kemudian seduh menggunakan air hangat. Minumlah ramuan campuran kunyit dan madu tersebut selagi hangat dan minum sebanyak dua kali sehari.

4. Garam
Anda juga bisa memanfaatkan garam untuk mengobati batuk kering, garam bisa membunuh bakteri yang penyebab iritasi pada tenggorokan. Caranya cukup dengan berkumur menggunakan air garam secara rutin.

5. Susu + Madu
Susu dan madu dapat membantu meringankan peradangan dan sakit tenggorokan. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mencampurkan satu sendok makan madu dengan segelas susu hangat dan minumlah satu kali sehari.

6. Bawang Merah
Selain untuk bumbu masakan, bawang merah bisa juga digunakan untuk obat batuk. Caranya, anda bisa membuat jus bawang merah yang dipadukan dengan madu untuk mengobati batuk anda.

Sedangkan untuk mengobati batuk berdahak, anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami berikut:

1. Daun Sirih
Untuk mengobati batuk menggunakan daun sirih, pertama anda harus menyiapkan 4-5 lembar daun sirih, kemudian tambahkan cengkeh, kapulaga, kayu manis, dan kemukus. Siapkan air sebanyak dua gelas untuk merebus bahan-bahan tersebut dan tunggu hingga air rebusan menjadi setengahnya. Minumlah air rebusan tersebut sebanyak tiga kali sehari.

2. Teh Jahe
Anda sudah pasti tahu jika jahe memang obat paling ampuh untuk menghangatkan badan. Untuk mengobati batuk dengan teh jahe ini, anda hanya cukup mencampur irisan jahe kedalam teh yang masih hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, disarankan anda meminumnya sebanyak dua kali sehari.

3. Air Putih Hangat
Ini adalah cara yang paling mudah dilakukan untuk mengobati batuk berdahak. Anda hanya perlu meminum atau berkumur dengan air putih hangat untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan.

Itulah beberapa cara menghilangkan batuk dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Dengan memanfaatkan bahan alami sebagai obat, kita akan terhindar dari bahan kimia yang biasanya terkandung dalam obat-obatan modern.

Semoga bermanfaat.


Penulis: Aep s
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://tertata.com


No comments:

Post a Comment