Cara Merawat Printer Agar Lebih Awet dan Tahan Lama



Cara Merawat Printer Agar Lebih Awet dan Tahan Lama
The image is Pixabay property

Printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen dari komputer. Di era digital yang semakin canggih, hampir semua bidang pekerjaan menggunakan alat bantu yang satu ini. Oleh karena itu melihat kebutuhan printer saat ini sangat tinggi, terlebih buat Anda yang aktifitas sehari-hari yang selalu menggunakan printer, maka yang harus dilakukan adalah menjaga dan merawat agar printer berumur panjang, tidak cepat rusak, berikut tips sederhana untun merawat printer :


1. Gunakan Tinta dan Toner Berkualitas Tinggi
Untuk menghindari kerusakan catridge, sebaiknya tinta dan toner yang digunakan harus sesuai dengan seri atau merk printer, jika tidak terbiasa isi ulang tinta, percayakan saja pada jasa pengisian ulang tinta.

2. Hindari Printer dari Debu
Benda sekecil apapun akan mengganggu fungsi dari printe, biasanya yang sering terjadi adalah terlalu banyak debu, kemasukan isi staples, atau ada juga sampai kemasukan pensil. Sebaiknya tutup terlebih dahulu setelah dipergunakan.

3. Gunakan Kertas Berkualitas Tinggi
Alih-alih untuk menghemat malah lebih boros, inilah yang sering terjadi, terkadang kita sering memaksakan kertas berkualitas rendah, apalagi kertas bekas yang sudah kusut dan lain-lain. Ini sangat mengganggu dan membahayakan kinerja printer untuk jangka panjang.

4. Meminimalisir Jumlah Pemakaian
Jangan terlalu banyak penggunaan printer, kebanyakan printer cepat rusak karena terlalu banyak dan melebihi kapasitas pemakaian setiap bulannya, cek di buku panduan berapa batas maximal pemakaian setiap bulannya.

5. Gunakan Printer Secara Teratur
Gunakan printer secara teratur setiap harinya agar tinta tidak mengering karena lama tidak dipakai, oleh karena itu gunakan printer meskipun hanya selembar atau dua lembar kertas.

6. Jauhkan Printer dari Sinar Matahari dan udara lembab
Kontak sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan panas yang berlebihan pada printer dan mempengaruhi integritas bahan komponen plastik, sedangkan kelembaban menyebabkan resiko tersendat atau macet kertas saat mencetak.

Selanjutnya saya akan memeberikan tips cara menggunakan mouse. Kebanyakan pengguna komputer tidak mengambil keuntungan penuh dari Mouse komputer. Berikut adalah tips mouse komputer dan rahasia yang membantu Anda mendapatkan potensi penuh dari mouse dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan pada mouse dan keyboard.

1. Tombol Shift dan klik mouse

Banyak editor teks dan program yang memungkinkan Anda untuk menyorot semua atau sebagian dari teks dengan menggunakan tombol Shift dan mouse. Sebagai contoh, klik pada awal paragraf dalam editor teks, tahan tombol Shift dan klik pada akhir paragraf untuk menyoroti paragraf penuh.

Bonus tip: Menekan tombol Alt sambil menyeret dan menyorot teks dalam editor teks memungkinkan Anda untuk selektif menyorot teks. Hal ini dapat berguna jika paragraf atau teks lainnya adalah dalam kolom.

2. Ambil keuntungan penuh dari roda gulir

Hari ini, semua orang akrab dengan kemampuan roda mouse untuk menggulir ke atas dan ke bawah pada halaman diantara klik kanan dan kiri. Namun, roda ini juga dapat melakukan jauh lebih banyak, di bawah ini hanya beberapa contoh.

Roda mouse tidak hanya roda, itu juga dapat digunakan sebagai tombol. Menekan ke bawah pada roda akan bertindak seperti tombol mouse ketiga. Hal ini dapat digunakan untuk membuka halaman web dalam tab dengan mengklik roda pada link apapun dan juga dapat digunakan untuk menutup tab dengan mengklik roda pada setiap tab yang terbuka.

Zoom in dan Out pada halaman web, dokumen word, excel spreadsheet, dll dengan menekan tombol Ctrl dan bergulir ke atas untuk memperbesar dan ke bawah untuk zoom out. Menekan tombol Shift sementara bergulir atas atau bawah di hampir semua browser Internet untuk kembali dan maju antara halaman web. Beberapa roda tikus dapat didorong kiri atau kanan juga bergerak kembali dan maju pada halaman web.

3. Pilih dengan dua dan tiga klik

Setiap kata dapat dipilih dengan mengklik dua kata. Jika Anda ingin menyorot seluruh paragraf atau kalimat, klik tombol mouse tiga kali padakata apapun.

Bonus tip: Jika Anda klik dua kali dan kemudian tarik mouse Anda akanmenyorot satu kata pada suatu waktu.

4. Gunakan klik kanan

Ambil keuntungan penuh dari kanan-klik setiap kali Anda menyorot teks atau ingin melihat sifat suatu objek. Misalnya, jika Anda memilih sebuah file atau teks, Anda dapat mengklik kanan item yang disorot menyalinnya dan kemudian klik kanan di tempat lain untuk menempelkannya.

Bonus tip: Jika Anda menyorot atau memilih file atau teks dan kemudian klik dan drag sambil tahan tombol yang tepat, ketika Anda melepaskan opsi untuk memindahkan atau menyalin file atau teks. Ini menghemat langkah ekstra harus klik kanan dimana Anda ingin menyisipkan item.

Bonus Tip: Sementara di browser menekan dan menahan tombol Ctrl sambil mengklik link apapun akan membuka menu dengan pilihan untuk link tersebut.

Semoga bermanfaat.


Penulis: Fiu S
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://choppie88.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment