Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami



Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami
The image is Pixabay property

Luka sering dialami seseorang pada saat aktivitas, mulai dari aktivitas ringan, sedang sampai dengan berat. Resiko terjadinya luka semakin meningkat seiring dengan beratnya aktivitas. Apakah sebenarnya luka itu? Luka merupakan suatu proses rusaknya kesatuan komponen jaringan sehingga jaringan tersebut menghilang atau rusak. Efek yang akan muncul akibat luka diantaranya yaitu perdarahan, hilangnya sebagian atau seluruh fungsi organ, kontaminasi bakteri sampai dengan kematian sel atau jaringan. 


Oleh karena itu jika terjadi luka, sebaiknya segera untuk diatasi dan diobati, semakin cepat dan tepat pengobatannya semakin baik prognosisnya, sebaliknya semakin lama dan tidak tepat pengobatannya maka prognosisnya juga semakin buruk. Namun, jika luka itu sudah sembuh dan meninggalkan bekas, terkadang membuat sebagian orang kurang percaya diri, bahkan sampai minder. Bagaimana cara menghilangkan bekas luka tersebut? Selain dengan cara konvensional, ternyata luka pada kulit ternyata ada pengobatan secara alami yang dapat membantu dalam proses menghilangkan bekas luka.

Berikut cara menghilangkan bekas luka secara alami dengan bahan-bahan alami yang mudah kita dapat, mulai dari Lidah Buaya sampai dengan Mentimun. Sebagai catatan bahwa, bahan tersebut dapat digunakan sendiri-sendiri maupun dilakukan secara kombinasi.

1. Lidah Buaya
Lidah buaya ternyata dapat membantu menghilangkan bekas luka. Caranya  yaitu mengoleskan lidah buaya yang telah dibelah pada bagian luka yang masih baru atau belum kering (misalnya luka akibat percikan minyak goreng panas atau goresan benda tajam). Cara tersebut digunakan untuk mencegah bekas luka secara permanen.

2. Teh Hijau
Selain banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dalam, teh hijau dapat juga digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Cara menggunakannya yaitu ambillah kapas, kemudian celupkan kapas tersebut ke dalam larutan teh hijau, selanjutnya oleskan kapas tersebut pada luka sambil lakukan pijatan-pijatan ringan.

3. Madu
Madu murni sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain menjaga kesehatan, madu juga dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan bekas luka yang telah kering. Caranya yaitu mengoleskan madu pada bekas luka, tipis-tipis saja, kemudian diamkan kurang lebih 12 jam, setelah itu bersihkan dengan air yang mengalir. Ulangi cara tersebut sampai luka tampak membaik.

4. Jus Lemon
Pada kondisi panas, jus lemon sangat enak untuk dinikmati. Khasiatnya pun juga banyak untuk kesehatan. Selain itu, jus lemon ternyata dapat membantu menghilangkan bekas luka. Caranya yaitu mengoleskan jus lemon pada area bekas luka, setelah 6 jam, bersihkan olesan tersebut, ulangi sampai bekas luka membaik. Lakukan cara tersebut kurang lebih 3 hari saja, jangan digunakan dalam jangka waktu lebih dari 2 Minggu karena efeknya kurang baik untuk kulit.

5. Mentimun
Mentimun dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Caranya yaitu buah mentimun dihancurkan sampai berbentuk seperti pasta, letakkan pasta mentimun pada area luka, diamkan kurang lebih 6 jam, ulangi sampai bekas luka menghilang. Disarankan untuk melakukan cara tersebut pada malam hari menjelang tidur.

Demikian cara menghilangkan bekas luka secara alami. Perlu diketahui bahwa cara alami sangat baik dalam menghilangkan luka, namun memang membutuhkan kesabaran dan kombinasi dengan cara konvensional untuk memperoleh hasil yang optimal. Oleh karena itu, tetap konsultasikan kepada Dokter yang merawat Anda apabila mengalami kendala atau untuk melakukan terapi penanganan bekas luka Anda.

Semoga bermanfaat.


Penulis: Revolusi Ilmiah
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.revolusiilmiah.com


No comments:

Post a Comment