Lari Yuk!!



Lari Yuk!!
The image is Pixabay property

Olahraga adalah cara untuk menjaga kebugaran tubuh kita, olahraga pun tidak harus mahal. Salah satu olahraga yang murah meriah adalah lari. Olahraga lari akhir-akhir ini sedang digemari masyarakat dan akhirnya saya juga terkena virus olahraga lari ini. Hal ini saya lakukan karena pada saat melakukan hobi yang lain yaitu bersepeda, saya selalu kehabisan nafas ketika menghadapi medan tanjakan, nafas terasa tersengal-sengal. Akhirnya setelah membaca artikel olahraga, saya menemukan artikel yang intinya untuk bisa mengimbangi olahraga sepeda maka lakukan olahraga lari, karena lari juga melatih pernapasan. 


Pada awal memulai lari, setelah berlari memang terasa pegal-pegal ini kaki, terutama di bagian paha. Rasanya seperti keram dan kaku otot-otot disekitar paha. Entah karena baru memulai olahraga lari ini atau memang ada teknik-teknik berlari yang salah yang saya tidak ketahui saat saya berlari. Karena baru melakukan lari saya hanya mematok porsi lari selama 30 menit, dengan pola lari-jalan-lari. Lumayan juga waktu 30 menit dengan pola 8-10 menit lari dan 2-4 menit untuk jalan ternyata membuat pakaian saya basah dengan keringat.

Bagi anda yang ingin memulai olahraga lari, olahraga ini sangat mudah sekali. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk olahraga ini, olahraga lari adalah olahraga yang murah meriah. Daripada tidak ada kegiatan di hari libur atau suka bermalas-malasan di hari libur lebih baik melakukan olahraga yang satu ini. Jika anda pemula seperti saya, mungkin pola latihannya bisa seperti yang saya jelaskan diatas. Anda juga bisa ajak teman, sahabat, keluarga, untuk menemani anda berlari sehingga tidak akan merasa kesepian.

Buat anda yang akan melakukan olahraga ini, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini sebelum melakukan olahraga yang menyenangkan ini:

1. Pemanasan

Olahraga apapun pasti diwajibkan buat melakukan pemanasan tak terkecuali lari. Walaupun olahraga ini adalah olahraga yang ringan dan mudah dilakukan, sebaiknya anda melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berlari. Pemanasan bisa dilakukan kurang lebih 10-15 menit. Pemanasan sebelum melakukan olahraga memiliki tujuan agar otot-otot kita tidak kaget saat melakukan aktivitas olahraga yang salah satunya adalah lari.

2. Pakaian

Gunakan pakaian yang nyaman untuk anda gunakan. Jangan menggunakan pakaian yang membatasi gerak saat berlari yang pastinya akan mengganggu. Carilah pakaian yang bahannya mudah untuk menyerap keringat.

3. Sepatu

Saat ini sepatu lari banyak sekali jenis dan modelnya di pasaran. Harganya pun bermacam-macam dari yang murah sampai yang mahal banyak tersedia di pasaran. Gunakan sepatu lari yang nyaman untuk kaki anda. Dengan menggunakan sepatu yang nyaman tentu akan membuat gerak langkah kaki saat berlari menjadi lebih bebas.

4. Teknik Berlari

Dari beberapa referensi yang saya baca, untuk orang-orang yang baru awal-awal melakukan olahraga lari sebaiknya jangan terlalu dipaksakan. Ikuti pola lari-jalan-lari. Misalnya melakukan lari 5 menit berjalan 3 menit dan seterusnya. Hal ini juga yang biasa saya lakukan. Kemudian yang harus diperhatikan juga adalah cara mengambil napas. Untuk mengambil dan membuang napas sebaiknya lakukan dengan cara 3 kali melangkah mengambil napas dilanjutkan 2 kali melangkah buang napas.

3. Kondisi Fisik

Pastikan kondisi fisik tubuh kita dalam keadaan yang baik dan prima sebelum melakukan olahraga ini. Dengan kondisi tubuh yang fit tentu olahraga lari akan bisa menjadi olahraga yang menyenangkan dan tentu saja menyehatkan untuk tubuh kita.

Itulah hal-hal yang anda bisa perhatikan sebelum melakukan olahraga lari. Sebenarnya hal-hal diatas adalah hal-hal standar namun mungkin anda masih mengabaikannya. Tentu dengan memperhatikan hal-hal diatas diharapkan olahraga lari yang kita lakukan benar-benar bisa terasa nyaman buat diri kita. Semoga bermanfaat. 


Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.jejeblog.net


No comments:

Post a Comment