Cara Meningkatkan Daya Ingat Dengan Cepat



Cara Meningkatkan Daya Ingat Dengan Cepat
The image is Pixabay property

Apakah saat ini Anda merasa sangat sulit untuk mengingat sesuatu? Atau Anda ingin mengucapkan sesuatu namun rasanya sulit bagi Anda untuk mengatakannya. Mungkin juga Anda sering merasa bahwa sesuatu telah berada dalam benak Anda, namun sangat sulit sekali terucap? Ketahuilah bahwa itu merupakan tanda bahwa kinerja kerja otak Anda mulai menurun, akhirnya Anda sulit untuk mengingat sesuatu. Saya kira inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mengasahnya kembali.


Beberapa hal mungkin bisa membantu meningkatkan daya ingat Anda, seperti mengisi teka teki silang, merakit puzzle, bermain brain game atau bahkan merangsang otak Anda dengan membaca buku. Tentu saja itu tidak cukup, perlu dilakukan latihan yang simultan sehingga otak Anda tetap berada pada keadaan yang optimal dan tidak terjadi penuaan pada sel-sel otak.

Maaggie Greenwood-Robinson, Ph.D dalam bukunya yang berjudul 20/20 Thinking: 1000 Strategies to Sharpen Your Mind, Brighten Your Mood and Boost Your Memory menulis beberapa cara untuk membuat otak semakin cerdas sehingga semakin memperkuat daya ingat Anda diantaranya.

1.Memberikan Rangsangan Pada Otak

Pacu daya ingat Anda saat otak memperoleh ransangan, karena sel-selnya mulai saling berhubungan, sehingga membentuk jaringan baru. Untuk melakukannya, cobalah membolak balik buku atau majalah yang sedang Anda pegang, kemudian baca isinya selama 3 menit, lalu ingat-ingat kembali apa saja yang baru Anda baca.

Selain baik untuk merangsang otak Anda, latihan ini dipercaya sangat baik untuk meningkatkan daya ingat terlebih pada Anda yang saat ini jarang sekali memberikan ransangan pada otak. Tidak mengherankan jika Sang Proklamator Indonesia Ir. Soekarno memiliki kemampuan komunikasi (Orator) dan kecerdasan yang telah diakui dunia, karena memang beliau seorang yang rajin membaca buku.

2.Melakukan Dansa atau Berolahraga

Berdansa ataupun berolahraga juga dapat meningkatkan aliran oksigen dan darah ke otak Anda. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga, cobalah untuk sekedar bergoyang, menari balet atau line dancing agar kembali memperkuat jaringan antar sel-sel otak Anda.

Jika hal ini dilakukan dengan serius, saya yakin kemampuan daya ingat Anda jadi ikut meningkat sebesar 10-20%. Hal ini juga yang membuat para dancer profesional jauh lebih baik dalam berkreasi serta menciptakan gerakan baru yang unik. Tak perlu khawatir, bahkan saat Anda berada di kantor sekalipun Anda tetap bisa melakukannya sembari meraih alat kerja Anda yang berada jauh dari meja Anda, mudah bukan?

3.Kembali Ke Sekolah

Beberapa penelitian menunjukan hasil yang mengejutkan, bahwa mereka yang memutuskan untuk kembali ke bangku sekolah atau memilih untuk kuliah memiliki sel-sel otak yang lebih aktif. Dengan aktifnya sel-sel otak, secara otomatis hal ini akan memperlambat proses penuaan sel otak Anda.

Beberapa orang memilih untuk kembali ke kampus bahkah disaat usia mereka terbilang sudah renta. Sebut saja Hermain Tjiknang yang berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Hukum saat usianya 91 tahun di Universitas Padjajaran, Bandung. Selain ketiga hal yang telah dimuat dalam buku 20/20 Thinking, hal yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan daya ingat selanjutnya yaitu:

4.Memiliki Hubungan Keluarga yang Baik

Setiap kali kita berpikir negatif, ada ratusan bahkan ribuan sel otak yang mati (terputus), akibatnya kinerja otak menurut drastis. Untuk itu, jika kita ingin memiliki hubungan keluarga yang harmonis, kita harus berpikir dan bertindak positif, serta menjauhkan dari kebencian.

5.Menjaga Kesehatan dan Konsumsi Nutrisi Seimbang

Rutin bersitirahat serta menjaga kesehatan secara teratur juga dapat membantu dalam meregenerasi sel-sel otak kita. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari jutaan sel, setiap saat sel tersebut bisa saja menua dan mati, untuk memulihkannya pada saat yang sama diambilah cadangan nutrisi makanan yang tersimpan dibawah kulit. Jika ingin daya ingat Anda ikut meningkat, perlihara juga kesehatan fisik Anda, karena didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang kuat. 

Itulah cara meningkatkan daya ingat yang bisa Anda lakukan secara teratur. Hasilnya yang diperoleh tentu tidak akan sama, karena sangat tergantung pada kondisi fisik dan mental masing-masing individu, namun yang pasti, cara ini dapat membantu siapapun termasuk Anda. Semoga bermanfaat.


Penulis: Daniel Nagata
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.danzierg.com


No comments:

Post a Comment