Fakta Unik Komodo



Fakta Unik Komodo
The image is Pixabay property

Komodo (Varanasus Komodoensis) merupakan speises kadal yang juga merupakan salah satu hewan endemik Indonesia. Komodo sendiri dikenal dunia dengan sebutan Komodo Dragon (Naga Komodo). Komodo memiliki habitat asli di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Komodo mempunyai keunikan tersendiri, berikut adalah 25 fakta unik tentang komodo dan pulau komodo yang mungkin belum anda ketahui:


1. Komodo merupakan Hewan Purbakala
Komodo sudah ada sejak 25-40 tahun yang lalu dan merupakan kerabat dekat dari Dinosaurus, hal ini dapat dilihat dari kemiripan komodo dengan beberapa fosil Dinosaurus. Komodo sering disebut-sebut sebagai "Dinosaurus Terakhir di Dunia"

2. Komodo Muda Menghabiskan Waktunya di Pohon
Bagi para komodo muda, pohon merupakan tempat bersembunyi yang cukup aman untuk menghindari para predator dan komodo kanibal.

3. Komodo Hanya Makan Sekali dalam Sebulan
Komodo memangsa langsung makanannya (seperti Kijang, Kerbau, dan sebagainya) tanpa mengunyahnya, setelah makan komodo dapat beristirahat selama 1 bulan penuh tanpa makan sedikitpun. Hal yang sama juga dilakukan oleh beberapa jenis ular.

4. Komodo yang Masih Kecil Hanya Memakan Serangga
Anak Komodo belum mampu memakan hewan-hewan yang berukuan besar seperti kijang. Mereka hanya memakan serangga seperti belalang.

5. Matahari Dapat Membantu Mempercepat Proses Pencernaan Komodo
Setelah makan biasanya komodo membawa dirinya untuk mencari sinar matahari yang berfungsi untuk mempercepat proses pencernaannya.

6. Komodo Merupakan Kadal Terbesar di Dunia
Dengan panjang 2 sampai 3 meter komodo merupakan kadal terbesar di dunia.

7. Komodo Jantan dapat Hidup Lebih dari 50 Tahun
Usia tersebut tergolong sangat panjang untuk spesies kadal.

8. Masa Hidup Komodo Betina Hanya setengah Masa Hidup Komodo Jantan
Berbeda dengan Komodo jantan yang dapat hidup lebih dari 50 tahun. Komodo betina umumnya hanya hidup hingga usia 31 tahun.

9. Komodo dapat Berkembangbiak tanpa Adanya Pejantan
Saya rasa (mungkin) hanya komodo yang memiliki kemampuan ajaib seperti ini. Dengan kemampuan inilah komodo dapat bertahan dari ancaman kepunahan. Namun perkembangbiakan seperti ini hanya akan menghasilkan komodo jantan.

10. Perbandingan Jumlah Komodo Jantan dengan Komodo Betina adalah 3:1
Beberapa komodo betina melakukan perkembiakan tanpa adanya pejantan, sehingga komodo yang dihasilkan sudah pasti merupakan komodo jantan.

11. Pada Musim Kawin, 3 Komodo Jantan akan Memperebutkan 1 Komodo Betina
Karena perbedaan populasi pejantan dan betinanya, Komodo jantan harus saling berkelahi untuk mendapatkan 1 komodo betina. Saat bertarung umumnya komodo hanya berdiri menggunakan kedua kaki belakangnya saja.

12. Setelah Kawin Komodo dapat Mengeluarkan 15-30 Butir Telur

13. Hanya Sedikit Anak Komodo yang bisa Bertahan
Tingkat kelahiran komodo bisa mencapai angka 85%, akan tetapi tingkat bertahan hidup anak komodo di alam hanya sekitar 10-15%.

14. Untuk Mengelabuhi Pemangsa, Komodo Membuat 2 Lubang Palsu
Komodo umumnya menggali lubang sedalam 2 meter untuk meletakan telur-telurnya. Untuk menghindari pemangsa, komodo biasanya membuat 2 lubang palsu.

15. Komodo merupakan Binatang Soliter
Beberapa hewan bekerjasama untuk mendapatkan makanan, tapi tidak dengan komodo. Komodo mencari makanannya sendiri dan sering berebut makanan.

16. Lidah Komodo Mirip dengan Lidah Ular
Tidak hanya bentuknya saja, fungsi lidah komodo pun juga mirip dengan ular, yaitu dapat mengikuti jejak aroma dengan lidah.

17. Liur Komodo Sangatlah Berbahaya
Air liur komodo merupakan salah satu senjata komodo untuk membunuh mangsanya, di dalam liur komodo terdapat puluhan bakteri yang mematikan.

18. Berlakunya Hukum Rimba
Komodo yang lebih besar biasanya akan makan terlebih dahulu dibanding komodo yang berukuran lebih kecil. Sedangkan komodo yang berukuran sama akan berkelahi terlebih dulu untuk memperebutkan makanannya.

19. Komodo dapat Berlari dengan Kecepatan 20 km/jam
Kecepatan tersebut tergolong cukup cepat untuk seekor reptil.

20. Komodo Tidak dapat berlari Secara Zig-Zag
Saat komodo mengejar manusia, komodo seharusnya dapat menangkap manusia dengan mudah. Akan tetapi umumnya seseorang yang dikejar komodo mengakalinya dengan berlari secara zig-zag, dengan begitu komodo akan bingung dan menghambat pergerakan komodo.

21. Pulau Komodo Masuk ke dalam 7 Keajaiban Dunia
Pulau Komodo ditetapkan menjadi salah satu dari 7 keajaiban warisan alam dunia pada tahun 2012 lalu oleh organisasi New Seven Wonders Nature.

22. Habitat Asli Komodo
Pulau Komodo merupakan habitat asli Komodo, ratusan ekor komodo hidup dan berkembangbiak di pulau ini.

23. Memiliki "Pink Beach"
Pulau Komodo memiliki garis pantai yang sangat indah, selain berpasir putih ada juga sebuah pantai yang memiliki pasir berwarna pink (merah muda). Di planet ini hanya ditemukan 7 Pink Beach.

24. Memiliki Perairan Laut yang Dingin sekaligus Panas
Pulau Komodo merupakan tempat pertemuan aliran air dari selatan yang dingin dan air dari utara yang hangat.

25. Memiliki Ekosistem Laut yang Kaya
Perairan laut di Pulau Komodo memiliki 1.000 spesies ikan, 253 spesies terumbu karang, 70 spesies sponge laut, serta14 spesies paus.

Semoga bermanfaat.


Penulis: Fatih Daffa
Lihat artikel menarik lainnya dalam https://infindonesia.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment