Danau Kaolin Bangka, Danau Indah Peninggalan Pertambangan



Danau Kaolin Belitung, Danau Indah Peninggalan Pertambangan
The image is Pixabay property

Bangka Belitung merupakan merupakan Provinsi yang terdiri dari 2 pulau utama, yakni Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Letaknya di bagian timur Pulau Sumatera. Bangka Belitung sudah terkenal akan keindahan wisata pantainya, terutama setelah kemunculan film Laskar Pelangi tahun 2008 silam. Kekayaan alam dan ekosistem lautnya yang indah membuat Kepulauan Bangka Belitung ini begitu cepat populer sebagai destinasi wisata.

Namun apa jadinya jika ekosistem alam dirusak oleh manusia? pasti tak enak dilihat dan mengacaukan keseimbangan alam. Namun, yang terjadi di Pulau Bangka ini lain ceritanya. Pulau Bangka memiliki danau yang indah (walau sebenarnya miris juga) bernama Danau Kaolin. Danau Kaolin ini sebenarnya bukanlah danau yang terbentuk dari alam seperti danau-danau pada umumnya, namun danau ini adalah bekas penambangan Kaolin yang dibiarkan menganga begitu saja tanpa adanya perlakuan perbaikan kembali. Kaolin sendiri merupakan bahan baku pembuatan kertas, kosmetik, cat dan sebagainya, yang cukup digemari karena bersifat halus, putih, bersih, kuat dan memiliki daya hantar listrik & panas yang rendah. Sekilas, Danau Kaolin ini terlihat seperti Kawah Putih di Ciwidey, Bandung. Bedanya, Kawah Putih terbentuk oleh alam sedangkan Danau Kaolin tidak.

Jika dilihat, timbunan Kaolin disini seperti perbukitan serta lubang bekas galiannya (yang terisi air) seperti Danau. Danau Kaolin ini terlihat seperti Danau dengan lapisan-lapisan es dengan tanah sekitarnya yang membeku, mirip seperti danau di negara-negara beriklim dingin. Di sini banyak terdapat bekas lubang galian, sehingga tampak seperti kumpulan banyak danau dalam satu lokasi. Untuk dapat melihat Danau Kaolin ini, Anda tak perlu susah-susah melewati pegunungan ataupun hutan belantara. Cukup berhenti di pinggir jalan saja, Anda sudah dapat menikmati keindahan danau-danau tersebut karena lokasinya yang cukup mudah diakses. Danau Kaolin terletak di Jl. Murai, Desa Perawas, Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung atau sekitar 10 km dari Bandara HAS Hananjoedin arah Kota Tanjung Pandan.

Danau Kaolin ini sangat sempurna untuk dijadikan objek foto-foto, karena orang tak akan menyangka kalau danau tersebut merupakan bekas galian penambangan. Danaunya pun terbilang cukup aman, karena tak mengeluarkan bau belerang seperti danau-danau vulkanik (karena hanyalah bekas galian). Makanya banyak warga sekitar yang memanfaatkan air danau tersebut untuk mandi. Anda pun juga bisa memanfaatkan air danau tersebut untuk berenang-renang, selain menikmati keindahan danaunya.

Di lokasi Danau Kaolin ini belum terdapat fasilitas seperti di tempat-tempat wisata pada umumnya, karena memang di tempat ini (aslinya) bukanlah tempat wisata dan sejauh ini belum ada yang mengelolanya. Namun jika Anda mencari Hotel atau penginapan, Anda bisa mencarinya di Kota Tanjung Pandan karena jarak lokasi Tanjung Pandan dan Danau Kaolin ini tak begitu jauh. 

Danau lainnya yang tidak kalah menawan adalah Danau Labuan Cermin di Kalimantan. Pulau Kalimantan juga menyimpan kekayaan alam yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan, yaitu Danau Labuan Cermin. Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur. Danau Labuan cermin banyak dijadikan tempat wisata favorit dan cukup populer di Kalimantan. Danau ini memiliki aliran air asin di bagian bawahnya namun memiliki aliran air tawar di permukaannya dan yang menarik adalah air asin dan air tawar dari danau ini tidak bercampur jadi satu, tetapi terpisahkan oleh lapisan yang keruh seperti awan.

Karena Danau Labuan Cermin memiliki "dua rasa", maka di dalamnya juga terdapat 2 jenis organisme yang hidup. Ikan air asin hidup di bagian bawahnya, sedangkan ikan air tawar hidup di bagian atas atau permukaannya. Jika beruntung, Anda dapat melihat langsung ikan-ikan tersebut karena air di Danau Labuan Cermin sangat jernih. Tak salah jika danau ini disebut Labuan Cermin, karena saat Anda menatap danau ini, Anda dapat bercermin di atas permukaannya.

Di sini, Anda dapat berenang-renang ataupun Snorkeling sepuasnya tetapi perlu diingat, tetap menjaga dan jangan merusak ekosistem atau sesuatu di dalamnya demi menjaga keindahan danau ini supaya tetap cantik. Air di danau ini sangat dalam, jadi bagi Anda yang mengajak anak kecil atau buah hati Anda dimohon agar lebih berhati-hati.

Selain Berenang dan Snorkeling, Anda juga dapat berkeliling danau dengan perahu maupun mengabadikan moment dengan berfoto-foto. Selain itu, Anda juga dapat menikmati Sunset atau mungkin mengitari pepohonan bakau sambil menikmati pemandangan yang indah di sekitar danau.

Jika Anda berasal dari luar Pulau Kalimantan, Anda dapat menempuh jalur udara dengan menggunakan maskapai penerbangan tujuan Tanjung Redep, Ibukota Kabupaten Berau. Namun, biasanya pesawat yang bertujuan ke Bandara Kalimarau di Kabupaten Berau akan transit terlebih dulu di Bandara Spinggan, Balikpapan. Sesampainya di Kabupaten Berau, Anda dapat menggunakan jasa travel dari Berau menuju ke Kecamatan Biduk-Biduk yang memakan waktu perjalanan sekitar 6-7 jam. Sesampainya di Kecamatan Biduk-Biduk, Anda dapat menuju ke tempat persewaan perahu yang akan mengantarkan Anda ke Danau Labuan Cermin.

        Perjalanan dari tempat persewaan perahu ke Danau Labuan Cermin hanya beberapa menit saja. Sepanjang perjalanan ke danau, Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dan jika beruntung Anda dapat melihat biota-biota air seperti ikan bahkan penyu yang dapat Anda saksikan secara langsung karena airnya sangat jernih. Itulah artikel mengenai danau-danau cantik yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.


Penulis: Toni Effendi
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.hoteldanwisata.com



No comments:

Post a Comment