Design Ruang Minimalis Dalam Rumah Atau Apartemen



Design Ruang Minimalis Dalam Rumah Atau Apartemen
The image is Pixabay property

Mempunyai apartemen atau rumah kecil adalah salah satu pilihan yang amat tepat sekali bagi Anda yang masih single ataupun sudah berkeluarga namun belum memiliki anak. Alasannya adalah apartemen atau rumah kecil memiliki kapasitas ruang yang lebih kecil serta mudah dalam melakukan perawatannya. Namun bagi Anda yang berada di Jakarta lebih banyak pilihan apartemen daripada rumah.


Berikut Ada beberapa pilihan type apartemen, salah satunya adalah type Studio. Tidak jarang tipe apartement dengan type studio adalah paling banyak di minati. Apartemen dengan jenis ini hanya terdiri satu ruang besar yang terbagi menjadi beberapa fungsi. Terlepas dari type apapun apartement pilihan Anda, nah sekarang bagaimana cara menatanya agar apartement yang Anda tinggali tampak cantik dan bersih.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin saja dapat Anda coba dalam mendekorasi apartemen atau rumah kecil Anda supaya terlihat cantik dan nyaman untuk ditinggali, yaitu:
  • Sedapat mungkin ciptakanlah ruangan yang luas tanpa adanya sekat dalam ruangan. Sehingga nampak lapang dan tidak sumpek karena tidak menyimpan banyak barang-barang didalam ruangan. 
  • Gabungkan beberapa ruangan publik seperti ruang keluarga, ruang untuk makan, dan pantry menjadi satu maka akan terciptanya ruangan yang luas namun tetap memenuhi semua kategori dalam satu ruangan. Hal ini akan dapat membuat ruangan Anda tampak lebih luas namun tetap memenuhi beberapa fungsi didalamnnya tetapi tetap tidak merubah luas ruangannya sehingga tidak terlihat sumpek.
  • Pilihan warna juga sangat menetukan cantik tidaknya ruangan Anda, kami sarankan untuk anda dalam memilih warna, gunakanlah warna yang cerah misalnya warna putih atau pastel karena warna tersebut dapat menciptakan kesan yang terang dan luas. Jangan lupa Hindarilah warna-warna gelap sebagai warna dinding contohnya hitam karena akan berdampak pada kesan pada ruangan serta akan membuat suasana ruang anda terasa sempit dan gelap tentunya. Jika Anda tetap menginginkan warna gelap, terapkan hanya di satu bagian dinding atau hanya gunakan warna hitam atau gelap untuk perabot dan aksesoris ruangan Anda.


Untuk membuat ruangan semakin tampak lapang hendaklah Anda manfaatkan pengaturan cahaya, serta maksimalkan masuknya cahaya pada siang hari melalui jendela sehingga ruangan akan terlihat luas dan cerah.

Untuk penggunaan lampu Anda dapat mengaplikasikan ceiling lights atau down lights, Lampu ini dipasang menempel di plafon sehingga tidak nampak menjuntai ke bagian bawah yang membuat ruangan menjadi ramai furniture. Lampu dengan jenis tersebut dapat diatur pencahayaannya, dalam menyesuaikan kondisi dan aktivitas yang sedang berlangsung.

Tips yang lain yang dapat saya sarankan adalah carilah sebuah penghubung antara ruangan yang satu dengan ruangan yang lainnya. Misalnya dengan menggunakan lantai yang bermotif atau material yang sama. Penggunaan salah satu desain interior yang sama pada beberapa ruangan dapat dipastikan akan membantu membuat kesan menyatu serta menjadikan ruangan di dalam apartemen atau rumah tersebut terlihat besar dan lebih luas dalam satu kesatuan.

Jika apartemen atau rumah Anda adalah apartement kelas menengah, hendaklah Anda memilih interior-interior yang sesuai dengan kelas yang Anda tawarkan. Misalnya bentuk atau luasnya ruangan serta pemilihan jenis innterior adalah yang berkelas tinggi dan mewah.

Perabot di dalam ruangan juga memiliki peranan yang sangat penting dalam membuat suasana interior menjadi terlihat lebih bersih dan rapi. Untuk memilih perabotan-perabotan dalam ruangan usahakanlah memilih perabotan-perabotan yang dengan potongan-potongan atau bentuk yang rapi dan bersih. Pilih perabotan yang memiliki sudut serta bahan yang rapi dan tidak memiliki banyak elemen dekoratif.

Aksesoris atau Dekorasi dalam ruangan akan membuat ruangan terlihat lebih menarik, pilihlah aksesoris ruangan yang simple. Anda bisa tambahkan Lukisan sebagai pilihan yang tepat dalam elemen dekorasi sehingga dapat juga berfungsi sebagai aksen cantik pada ruangan Anda. Setelah anda menentukan lukisan sebagai salah satu bentuk aksesoris atau dekorasi, selanjutnya hendaklah Anda pilih lukisan dengan warna-warna yang cerah untuk menambahkan kesan meriah dan full color.

Semoga bermanfaat.


Penulis: Adhy Suryadi
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://ayointer.net


No comments:

Post a Comment