Gunung Merbabu, Tak Kalah Indah



Gunung Merbabu, Antara Keindahan Dan Tantangan
The image is Pixabay property

Jalur Pendakian gunung Merbabu via Selo Boyolali merupakan jalur pendakian paling favorit diantara para pendaki, karena medan di jalur ini selain tidak begitu sulit namun tetap menyuguhkan pemandangan yang sangat indah terutama di sabana I dan II. Secara administratif letak gunung Merbabuberada wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah. Ketinggian Gunung Merbabu ini mencapai 3.142 Mdpl dan bersebelahan dengan Gunung Merapi yang melegenda. Jika Anda seorang pemula, gunung merbabu ini bisa menjadi salah satu tujuan pendakian Anda, dan jalur pendakian gunung merbabu via Selo Boyolali ini bisa menjadi pilihan Anda.


Jika Anda melakukan pendakian gunung Merbabu Via Selo, maka nantinya Anda akan sampai di puncak merbabu, Kenteng Songo. Gunung Merbabu sendiri memiliki 2 puncak utama, yakni Puncak Kenteng Songo dengan ketinggian 3.142 mdpl dan puncak Syarif 3.119 mdpl. Meski dianggap sebagai gunung tidur, gunung Merbabu memiliki 5 kawah, yakni Kawah Condrodimuko, Kawah Kombang, Kendang, Rebab dan Kawah Sambernyowo.

Secara resmi jalur pendakian Merbabu ada 4, yakni jalur pendakian via Selo – Boyolali, Via Wekas – Magelang, Via Cunthel – Magelang, dan via Thekelan – Magelang.

Jika Anda tidak bawa kendaraan sendiri, Anda bisa menuju base camp jalur Pendakian gunung merbabu via selodengan menggunakan Bus jurusan Magelang – Boyolali yang kemudian turun di Polres Selo. Sayangnya sampai di Selo tidak ada angkutan umum menuju Basecamp, maka dari itu Anda bisa menggunakan jasa ojek. Disini ada 2 basecamp, Anda bisa memilih sesuai keinginan/kondisi (jika basecamp penuh bisa ke basecamp satunya).

Sesampainya di basecamp, jangan lupa untuk melakukan pendaftaran dengan tarif Rp 4.000 per orang dan jika Anda menggunakan sepeda motor, disini terdapat penitipan motor dengan biasa 3.000/motor. Tidak seperti Gunung-gunung lain yang mungkin saja menggunakan sistem kuota, pendakian gunung merbabu ini tidak menggunakan sistem tersebut, kecuali ada hal-hal yang sifatnya darurat. Berikut ini adalah jalur pendakian Merbabu via Selo, Boyolali.

Basecamp – Pos 1 (Dok Malang)

Saatnya pendakian Merbabu dimulai. Perjalanan diawali dengan melewati gerbang pendakian gunung Merbabu via Selo. Trek pertama jalan masih mulus dengan rimbunan hutan pinus dan biasa digunakan sebagai camping ground. Dari Basecamp menuju Pos 1 membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Pos 1 – Pos 2 (Pandean)

Perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 dilanjutkan dengan trek yang masih landai, sejauh mata memandang Anda akan melihat rimbunan pohon pinus dengan udara sejuk. Di tengah perjalanan, Anda akan menemui Pos Bayangan. Namun, sebelum sampai di Pos bayangan, Anda akan melewati tanjakan yang lumayan terjal. Maka dari itu siapkan stamina Anda sebelum melakukan pendakian gunung Merbabu via Selo. Waktu yang dihabiskan dari Pos 1 ke Pos 2 kurang lebih 1 jam perjalanan

Pos 2 – Pos 3 (Watu Tulis)

Dari Pos 2 sampai pos 3 perjalanan mulai menanjak, namun Anda dapat menyaksikan indahnya lembah pegunungan dan bunga edelweis yang tumbuh di sekitar lereng gunung. Sesampainya di Pos 3, Anda bisa mendirikan tenda disini. Namun, di Pos 3 ini tidak ada pohon, sehingga kemungkinan angin akan menerjang. Alangkah baiknya mendirikan tenda di Pos berikutnya. Namun, disini Anda sudah bisa melihat kemegahan gunung Merapi yang berdiri kokoh di seberang Merbabu. Dari Pos 2 sampai di Pos 3 memakan waktu sekitar 45 menit.

Pos 3 – Pos 4 (Sabana 1)

Trek dari Pos 3 menuju Pos 4 semakin terjal. Trek berupa tanah merah yang berdebu saat musim kemarau datang dan akan licin ketika hujan. Dalam perjalanan menuju pos 4 akan banyak percabangan, namun nantinya akan sampai di 1 tempat, jadi tenang saja tidak perlu khawatir. Nah, sebelum sampai Pos 4, Anda akan melewati tanah lapang dengan padang savana yang sangat luas. Anda bisa mendirikan tenda di tempat ini. Pos 4 ini sering disebut sebagai sabana 1 karena Pos 4 letaknya di pinggir sabana yang sangat luas dan pastinya sangat mengagumkan. Dan waktu yang diperlukan untuk sampai di Pos 4 kurang lebih 1 jam perjalanan.

Pos 4 – Pos 5 (Sabana 2)

Dalam perjalanan menuju Pos 5 Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat memukau, mirip dengan sabana 1 dan orang menyebutkan sebagai sabana 2. Disini Anda bisa melihat Sabana 1 karena letaknya yang lebih tinggi. Di tempat ini para pendaki juga biasa mendirikan tenda untuk kemudian melakukan summit di pagi harinya. Waktu yang diperlukan untuk menuju Pos 5 ini kurang lebih 30 menit.

Pos 5- Puncak Kenteng Songo

Disinilah tempat pendakian merbabu yang saya rindukan. Selama perjalanan Anda akan menemukan banyak bunga Edelweis yang sangat indah. Untuk menuju puncak Merbabu (Kenteng Songo), estimasi waktu yang diperlukan sekitar 1 jam. Di puncak Merbabu ini Anda bisa menyaksikan betapa megahnya gunung Merapi yang legendaris itu.

Puncak Gunung Merbabu, semacam prasasti

Di balik keindahannya, gunung Merbabu juga menyimpan banyak Misteri. Beberapa Misteri Gunung Merbabu diantaranya macan Merbabu, Watu Gubug, Setan Minta Gendong, Mahluk Tinggi Besar, dan adanya Kerajaan di puncak Gunung. Namun demikian, itu semua kembali kepada kepercayaan masing-masing pendaki. Akan tetapi, seyogyanya kita sebagai pendaki selalu menghargai dan berperilaku sopan di setiap pendakian, karena pendakian bukan semata sebagai ajang narsis, namun sebagai sarana perenungan betapa Indahnya karunia Tuhan YME yang diberikan pada mahluknya.

Sekian artikel tentang jalur pendakian Gunung Merbabu Via Selo Boyolali, semoga bisa menambah wawasan Anda semua.


Penulis: Karmo'en Ogawa
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://mediapantura.com


No comments:

Post a Comment