Manfaat Mandi Pagi



Manfaat Mandi Pagi
The image is Pixabay property

Mandi pagi dengan air dingin bagus untuk tubuh dan pikiran. Bangun pagi dan mandi pagi adalah dua hal yang paling malas dilakukan oleh hampir setiap orang, mungkin termasuk anda. Banyak orang malas bangun pagi dan mandi pagi. Alasannya selalu sama, bangun pagi itu sangat sulit, apalagi jika kita terbiasa bangun siang hari. Ditambah harus mandi pagi, udara pagi yang masih dingin ditambah dengan guyuran air yang dapat membuat menggigil pasti membuat hampir semua orang lebih memilih sembunyi dibalik hangatnya selimut.


Tapi seperti yang anda tahu, bangun pagi adalah salah satu hal yang sangat dianjurkan. Mengingat saat pagi hari, udara masih sangat bersih dan segar akan memberikan pengaruh yang baik bagi tubuh kita. Ditambah lagi, dengan melakukan beberapa olahraga ringan, akan membuat tubuh jadi makin sehat. Bangun pagi juga akan membuat kita memiliki waktu lebih banyak untuk bisa mempersiapkan aktifitas seharian.

1. Mengurangi Stress

Kebanyakan orang berpendapat bahwa mandi dengan mandi air dingin dapat menyebabkan penyakit tulang seperti rematik, akan tetapi hal itu terjadi saat anda mandi pada malam hari menggunakan air dingin. Mandi dengan air dingin dapat memperlancar peredaran darah sehingga anda akan lebih rileks dan lebih segar.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkn produksi sel darah putih yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh, sehingga kemungkinan untuk sakit lebih sedikit karena virus dan kuman yang dapat menyerang tubuh berkurang.

3. Meningkatkan Kesuburan

Meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita karena produksi estrogen pada wanita dan testoseron pada pria meningkat.

4. Baik Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Air dingin dapat mengangkat sel-sel mati atau detoksifikasi dan membersihkan kulit dari kotoran. Keramas dipagi hari bermanfaat untuk kulit kepala dan menjadikan rambut lebih kuat.

Itulah manfaat mandi pagi dengan air dingin yang bagus untuk tubuh dan pikiran. Ternyata tidak disangka mandi pagi meski kedengaran sangat simpel namun memiliki manfaat yang sangat tidak terduga bagi tubuh kita. Selain itu, dengan mandi lebih pagi kita juga akan menjadi lebih semangat untuk menjalankan aktifitas, dan dapat membantu kita berfikir lebih positif.

Dengan mandi pagi, meski pun dingin tapi akan mampu membuat otak bekerja dengan baik, anda juga tidak akan takut kembali mengantuk dan akhirnya tertidur lagi karena dengan mandi pagi, pikiran dan badan akan merasa lebih segar. Setelah mandi pagi, ada beberapa aktifitas yang disarankan supaya hari anda lebih produktif, yaitu

1. Minum Air Lemon

Meminum air lemon dan madu akan membuat tenggorokan membaik karena bisa mengurangi peradangan. Campuran ini juga akan mendinginkan tenggorokan anda dan rasa sakit saat menelan. Kadang kita tergoda dengan secangkir kopi untuk memulai aktivitas. Namun, akan lebih baik jika hari anda diawali dengan segelas air lemon. Minuman sehat ini selain membuat anda lebih melek, juga mengurangi rasa lapar, membantu sistem pencernaan, mengandung vitamin, dan membuat nafas anda lebih segar.

2. Olahraga

Olahraga di pagi hari membuat anda lebih sehat, dan kuat. Sulit untuk melewatkan olahraga jika ingin memiliki hari yang lebih produktif. Dokter, ahli kesehatan mental, dan guru semua menyarankan olahraga demi kebugaran anda.

3. Berjemur Di Pagi Hari

Berjemur di pagi hari dapat mencerahkan suasana hati anda, meningkatkan persepsi, dan juga meningkatkan kinerja dari tugas-tugas, dan mengatur sistem sirkadian tubuh anda.

4. Meditasi

Meditasi terbukti memperbaik fungsi pikiran, dan membawa manfaat dalam pengembangan diri kita. Meditasi selama lima menit dapat membantu meredakan stres. Meditasi juga meningkatkan kreativitas dan kosentrasi. Semakin banyak anda bermeditasi, semakin baik bagi metabolisme tubuh anda.

5. Menulis Agenda

Prioritaskan kegiatan paling penting yang ingin anda capai pada siang hari. Memiliki buku agenda akan membuat anda lebih siap untuk menghadapi tantangan hari. Selain itu, buku agenda juga membuat anda lebih baik teratur.

Semoga bermanfaat.


Penulis: Sealkazz MiZzu
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.ayeey.com


No comments:

Post a Comment