Wisata Asyik Banyuwangi



The image is Pixabay property

Apa yang terlintas di benak anda jika mendengar kata Banyuwangi? Sebuah kota di ujung timur propinsi Jawa Timur yang paling dekat dengan pulau Bali. Sepanjang hidup saya, hanya dua kali melintasi kota Banyuwangi. Hanya numpang lewat saja karena tujuan utama saya dulu adalah wisata ke Bali. Dulu saya hanya mengenal Banyuwangi dari buku yang saya baca tentang legenda kota Banyuwangi. Tapi tahukah anda, bahwa ternyata Banyuwangi juga memiliki destinasi wisata, kuliner dan tradisi budaya yang tak kalah menarik dengan daerah lain.


Banyuwangi menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Saya sendiri berangan-angan untuk bisa berwisata kesana bersama keluarga. Mengingat saya bepergian bersama keluarga, mau tak mau saya harus mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari termasuk booking hotel. Jika tidak booking jauh-jauh hari, takutnya tidak dapat penginapan seperti pengalaman beberapa teman saya. Selain booking hotel, yang tak kalah penting adalah membuat itinerary destinasi wisata yang akan dikunjungi.

Berhubung Banyuwangi memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik, saya harus memilih beberapa lokasi yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Berikut ini beberapa destinasi wisata di Banyuwangi yang ingin saya kunjungi :

1. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol terletak di lokasi yang cukup strategis dan mudah di temukan karena berada di jalur pantura. Pantai yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan ini ditandai dengan adanya bongkahan batu yang berada di tengah jalan dan patung penari gandrung yang menjadi ikon Banyuwang . Pantai Watu Dodol ini hanya berjarak sekitar 2 km dari pelabuhan Ketapang, jadi kita bisa melihat kapal fery yang lalu lalang di selat Bali.

2. Green Bay (Teluk Hijau)

Menurut beberapa teman, pantai teluk hijau (Green Bay) ini adalah salah satu pantai favorit yang sering dikunjungi banyak wisatawan. Pantai ini berwarna kehijauan dan bersih. Berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, tak heran kalau di sekeliling Green Bay ini hijau dan asri dengan pemandangan hutan tropisnya. Kayaknya asik banget deh berenang di pantai ini, karena airnya cukup tenang. Di dekat pantai ada air terjun setinggi 8 meter yang konon katanya sering dijadikan tempat mandi para bidadari.

3. Pantai Sukamade

Masih berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, pantai Sukamade ini menjadi favorit para penyu untuk bertelur. Untuk sampai ke lokasi pantai Sukamade kita harus melewati track yang cukup ekstrim. Tapi semua ini akan terbayar begitu bisa melihat aktivitas para penyu yang bertelur di malam hari. Beberapa jenis penyu yang biasanya bertelur di pantai Sukamade ini antara lain Penyu Belimbing, Penyu Sisik, Penyu Hijau dan Penyu Slengkrah.

4. Air Terjun Kalibendo

Air terjun setinggi 10 meter ini terletak di Desa Kampung Anyar, dan berada di kawasan Agro Wisata Kalibendo dimana terdapat perkebunan kopi, karet dan cengkeh. Berjarak 15 km ke arah barat daya Banyuwangi, air terjun ini berada di kaki Gunung Ijen. 

5. Kuliner Banyuwangi

Datang ke suatu tempat rasanya kurang lengkap kalau tidak melakukan wisata kuliner. Banyuwangi juga memiliki kekayaan kuliner yang tak kalah enak dari daerah lain. Sebut saja Sego Tempong, Pecel Pitik, Soto Rujak, Kupat Lodoh, Ayam Pedes hingga Sego Cawuk.

Tapi yang paling membuat saya penasaran adalah Sego Tempong. Jadi kuliner inilah yang akan saya buru ketika berada di Bayuwangi. Sego Tempong bisa disebut sebagai kuliner  paling populer dan khas Banyuwangi. Sego tempong ini disajikan dengan berbagai macam sayuran seperti daun singkong, kacang panjang, timun, terong dengan lauk tahu, tempe, perkedel jagung, ikan asin dan sambal yang sangat pedas. Sambal yang sangat pedas inilah yang menyebabkan muka seperti ditampar "ditempong" setelah menyantapnya. Pantes aja dinamakan Sego Tempong.

Jika liburan sudah direncanakan jauh-jauh hari, pasti kita tenang kan. Kita tinggal mempersiapkan bekal selama perjalanan nanti. Liburan tenang, hatipun riang.


Penulis: Ika Puspitasari
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.bundafinaufara.com


No comments:

Post a Comment