Cara Mengatasi Rambut Bercabang



Cara Mengatasi Rambut Bercabang
The image is Pixabay property

Tidak sedikit wanita yang mencari cara mengatasi rambut bercabang secara alami dan dengan cepat. Oleh karena itu kali ini saya ingin memberikan tips kesehatan tentang cara tersebut. Rambut bercabang tentunya menjadi salah satu tanda bahwa anda kurang menjaga kesehatan rambut. Ada banyak sekali faktor yang dapat membuat rambut anda bercabang, diantaranya yakni karena paparan sinar matahari, kurangnya nutrisi rambut, pemakaian berbagai alat styling, dan masih banyak lagi. Beberapa khasus yang sering terjadi, rambut bercabang disebabkan karena pemakaian alat hairdryer dan juga catok rambut. Maka dari itu sebaiknya anda menghindari ataupun mengurangi penggunaan alat styling tersebut.


Masalah rambut bercabang mungkin lebih sering dialami oleh wanita yang mempunyai rambut panjang. Inilah salah satu tantangan bagi anda yang ingin mempunyai rambut panjang. Selain itu rambut panjang yang kurang terjaga kesehatannya juga akan mudah mengalami masalah seperti rambut mengembang, rambut rontok, dan berketombe. Mungkin saat ini banyak wanita memilih cara mengatasi rambut bercabang dengan cepat, salah satunya yakni dengan melakukan perawatan di salon kecantikan. Padahal cara tersebut kuranglah tepat apabila dilihat dari segi kesehatan karena berbagai produk yang dipakai mengandung bahan kimia.

Apabila anda ingin mengatasi masalah rambut bercabang tanpa mengganggu kesehatan rambut sebainya terapkan saja berbagai cara mengatasi rambut bercabang secara alami yang akan diulas kali ini. Cara tersebut menggunakan bahan alami yang terbukti aman dan efektif. Beberapa bahan alami tersebut diantaranya yakni minyak zaitun, madu, telur, buah alpukat, dan masih banyak lagi. Langsung saja simak berikut ini tips tentang cara mengatasi rambut bercabang tanpa memotongnya.

1. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun memang sudah dikenal memiliki manfaat yang begitu besar untuk kesehatan rambut serta kulit. Untuk mengatasi rambut bercabang menggunakan minyak zaitun caranya yaitu dengan membalurkan minyak zaitun ke permukaan kulit kepala anda. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 5 menit, kemudian bilas menggunakan shampoo sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan cara ini 2 kali dalam satu minggu.

2. Campuran minyak zaitun, madu dan telur

Cara mengatasi rambut bercabang selanjutnya yaitu dengan menggunakan campuran minyak zaitun, madu dan telur. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 kuning telur, 1 sendok makan madu, dan 3 sendok makan minyak zaitun. Setelah benar-benar tercampur rata kemudian balurkan pada kulit kapala dan rambut anda. Lakukan pula pemijatan secara perlahan. Setelah itu bungkus rambut anda menggunakan penutup rambut atau shower cap selama 40 menit. Langkah terakhir yakni membilas rambut anda sampai bersih.

3. Campuran alpukat dan minyak zaitun

Sebelum menerapkan cara ini basahi dulu rambut anda. Setelah itu siapkan bahan-bahannya. Caranya yakni dengan menghaluskan 1 buah alpukat, kemudian campurkan dengan minyak zaitun sebanyak 1/2 sendok teh. Setekah tercampur rata langkah selanjutnya yakni membalurkan campuran tersebut pada rambut anda dan diamkan selama 30 menit. Langkah terakhir yakni membilas rambut anda menggunakan air sampai bersih.

4. Pepaya dan yogurt

Kedua campuran bahan alami ini ternyata juga cukup efektif mengatasi rambut bercabang. Caranya yakni dengan menghaluskan buah pepaya secukupnya, setelah itu campurkan dengan yoghurt sampai tercampur rata. Balurkan campuran kedua bahan alami tersebut pada kulit kepala serta rambut anda. Tunggu selama 15 menit dulu kemudian bilas dengan air sampai bersih.

5. Campuran yogurt, madu dan lemon

Pertama-tama siapkan dulu bahannya, antara lain yakni 2 sendok makan madu, 2 sendok makan yoghurt, dan perasan lemon. Setelah itu campurkan semua bahan tersebut sampai benar-benar tercampur rata. Oleskan pada kulit kepala serta rambut anda. Untuk hasil maksimal jangan langsung dibilas, tapi diamkan dulu selama 15 menit barulah bilas rambut anda sampai bersih.

6. Jangan basahi rambut dengan air hangat

Air hangat ternyata dapat menghilangkan minyak alami rambut sehingga merusak kelembaban rambut anda. Oleh karena itu sebaiknya jangan membasahi rambut dengan air hangat. Apabila anda ingin mandi dengan air hangat pastikan jangan sampai terkena rambut.

7. Hindari pemakaian alat styling rambut

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa salah satu penyebab rambut bercabang yakni pemakaian alat-alat styling rambut. Sebaiknya hindari pemakaian catok maupun alat pengering rambut karena dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang. Selain itu aktifitas rebonding juga dapat menjadi pemicu terganggunya kesehatan rambut anda.

Meskipun beberapa cara mengatasi rambut bercabang secara alami diatas terbilang ribet namun hasilnya terbukti efektif apabila diterapkan secara rutin. Selain itu cara tersebut juga tidak akan mengganggu kesehatan rambut anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


Penulis: Admin
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://cara-kesehatankecantikan.com


No comments:

Post a Comment