Cara Mengkilapkan Sepatu Tanpa Semir



The image is Pixabay property

Apakah anda seseorang yang suka mengenakan sepatu berbahan dasar kulit? Jika iya tentunya anda harus bisa mengetahui cara untuk merawatnya bukan? Karena jika anda sembaranagn merawat sepatu kulit tersebut maka besar kemungkinan sepatu tidak akan bertahan lama. Hal tersebut tentunya sangat disayangakan apalagi jika sepatu kulit yang anda miliki berharga mahal.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat sepatu yang berbahan dasar kulit yaitu dengan membersihkannya, kemudian mengkilapkannya agar penampilan sepatu tetap menarik meskipun sudah lama dipakai. Ketika mengkilapkan sepatu tentunya semua orang tidak bisa terlepas dari semir sepatu, karena semuanya memiliki anggapan bahwa hanya dengan semirlah cara satu-satunya yang bisa ditempuh untuk mengkilapkan sepatu. 

Namun, bagaimana jika suatu saat keadaan mendesak dan tidak ada semir yang bisa digunakan untuk mengkilapkan sepatu? Jika hal seperti itu terjadi tentunya anda harus mencari cara lain yang bisa dilakukan. Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengkilapkan sepatu tanpa semir yaitu dengan menggunakan minyak kelapa dan juga minyak zaitun.

Semua orang tentunya sudah tidak asing lagi dengan ke dua minyak ini terutama untuk para kaum wanita. Karena memang pada dasarnya ke dua minyak ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Dimana minyak kelapa ini merupakan minyak yang digunakan untuk menggoreng, sedangkan minyak zaitun biasanya digunakan untuk perawatan kecantikan seperti merawat rambut, merawat kulit atau juga untuk membersihkan make up. Penasaran seperti apa caranya? Di bawah ini merupakan cara membersihkan sepatu berbahan dasar kulit dengan menggunakan minyak kelapa dan juga minyak zaitun.

Bahan-Bahan Yang Diperlukan
  • Sepatu berbahan dasar kulit
  • Minyak kelapa secukupnya
  • Minyak Zaitun secukupnya
  • Lap bersih

Cara Mengkilapkan Sepatu Dengan Minyak Kelapa
  1. Langkah pertama yaitu, bersihkan terlebih dahulu sepatu agar debu dan kotorannya tidak menempel.
  2. Selanjutnya, tuangkan minyak kelapa secukupnya pada wadah. Setelah itu, ambil lap bersih masukan sedikit bagian lap tersebut pada minyak kelapa. Lalu, oleskan sedikit demi sedikit minyak kelapa tersebut pada seluruh bagian sepatu yang hendak anda bersihkan.
  3. Jika sudah, lap seluruh bagian sepatu tersebut dengan menggunakan lap kering yang baru.

Cara Mengkilapkan Sepatu Dengan Minyak Zaitun
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu sama halnya seperti cara mengkilapkan sepatu dengan menggunakan minyak kelapa dimana kita membersihkannya terlebih dahulu. Langkah yang ke dua ini sama juga halnya seperti cara diatas, namun yang membedakannya yaitu minyak yang digunakan. Anda bisa menuangkan minyak zaitun pada wadah atau bisa meneteskannya langsung pada lap bersih yang kering. Lalu, oleskan pada seluruh bagian sepatu.
  2. Jika sudah, anda bisa langsung lap sepatu tersebut dengan menggunakan lap baru yang bersih.

Itulah dia cara mengkilapkan sepatu dengan menggunakan minyak zaitun. Ke dua cara diatas merupakan cara tradisional yang biasa digunakan oleh orang-orang pada zaman dahulu, karena pada zaman dahulu tidak ada semir yang bisa digunakan. Anda jangan khawatir bahwa cara ini bisa membuat sepatu anda malah menjadi rusak, karena pada umunya cara ini sudah banyak digunakan sebagai cara alternatif. Sebelum sepatu dikilapnya, alangkah baiknya jika sepatu dicuci atau dibersihkan terlebih dahulu.

Itulah artikel mengenai cara membuat sepatu mengkilap tanpa semir. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


Penulis: Bisikan
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://bisikan.com


No comments:

Post a Comment