Cara Merawat Kulit Kaki Yang Pecah-Pecah Dan Kering



Cara Merawat Kulit Kaki Yang Pecah-Pecah Dan Kering
The image is Pixabay property

Tumit kaki yang mulus merupakan keinginan setiap orang. Bukan hanya karena alasan keindahan, namun tumit kaki yang pecah-pecah biasanya terasa sakit saat berjalan sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu kita harus menjaga tumit kaki yang cenderung dilupakan perawatannya karena letaknya yang di bawah.

Jika tumit kaki anda sudah terlanjur pecah-pecah, ada beberapa cara mengatasi kaki pecah-pecah agar kembali halus seperti semula. Berikut caranya:

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis atau lemon sangat bermanfaat sebagai cara mengatasi kulit yang terlanjur pecah-pecah.  Caranya adalah ambil 1 buah jeruk nipis yang sudah cukup tua. Cuci bersih lalu belah jadi dua.

Gosokkan jeruk nipis tadi di area sekitar kaki yang mengalami pecah-pecah. Lakukan secara berkala dan juga secara rutin. Jeruk nipis juga mempunyai manfaat lain selain untuk mengatasi kaki pecah-pecah. 

2. Mentimun

Cara memanfaatkan mentimun untuk mengatasi kaki yang pecah-pecah yaitu ambil mentimun secukupnya, lalu cuci mentimun sampai bersih dan haluskan. Oleskan mentimun yang sudah dihaluskan tadi pada kaki, sambil dipijit perlahan di area tumit yang kering sekitar 10 menit. 

3. Pisang

Ambil buah pisang secukupnya, lalu haluskan buah pisang tersebut dengan menggunakan blender atau dengan diparut. Kemudian oleskan pada bagian tumit kaki yang pecah-pecah. Sambil dipijat lembut kaki lalu yang terakhir bilas dengan air dingin. 

4. Pelembab

Setelah selesai mandi jangan lupa berikan pelembab atau lotion di area tumit yang pecah-pecah, mengingat tumit kaki merupakan lapisan yang sedikit mengandung kelenjar minyak. Hindari juga mandi menggunakan air yang terlalu panas, karena hal ini nanti dapat memicu kulit menjadi kering bukan hanya telapak kaki tetapi juga bagian-bagian kulit yang lain.

Itulah beberapa cara untuk merawat dan mengatasi kaki pecah-pecah. Selain dengan cara tradisional anda juga bisa membeli krim kaki yang khusus untuk kaki pecah-pecah. Krim tersebut banyak di jual di pasaran. Kulit yang pada awalnya sudah kering dapat menjadi semakin parah apabila tidak dirawat dengan baik, apalagi jika kulit berada dalam ruangan ber-Ac dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga secara tidak disadari kelembaban kulit menjadi semakin berkurang.

Mengatasi kulit yang kering dan juga bersisik, bukan hanya di area tumit, tidak cukup dengan menggunakan pelembab kulit atau lotion tubuh saja, Anda juga harus melakukan perawatan yang lebih. Cara merawat kulit kering dan juga bersisik, khususnya kulit wajah yaitu.

1. Krim Pagi dan Malam

Krim merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi kulit kita karena krim dapat memperbaiki susunan epidermis yang terdapat di dalam kulit kita. Krim yang dipakai secara teratur di pagi hari akan membantu kulit kita dalam keadaan tetap lembab dan juga terlindungi dari sengatan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit kita kering juga bersisik.

Sedangkan krim malam akan membantu proses regenerasi kulit terjadi lebih cepat dari biasanya sekaligus mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah pada saat malam hari. Pakai krim pagi dan krim malam secara teratur, jangan berhenti meskipun kulit sudah menjadi halus. Untuk kulit tubuh yang bebas kering, Anda dapat memakai body lotion terbaik.

2. Obat

Apabila Anda memiliki penyakit kulit, seperti kulit bersisik atau eksim, datanglah kepada dokter kulit dengan segera untuk Merawat penyakit kulit yang Anda sehingga dapat dikonsultasikan, jangan Anda sekali-kali membiarkan kulit Anda begitu saja tanpa memperdulikannya.

Karena penyakit kulit tersebut dapat membuat kulit kehilangan kelembabannya sehingga menjadi kering dan juga bersisik. Anda membutuhkan obat penyakit kulit untuk mengatasi permasalahan kulit yang Anda alami.

3. Minum Air Mineral

Cara merawat kulit kering dan bersisik dari dalam, yakni dengan mengkonsumsi air putih secukupnya. Air putih dapat mencegah dehidrasi, untuk mengisi kadar air di dalam tubuh, Anda membutuhkan konsumsi air putih yang jauh lebih banyak dari sebelumnya.

Minum air putih kurang lebih sebanyak 8 gelas atau 2 liter setiap harinya, selain baik untuk menjaga kelembabam kulit juga baik untuk menghindari tubuh dari dehidrasi.

4. Masker Wajah

Kulit sama halnya dengan tubuh, membutuhkan asupan nutrisi yang mencukupi, jika asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit sudah tercukupi kulit Anda tidak akan mudah untuk menjadi kering dan kasar.

Masker wajah akan membantu memberikan nutrisi pada kulit wajah dari luar, gunakan masker wajah dari bahan alami, yakni bahan-bahan yang Anda dapatkan dan olah sendiri, baik itu dari buah-buahan atau sayuran.

Biasakanlah untuk melakukan masker wajah setiap minggu sebanyak 1-2 kali. Sebaiknya Anda memakai masker wajah yang memiliki kandungan minyak essensial, misalnya rosemary oil. Anda juga dapat mengatasi kulit kering dengan menggunakan minyak zaitun dan kuning telur.

Pilih yang sesuai dengan jenis kulit anda namun jika kulit anda tidak cocok dengan krim tersebut segera konsultasikan ke dokter. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Penulis: Leony Li
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://histakesmusic.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment